KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Jenis Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Kurikulum Alokasi waktu Jumlah Soal Bentuk Soal Tahun Ajaran |
: SMP : Ilmu Pengetahuan Sosial : VII/Ganjil : Kur -13 : 120 Menit : 45 : Pilihan Ganda dan Uraian : 2018/2019 |
No. |
Kompetensi Yang Diuji |
Materi |
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Nomor Soal |
Bentuk Soal |
1 |
3.1.Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. |
Pengertian ruang dan interaksi antarruang |
Disajikan wacana peserta didik dapat menjelaskan pengertian ruang
|
C1
|
1
|
PG
|
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk interaksi antarruang
|
C2 |
2 |
PG |
|||
Pemahaman lokasi melalui peta
|
Disajikan pernyataan tentang unsur-unsur peta, peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu unsur peta |
C2
|
3
|
PG
|
||
Disajikan skala angka, peserta didik dapat mengubah skala angka tersebut menjadi skala verbal
|
C3 |
4 |
PG |
|||
Letak astronomis Indonesia
|
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi letak astronomis Indonesia |
C2 |
5
|
PG
|
||
Disajikan pernyataan tentang pengaruh letak astronomis, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh letak astronomis Indonesia berdasarkan garis lintangnya.
|
C3 |
6 |
PG |
|||
Disajikan wacana tentang perjalanan seseorang dari Jakarta ke Jayapura, peserta didik dapat menghitung perbedaan waktu antar wilayah di Indonesia
|
C4 |
7 |
PG |
|||
Letak Geografis Indonesa |
Disajikan wacana,peserta didik dapat menjelaskan letak geografis Indonesia
|
C2
|
8
|
PG
|
||
Disajikan wacana tentang letak geografis Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan pengaruh positif letak geografis Indonesia terhadap kehidupan
|
C3
|
41 |
Uraian
|
|||
Disajikan wacana tentang batas wilayah, peserta didik dapat mengidentifikasi batas wilayah Indonesia sebelah Timur
|
C2 |
9 |
PG |
|||
Letak Geologis Indonesia |
Disajikan wacana tentang letak geologi, peserta didik dapat mengidentifikasi 3 lempeng tektonik yang bertemu di wilayah Indonesia
|
C2 |
10 |
PG |
||
Disajikan wacana, peserta didik mampu mengklasifikasi keuntungan letak geologis Indonesia
|
C4 |
11 |
PG |
|||
Disajikan pernyataan gunung aktif dan gunung tidak aktif, peserta didik mampu mengkategorikan ciri-ciri gunung api aktif
|
C4 |
12
|
PG
|
|||
Keadaan alam Indonesia |
Disajikan wacana tentang bentuk muka bumi, peserta didik dapat menghubungkan antara daerah perbukitan dengan aktivitas penduduknya
|
C4
|
13
|
PG
|
||
Disajikan wacana kondisi fisik wilayah Indonesia, peserta didik dapat menganalisis penyebab Indonesia memiliki iklim laut
|
C4
|
14 |
PG |
|||
Disajikan wacana,peserta didik menentukan ciri-ciri iklim tropis |
C2 |
42 |
Uraian |
|||
Disajikan Peta angin muson barat, peserta didik mampu menghubungkan antara angin muson barat dengan keadaan musim di Indonesia
|
C4
|
15 |
PG |
|||
Flora Fauna Indonesia |
Disajikan tabel ciri-ciri flora di Indonesia, peserta didik dapat membedakan ciri-ciri flora Indonesia barat dengan flora Indonesia bagian timur
|
C4
|
16
|
PG
|
||
Disajikan tabel contoh-contoh fauna, peserta didik mampu mengelompokkan fauna tipe peralihan di Indonesia
|
C4 |
17 |
PG |
|||
Disajikan wacana, peserta didik mampu menganalisa penyebab Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat besar
|
C4 |
43 |
Uraian |
|||
Sumberdaya alam
|
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi hutan sebagai paru paru dunia
|
C2
|
18
|
PG
|
||
Disajikan tabel contoh-contoh SDA, peserta didik dapat mengidentifikasi SDA yang tidak dapat diperbaharui
|
C2 |
19 |
PG |
|||
Disajikan tabel daerah penghasil minyak bumi di Indonesia, peserta didik dapat mengklasifikasi daerah sumber minyak bumi di Pulau Jawa
|
C3 |
20 |
PG |
|||
Disajikan wacana tentang kelangkaan SDA yang tidak dapat diperbaharui, peserta didik dapat menentukan sikap yang harus dilakukan untuk mengurangi penggunaan SDA tersebut |
C4 |
44 |
Uraian |
|||
Sumberdaya maritime |
Disajikan tabel fungsi hutan mangrove, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi ekologis hutan mangrove di Indonesia
|
C4
|
21
|
PG |
||
Disajikan wacana, peserta didik mampu menyebutkan surga terumbu karang di Indonesia |
C1 |
22
|
PG |
|||
Keadaan jumlah, persebaran, komposisi Penduduk Indonesia |
Disajikan data kependudukan, peserta didik dapat menyebutkan 4 negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia |
C1
|
23
|
PG |
||
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis komposisi penduduk berdasarkan usia |
C2 |
24 |
PG |
|||
Disajikan wacana, peserta didik dapat memecahkan permasalahan persebaran penduduk Indonesia yang tidak merata
|
C4 |
25 |
PG |
|||
Disajikan wacana, peserta didik dapat menjelaskan penyebab penduduk di pulau Jawa lebih padat dibandingkan pulau lainnya |
C4 |
26 |
PG |
|||
Pertumbuhan dan kualitas Penduduk Indonesia |
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi |
C2
|
27
|
PG
|
||
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan permasalahan kualitas penduduk di Indonesia
|
C3 |
28
|
PG |
|||
Keragaman etnik dan budaya |
Disajikan gambar rumah adat, peserta didik dapat menyebutkan rumah adat Provinsi Jawa Tengah |
C1
|
29
|
PG
|
||
Disajikan tabel jenis tarian daerah, pesertta didik dapat mengidentifikasi jenis tarian daerah Provinsi Jawa Barat |
C2 |
30 |
PG |
|||
Perubahan akibat interaksi antarruang |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh interaksi keruangan berupa pergerakan gagasan atau informasi |
C2
|
31
|
PG
|
||
Disajikan wacana, peserta didik dapat menentukan berbagai perubahan akibat interaksi antaruang
|
C3 |
32 |
PG |
|||
|
3.2 Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.
|
Pengertian dan syarat interaksi sosial |
Disajikan wacana, peserta didik dapat menjelaskan pengertian interaksi sosial |
C1
|
33
|
PG |
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi syarat interaksi sosial |
C2
|
34 |
PG |
|||
Disajikan wacana, peserta didik dapat membedakan faktor imitasi dengan identifikasi |
C3 |
45 |
Uraian |
|||
Bentuk-bentuk interaksi sosial |
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial |
C2
|
35
|
PG
|
||
Disajikan berbagai kasus, peserta didik dapat menentukan peristiwa yang termasuk proses sosial dissosiatif |
C3 |
36 |
PG |
|||
Disajikan suatu kasus, peserta didik dapat menghubungkan kasus tersebut dengan proses sosial asimilasi |
C4 |
37 |
PG |
|||
Disajikan pernyataan proses interaksi sosial, peserta didik dapat mengidentifikasi proses interaksi sosial yang termasuk proses assosiatif |
C2 |
38 |
PG |
|||
Lembaga Sosial |
Disajikan wacana lembaga sosial, peserta didik dapat menjelaskan pengertian lembaga pendidikan |
C1
|
39
|
PG
|
||
Disajikan tabel fungsi-fungsi lembaga sosial, peserta didik dapat menentukan fungsi lembaga keluarga |
C3 |
40 |
PG
|
Mengetahui, Kepala Sekolah
Ir. Wahjoe Widjajanto
|
Sukabumi, November 2018 Guru Mata Pelajaran,
Yayah Masripah, M.Pd
|
CATATAN:
SOAL PILIHAN GANDA SEBANYAK 40 SOAL DI UJIAN ONLINE
SOAL ESSAY 5 SOAL DI ARTIKEL DIJAWAB DI KERTAS UNTUK LANGSUNG DI KUMPULKAN