KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL (PAS GANJIL) KLS 7 TA. 2018-2019

KISI-KISI  SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER

 

Jenis Sekolah

Mata Pelajaran

Kelas/ Semester

Kurikulum

Alokasi waktu

Jumlah Soal

Bentuk Soal

Tahun Ajaran

: SMP

: Ilmu Pengetahuan Sosial

: VII/Ganjil

: Kur -13

: 120 Menit

: 45

: Pilihan Ganda dan Uraian

: 2018/2019

 

 

No.

Kompetensi Yang Diuji

Materi

Indikator Soal

 

Level Kognitif

 

Nomor

Soal

Bentuk Soal

1

3.1.Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.

Pengertian ruang dan interaksi antarruang

Disajikan wacana peserta didik dapat menjelaskan pengertian ruang

 

C1

 

1

 

PG

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk interaksi antarruang

 

C2

2

PG

Pemahaman lokasi melalui peta

 

Disajikan pernyataan tentang unsur-unsur peta, peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu unsur peta

C2

 

3

 

PG

 

 

Disajikan skala angka, peserta didik dapat mengubah skala angka tersebut menjadi skala verbal

 

C3

4

PG

Letak astronomis Indonesia

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi letak astronomis Indonesia

C2

5

 

 

PG

 

 

Disajikan pernyataan tentang pengaruh letak astronomis, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh letak astronomis Indonesia berdasarkan garis lintangnya.

 

C3

6

PG

Disajikan wacana tentang perjalanan seseorang dari Jakarta ke Jayapura, peserta didik dapat menghitung perbedaan waktu antar wilayah di Indonesia

 

C4

7

PG

Letak Geografis Indonesa

Disajikan wacana,peserta didik dapat menjelaskan letak geografis Indonesia

 

C2

 

8

 

PG

 

 

Disajikan wacana tentang letak geografis Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan pengaruh positif letak geografis Indonesia terhadap kehidupan

 

C3

 

41

Uraian

 

Disajikan wacana tentang batas wilayah, peserta didik dapat mengidentifikasi batas wilayah Indonesia sebelah Timur

 

C2

9

PG

Letak Geologis Indonesia

Disajikan wacana tentang letak geologi, peserta didik dapat mengidentifikasi 3 lempeng tektonik yang bertemu di wilayah Indonesia

 

C2

10

PG

Disajikan wacana, peserta didik mampu mengklasifikasi keuntungan letak geologis Indonesia

 

C4

11

PG

Disajikan pernyataan gunung aktif dan gunung tidak aktif, peserta didik mampu mengkategorikan ciri-ciri gunung api aktif

 

C4

12

 

 

PG

 

Keadaan alam Indonesia

Disajikan wacana tentang bentuk muka bumi, peserta didik dapat menghubungkan antara daerah perbukitan dengan aktivitas penduduknya

 

C4

 

 

13

 

PG

 

 

Disajikan wacana kondisi fisik wilayah Indonesia, peserta didik dapat menganalisis penyebab  Indonesia memiliki iklim laut

 

C4

 

14

PG

Disajikan wacana,peserta didik  menentukan ciri-ciri iklim tropis

C2

42

Uraian

Disajikan Peta angin muson barat, peserta didik mampu menghubungkan antara angin muson barat dengan keadaan musim di Indonesia

 

C4

 

15

PG

Flora Fauna Indonesia

Disajikan tabel ciri-ciri flora di Indonesia, peserta didik dapat membedakan ciri-ciri flora Indonesia  barat dengan flora Indonesia bagian timur

 

C4

 

 

16

 

 

PG

 

 

Disajikan tabel contoh-contoh fauna, peserta didik mampu mengelompokkan fauna tipe peralihan  di Indonesia

 

C4

17

PG

Disajikan wacana, peserta didik mampu menganalisa penyebab Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat besar

 

C4

43

Uraian

Sumberdaya alam

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi hutan sebagai paru paru dunia

 

C2

 

 

18

 

PG

 

 

Disajikan tabel contoh-contoh SDA, peserta didik dapat mengidentifikasi SDA yang tidak dapat diperbaharui

 

C2

19

PG

Disajikan tabel daerah penghasil minyak bumi di Indonesia, peserta didik dapat mengklasifikasi daerah sumber minyak bumi di Pulau Jawa

 

C3

20

PG

Disajikan wacana tentang kelangkaan SDA yang tidak dapat diperbaharui, peserta didik dapat menentukan sikap yang harus dilakukan untuk mengurangi penggunaan SDA tersebut

C4

44

Uraian

Sumberdaya maritime

Disajikan tabel fungsi hutan mangrove, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi ekologis hutan mangrove di Indonesia

 

C4

 

 

21

 

 

PG

Disajikan wacana, peserta didik mampu menyebutkan surga terumbu karang di Indonesia

C1

22

 

PG

Keadaan jumlah, persebaran, komposisi Penduduk Indonesia

Disajikan data kependudukan, peserta didik dapat  menyebutkan 4 negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia

C1

 

23

 

PG

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis komposisi penduduk berdasarkan usia

C2

24

PG

Disajikan wacana, peserta didik dapat memecahkan permasalahan persebaran penduduk Indonesia yang tidak merata

 

C4

25

PG

Disajikan wacana, peserta didik dapat menjelaskan penyebab penduduk di pulau Jawa lebih padat dibandingkan pulau lainnya

C4

26

PG

Pertumbuhan dan kualitas Penduduk Indonesia

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi

C2

 

27

 

 

PG

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan permasalahan kualitas penduduk di Indonesia

 

C3

28

 

PG

Keragaman etnik dan budaya

Disajikan gambar rumah adat, peserta didik dapat menyebutkan rumah adat Provinsi Jawa Tengah

C1

 

29

 

PG

 

Disajikan tabel jenis tarian daerah, pesertta didik dapat mengidentifikasi jenis tarian daerah Provinsi Jawa Barat

C2

30

PG

Perubahan akibat interaksi antarruang

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh interaksi keruangan berupa pergerakan gagasan atau informasi

C2

 

 

31

 

PG

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat menentukan berbagai perubahan  akibat interaksi antaruang

 

 

C3

 

32

 

PG

 

3.2 Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.  

 

Pengertian dan syarat interaksi sosial

Disajikan wacana, peserta didik dapat menjelaskan pengertian interaksi sosial

C1

 

33

 

PG

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi syarat interaksi sosial

C2

 

34

PG

Disajikan wacana, peserta didik dapat membedakan faktor imitasi dengan identifikasi

C3

45

Uraian

 

 

 

 

 

 

 

Bentuk-bentuk interaksi sosial

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial

C2

 

35

 

PG

 

 

Disajikan berbagai kasus, peserta didik dapat menentukan peristiwa yang termasuk proses sosial dissosiatif

C3

36

PG

Disajikan suatu kasus, peserta didik dapat menghubungkan kasus tersebut dengan proses sosial asimilasi

C4

37

PG

Disajikan pernyataan proses interaksi sosial, peserta didik dapat mengidentifikasi proses interaksi sosial yang termasuk proses assosiatif

C2

38

PG

Lembaga Sosial

Disajikan wacana lembaga sosial, peserta didik dapat menjelaskan pengertian lembaga pendidikan

C1

 

39

 

PG

 

Disajikan tabel fungsi-fungsi lembaga sosial, peserta didik dapat menentukan fungsi lembaga keluarga

 

C3

 

40

 

 

PG

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

Ir. Wahjoe Widjajanto

 

Sukabumi,   November 2018

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

Yayah Masripah, M.Pd

 

 

 CATATAN:

SOAL PILIHAN GANDA SEBANYAK 40 SOAL DI UJIAN ONLINE

SOAL ESSAY 5 SOAL DI ARTIKEL DIJAWAB DI KERTAS UNTUK LANGSUNG DI KUMPULKAN

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.