KISI-KISI PAS GANJIL IPS TERPADU KLS 8 TA. 2018-2019

KISI-KISI  SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER

 

Jenis Sekolah

Mata Pelajaran

Kelas/ Semester

Kurikulum

Alokasi waktu

Jumlah Soal

Bentuk Soal

Tahun Ajaran

: SMP

: Ilmu Pengetahuan Sosial

: VIII/1

: Kur -13

: 120 Menit

: 45

: Pilihan Ganda dan Uraian

: 2018/2019

 

 

No.

Kompetensi Yang Diuji

Materi

Indikator Soal

 

Level Kognitif

 

Nomor

Soal

Bentuk Soal

1

3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,ekonomi,pemanfaatan lahan,politik)dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi,sosial,budaya dan politik.

 

LetakGeografis Negara-negara ASEAN

Disajikan pernyataan tentang kondisi geografis Asia Tenggara, pesertadidik mampu menyebutkan letak geografis Asia Tenggara sebelah Selatan

 

C1

1

PG

Letak Koordinat Negara-negara ASEAN (Kamboja-Laos)

Ditampilkan Peta Asia Tenggara., peserta didik mampu menganalisis batas daratan negara Laos melalui pengamatan peta Asia Tenggara

 

C4

2

PG

Letak Koordinat Negara-negara ASEAN (Malaysia)

Disajikan data tentang letak astronomis negara Malaysia, peserta didik mampu menjelaskan pengaruh letak astronomis Negara Malaysia terhadap keadaan iklim

 

C3

3

PG

Letak Koordinat Negara-negara ASEAN  (Singapura)

Disajikan data tentang letak astronomis negara Singapura, peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh letak astronomi negara Singapura terhadap musim

 

C4

4

PG

Letak Koordinat Negara-negara ASEAN (Thailand)

Disajikan pernyataan tentang negara  Thailand, peserta didik mampu mengidentifikasi  batas-batas wilayah negara  Thailand sebelah utara

 

C2

5

PG

Letak Koordinat Negara-negara ASEAN

 

 

 

Ditampilkan peta Asia Tenggara, peserta didik mampu menunjukan 5 nama-nama Negara anggota ASEAN

C2

41

Uraian

Pengertian, Faktor pendorong dan penghambat Kerja sama ASEAN

Disajikan data tentang faktor pendorong dan penghambat kerja sama ASEAN, peserta didik mampu mengklasifikasikan faktor pendorong kerjasama antar Negara-negara ASEAN

 

C3

6

PG

Disajikan wacana, peserta didik mampu mengidentifikasi faktor penghambat kerjasama antar Negara-negara ASEAN

 

C2

7

PG

Bentuk-bentuk Kerja sama ASEAN dan perkembangannya

Disajikan data tentang bentuk kerja sama negara Asia Tenggara, peserta didik mampu meklasifikasikan bentuk kerjasama antar negara-negara ASEAN di bidang politik dan keamanan

 

C3

8

PG

Disajikan pernyataan tentang bentuk kerja sama ASEAN, peserta didik mampu menentukan bentuk kerjasama antar negara-negara ASEAN di bidang ekonomi

 

C3

9

PG

Pengaruh kerja sama bidang ekonomi,sosial, politik, budaya dan pendidikan terhadap kehidupan ASEAN

Disajikan data tentang kasus pengungsi manusia perahu dari Myanmar, peserta didik mampu menjelaskan nilai positif dari kasus pengungsi manusia perahu dari Myanmar yang menimbulkan interaksi antar negara ASEAN

 

C4

10

PG

Disajikan pernyataan tentang keadaan ekonomi Negara Singapura., peserta didik dapat menyebutkan 3 faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan ekonomi Negara Singapore

 

C2

42

Uraian

Upaya-upaya meningkatkan kerja sama di antara negara-negara ASEAN

Disajikan wacana, peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk kerja sama di bidang politik negara-negara ASEAN

 

C2

11

PG

Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang akibat Faktor Alam

 

 

Ditampilkan peta ASEAN, peserta didik mampu menentukan negara di kawasan Asia Tenggara yang letaknya tidak berbatasan dengan laut.

 

C4

12

PG

Disajikan data tentang letak negara-negara ASEAN, peserta didik menentukan iklim yang terbentuk dari letak negara-negara ASEAN

 

C4

13

PG

Disajikan pernyataan tentang letak geologis kawasan Asia Tenggara, peserta didik mampu mengklasifikasikan lempengan yang tidak dilalui oleh  negara di kawasan ASEAN

 

C2

14

PG

Disajikan pernyataan tentang contoh peristiwa bencana alam yang terjadi di kawasan Asia Tenggara, peserta didik mampu menentukan bidang kerja sama yang dilakukan oleh negar-negara ASEAN pada contoh peristiwa tersebut.

 

C3

15

PG

Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi terhadap Perubahan Ruang

Disajikan paparan tentang akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi di negara- negara ASEAN, peserta didik mampu menganalisis bentuk perubahan positif dari perkembangan iptek dilihat dari aspek sosial

 

C4

16

PG

Disajikan penyataan tentang bentuk perkembangan iptek dan transportasi dilihat dari aspek budaya, peserta didik mampu mencontohkan bentuk perpaduan budaya tanpa menghilangkan budaya asli suatu negara.

 

C2

17

PG

Disajikan wacana tentang perkembangan iptek, peserta didik mampu mengidentifikasi dampak negatif perkembangan iptek dan transportasi di bidang keamanan

 

C2

18

PG

Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan Ekonomi

Disajikan pernyataan tentang AFTA, peserta didik mampu menentukan dampak pemberlakuan AFTA secara ekonomis

 

C4

19

PG

Pengaruh Konvensi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang

Disajikan wacana tentang konversi lahan, peserta didik mampu mengidentifikasi akibat dari terjadinya konvensi lahan dari pertanian ke industri

C4

20

PG

Disajikan data tentang alasan konvensi lahan pertanian menjadi lahan industri, peserta didik mampu mengklasifikasi alasan terjadinya konvensi lahan dari pertanian ke industri

 

C3

21

PG

Disajikan beberapa dampak konvensi lahan pertanian menjadi lahan industri, peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh positif dari terjadinya konvensi lahan dari pertanian ke industri

 

C2

22

PG

2

3.2.Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

Pengertian Mobilitas Sosial

Disajikan pernyataan tentang mobilitas sosial, peserta didik mampu menentukan pengertian mobilitas sosial

 

C1

23

PG

Bentuk-bentuk Mobilitas Sosial

Disajikan ilustrasi bentuk mobilitas sosial., peserta didik mampu menganalisis contoh bentuk mobilitas sosial vertikal ke atas

 

C4

24

PG

Disajikan contoh bentuk mobilitas sosial, peserta didik mampu menganalisis contoh bentuk mobilitas sosial horizontal

 

C4

25

PG

Faktor-faktor pendorong dan penghambat Mobilitas Sosial

Disajikan wacana tentang mobilitas sosial, peserta didik mampu mengidentifikasi 3 faktor pendorong mobilitas social sosial

 

C2

43

Uraian

Disajikan data tentang faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial, peserta didik mampu mengklasifikasikan faktor penghambat dari mobilitas sosial

C3

26

PG

Saluran-saluran Mobilitas Penduduk

Disajikan beberapa organisasi profesi, peserta didik mampu mengidentifikasi saluran saluran mobilitas sosial dalam organisasi Profesi

 

C3

27

PG

Saluran-saluran Mobilitas Penduduk

Disajikan wacana biografi  tentang  Via Vallen, yang mengalami mobilitas social vertical naik, peserta didik dapat menyimpulkan  saluran mobilitas sosial, factor penghambat dan factor pendorong mobilitas social yang dialami Via Vallen.

C4

44

Uraian

Disajikan tabel daftar nama orang terkenal, peserta didik  mampu mengklasifikasikan daftar nama yang sukses melalui saluran mobilitas sosial   organisasi politik

C3

28

PG

Dampak Mobilitas Sosial

Disajikan pernyataan tentang dampak mobilitas sosial, peserta didik  mampu membedakan dampak positif dari mobilitas sosial

 

C4

29

PG

Pluralitas Masyarakat Indonesia ( Perbedaan Agama)

Disajikan tabel tentang hari besar keagamaan, peserta didik dapat mengklasifikasi hari besar keagamaan Hindu Bali.

 

C3

30

PG

Disajikan cerita tentang kehidupan masyarakat beragama, peserta didik dapat menentukan  sikap toleransi beragama

 

C3

31

PG

Pluralitas  Masyarakat Indonesia ( Perbedaan Budaya)

Disajikan data mengenai  wujud budaya,.peserta didik dapat mengklasifikasikan  wujud budaya berupa karya (artefak)

 

C2

32

PG

Disajikan gambar mengenai Tarian Saman dan Tarian Kecak, peserta didik dapat menganalisis makna dari  tarian Saman dan tarian Kecak

 

C4

33

PG

Disajikan pernyataan mengenai Batik Indonesia, peserta didik dapat menentukan peran dan fungsi keragaman budaya batik dalam pembangunan nasional.

 

C2

34

PG

Perbedaan Suku Bangsa

Disajikan wacana keragaman suku bangsa, peserta didik mampu menyebutkan faktor penyebab Indonesia memiliki perbedaan dan keragaman suku bangsa

 

C2

35

PG

Perbedaan Pekerjaan

Disajikan pernyataan jenis pekerjaan, peserta didik mampu mengidentifikasi pekerjan sektor non formal

 

C2

36

PG

Konflik dalam Kehidupan Sosial

Disajikan wacana tentang konflik, peserta didik mampu mengidentifikasi cara menangani konflik.

 

C3

37

PG

Disajikan wacana tentang persaingan untuk mendapatkan jabatan ketua OSIS, yg menimbulkan konflik social. peserta dapat menganalisis upaya-upaya untuk meminimalisir konplik tersebut

 

C3

45

Uraian

Disajikan pernyataan contoh mengenai konflik antara buruh dan penguasa, peserta didik mampu menentukan faktor yang menggambarkan konflik antara buruh dan penguasa.

 

C3

38

PG

Integritas Sosial

Disajikan pernyataan mengenai faktor proses integrasi, peserta didik mampu mengkategorikan  faktor yang bukan mempengaruhi cepat lambatnya proses integrasi

 

C4

39

PG

Disajikan tabel tentang syarat terjadinya integrasi sosial, peserta didik mampu mengklasifikasikan syarat terjadinya integrasi sosial.

 

C2

40

PG

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

Ir. Wahjoe Widjajanto

 

Sukabumi,   November 2018

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

Yayah Masripah, M.Pd

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.