KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Jenis Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Kurikulum Alokasi waktu Jumlah Soal Bentuk Soal Tahun Ajaran |
: SMP : Ilmu Pengetahuan Sosial : VIII/1 : Kur -13 : 120 Menit : 45 : Pilihan Ganda dan Uraian : 2018/2019 |
No. |
Kompetensi Yang Diuji |
Materi |
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Nomor Soal |
Bentuk Soal |
1 |
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,ekonomi,pemanfaatan lahan,politik)dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi,sosial,budaya dan politik.
|
LetakGeografis Negara-negara ASEAN |
Disajikan pernyataan tentang kondisi geografis Asia Tenggara, pesertadidik mampu menyebutkan letak geografis Asia Tenggara sebelah Selatan
|
C1 |
1 |
PG |
Letak Koordinat Negara-negara ASEAN (Kamboja-Laos) |
Ditampilkan Peta Asia Tenggara., peserta didik mampu menganalisis batas daratan negara Laos melalui pengamatan peta Asia Tenggara
|
C4 |
2 |
PG |
||
Letak Koordinat Negara-negara ASEAN (Malaysia) |
Disajikan data tentang letak astronomis negara Malaysia, peserta didik mampu menjelaskan pengaruh letak astronomis Negara Malaysia terhadap keadaan iklim
|
C3 |
3 |
PG |
||
Letak Koordinat Negara-negara ASEAN (Singapura) |
Disajikan data tentang letak astronomis negara Singapura, peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh letak astronomi negara Singapura terhadap musim
|
C4 |
4 |
PG |
||
Letak Koordinat Negara-negara ASEAN (Thailand) |
Disajikan pernyataan tentang negara Thailand, peserta didik mampu mengidentifikasi batas-batas wilayah negara Thailand sebelah utara
|
C2 |
5 |
PG |
||
Letak Koordinat Negara-negara ASEAN
|
Ditampilkan peta Asia Tenggara, peserta didik mampu menunjukan 5 nama-nama Negara anggota ASEAN |
C2 |
41 |
Uraian |
||
Pengertian, Faktor pendorong dan penghambat Kerja sama ASEAN |
Disajikan data tentang faktor pendorong dan penghambat kerja sama ASEAN, peserta didik mampu mengklasifikasikan faktor pendorong kerjasama antar Negara-negara ASEAN
|
C3 |
6 |
PG |
||
Disajikan wacana, peserta didik mampu mengidentifikasi faktor penghambat kerjasama antar Negara-negara ASEAN
|
C2 |
7 |
PG |
|||
Bentuk-bentuk Kerja sama ASEAN dan perkembangannya |
Disajikan data tentang bentuk kerja sama negara Asia Tenggara, peserta didik mampu meklasifikasikan bentuk kerjasama antar negara-negara ASEAN di bidang politik dan keamanan
|
C3 |
8 |
PG |
||
Disajikan pernyataan tentang bentuk kerja sama ASEAN, peserta didik mampu menentukan bentuk kerjasama antar negara-negara ASEAN di bidang ekonomi
|
C3 |
9 |
PG |
|||
Pengaruh kerja sama bidang ekonomi,sosial, politik, budaya dan pendidikan terhadap kehidupan ASEAN |
Disajikan data tentang kasus pengungsi manusia perahu dari Myanmar, peserta didik mampu menjelaskan nilai positif dari kasus pengungsi manusia perahu dari Myanmar yang menimbulkan interaksi antar negara ASEAN
|
C4 |
10 |
PG |
||
Disajikan pernyataan tentang keadaan ekonomi Negara Singapura., peserta didik dapat menyebutkan 3 faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan ekonomi Negara Singapore
|
C2 |
42 |
Uraian |
|||
Upaya-upaya meningkatkan kerja sama di antara negara-negara ASEAN |
Disajikan wacana, peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk kerja sama di bidang politik negara-negara ASEAN
|
C2 |
11 |
PG |
||
Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang akibat Faktor Alam
|
Ditampilkan peta ASEAN, peserta didik mampu menentukan negara di kawasan Asia Tenggara yang letaknya tidak berbatasan dengan laut.
|
C4 |
12 |
PG |
||
Disajikan data tentang letak negara-negara ASEAN, peserta didik menentukan iklim yang terbentuk dari letak negara-negara ASEAN
|
C4 |
13 |
PG |
|||
Disajikan pernyataan tentang letak geologis kawasan Asia Tenggara, peserta didik mampu mengklasifikasikan lempengan yang tidak dilalui oleh negara di kawasan ASEAN
|
C2 |
14 |
PG |
|||
Disajikan pernyataan tentang contoh peristiwa bencana alam yang terjadi di kawasan Asia Tenggara, peserta didik mampu menentukan bidang kerja sama yang dilakukan oleh negar-negara ASEAN pada contoh peristiwa tersebut.
|
C3 |
15 |
PG |
|||
Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi terhadap Perubahan Ruang |
Disajikan paparan tentang akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi di negara- negara ASEAN, peserta didik mampu menganalisis bentuk perubahan positif dari perkembangan iptek dilihat dari aspek sosial
|
C4 |
16 |
PG |
||
Disajikan penyataan tentang bentuk perkembangan iptek dan transportasi dilihat dari aspek budaya, peserta didik mampu mencontohkan bentuk perpaduan budaya tanpa menghilangkan budaya asli suatu negara.
|
C2 |
17 |
PG |
|||
Disajikan wacana tentang perkembangan iptek, peserta didik mampu mengidentifikasi dampak negatif perkembangan iptek dan transportasi di bidang keamanan
|
C2 |
18 |
PG |
|||
Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan Ekonomi |
Disajikan pernyataan tentang AFTA, peserta didik mampu menentukan dampak pemberlakuan AFTA secara ekonomis
|
C4 |
19 |
PG |
||
Pengaruh Konvensi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang |
Disajikan wacana tentang konversi lahan, peserta didik mampu mengidentifikasi akibat dari terjadinya konvensi lahan dari pertanian ke industri |
C4 |
20 |
PG |
||
Disajikan data tentang alasan konvensi lahan pertanian menjadi lahan industri, peserta didik mampu mengklasifikasi alasan terjadinya konvensi lahan dari pertanian ke industri
|
C3 |
21 |
PG |
|||
Disajikan beberapa dampak konvensi lahan pertanian menjadi lahan industri, peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh positif dari terjadinya konvensi lahan dari pertanian ke industri
|
C2 |
22 |
PG |
|||
2 |
3.2.Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan |
Pengertian Mobilitas Sosial |
Disajikan pernyataan tentang mobilitas sosial, peserta didik mampu menentukan pengertian mobilitas sosial
|
C1 |
23 |
PG |
Bentuk-bentuk Mobilitas Sosial |
Disajikan ilustrasi bentuk mobilitas sosial., peserta didik mampu menganalisis contoh bentuk mobilitas sosial vertikal ke atas
|
C4 |
24 |
PG |
||
Disajikan contoh bentuk mobilitas sosial, peserta didik mampu menganalisis contoh bentuk mobilitas sosial horizontal
|
C4 |
25 |
PG |
|||
Faktor-faktor pendorong dan penghambat Mobilitas Sosial |
Disajikan wacana tentang mobilitas sosial, peserta didik mampu mengidentifikasi 3 faktor pendorong mobilitas social sosial
|
C2 |
43 |
Uraian |
||
Disajikan data tentang faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial, peserta didik mampu mengklasifikasikan faktor penghambat dari mobilitas sosial |
C3 |
26 |
PG |
|||
Saluran-saluran Mobilitas Penduduk |
Disajikan beberapa organisasi profesi, peserta didik mampu mengidentifikasi saluran saluran mobilitas sosial dalam organisasi Profesi
|
C3 |
27 |
PG |
||
Saluran-saluran Mobilitas Penduduk |
Disajikan wacana biografi tentang Via Vallen, yang mengalami mobilitas social vertical naik, peserta didik dapat menyimpulkan saluran mobilitas sosial, factor penghambat dan factor pendorong mobilitas social yang dialami Via Vallen. |
C4 |
44 |
Uraian |
||
Disajikan tabel daftar nama orang terkenal, peserta didik mampu mengklasifikasikan daftar nama yang sukses melalui saluran mobilitas sosial organisasi politik |
C3 |
28 |
PG |
|||
Dampak Mobilitas Sosial |
Disajikan pernyataan tentang dampak mobilitas sosial, peserta didik mampu membedakan dampak positif dari mobilitas sosial
|
C4 |
29 |
PG |
||
Pluralitas Masyarakat Indonesia ( Perbedaan Agama) |
Disajikan tabel tentang hari besar keagamaan, peserta didik dapat mengklasifikasi hari besar keagamaan Hindu Bali.
|
C3 |
30 |
PG |
||
Disajikan cerita tentang kehidupan masyarakat beragama, peserta didik dapat menentukan sikap toleransi beragama
|
C3 |
31 |
PG |
|||
Pluralitas Masyarakat Indonesia ( Perbedaan Budaya) |
Disajikan data mengenai wujud budaya,.peserta didik dapat mengklasifikasikan wujud budaya berupa karya (artefak)
|
C2 |
32 |
PG |
||
Disajikan gambar mengenai Tarian Saman dan Tarian Kecak, peserta didik dapat menganalisis makna dari tarian Saman dan tarian Kecak
|
C4 |
33 |
PG |
|||
Disajikan pernyataan mengenai Batik Indonesia, peserta didik dapat menentukan peran dan fungsi keragaman budaya batik dalam pembangunan nasional.
|
C2 |
34 |
PG |
|||
Perbedaan Suku Bangsa |
Disajikan wacana keragaman suku bangsa, peserta didik mampu menyebutkan faktor penyebab Indonesia memiliki perbedaan dan keragaman suku bangsa
|
C2 |
35 |
PG |
||
Perbedaan Pekerjaan |
Disajikan pernyataan jenis pekerjaan, peserta didik mampu mengidentifikasi pekerjan sektor non formal
|
C2 |
36 |
PG |
||
Konflik dalam Kehidupan Sosial |
Disajikan wacana tentang konflik, peserta didik mampu mengidentifikasi cara menangani konflik.
|
C3 |
37 |
PG |
||
Disajikan wacana tentang persaingan untuk mendapatkan jabatan ketua OSIS, yg menimbulkan konflik social. peserta dapat menganalisis upaya-upaya untuk meminimalisir konplik tersebut
|
C3 |
45 |
Uraian |
|||
Disajikan pernyataan contoh mengenai konflik antara buruh dan penguasa, peserta didik mampu menentukan faktor yang menggambarkan konflik antara buruh dan penguasa.
|
C3 |
38 |
PG |
|||
Integritas Sosial |
Disajikan pernyataan mengenai faktor proses integrasi, peserta didik mampu mengkategorikan faktor yang bukan mempengaruhi cepat lambatnya proses integrasi
|
C4 |
39 |
PG |
||
Disajikan tabel tentang syarat terjadinya integrasi sosial, peserta didik mampu mengklasifikasikan syarat terjadinya integrasi sosial.
|
C2 |
40 |
PG |
Mengetahui, Kepala Sekolah
Ir. Wahjoe Widjajanto
|
Sukabumi, November 2018 Guru Mata Pelajaran,
Yayah Masripah, M.Pd
|