KISI-KISI PAS MATEMATIKA KELAS 7 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KISI – KISI  PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019

 

                        Tingkat Pendidikan     : SMP IT Al-Huda                                          Alokasi  Waktu                       : 90 menit                          

                        Mata Pelajaran           : Matemátika.                                               Jumlah dan bentuk Soal          : 30 Pilihan Ganda                                                

                        Kelas                        : VII (Tujuh)

 

Kompetensi Inti 3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

                                                                                                                                                           

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

No Soal

3.7 Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)

Memahami dan menentuan perbandingan dua besaran

Diketahui jumlah seluruh siswa dalam  suatu kelas dan jumlah siswa berjenis kelamin tertentu, peserta didik dapat menentukan perbandingan dari jumlah siswa jenis kelamin lainnya (yang belum diketahui jumlanya) terhadap jumlah seluruh siswa dalam kelas tersebut dalam bentuk paling sederhana

PG

 

 

 

1

 

 

 

 

Menentukan Perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda

Peserta didik dapat menentukan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda dari masalah yang diberikan

PG

2

3.8 Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan

Memahami dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan perbandingan senilai

Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan perbandingan senilai

PG

 

 

3

 

 

Menyelesaikan masalah perbandingan senilai pada peta dan model

Diketahui jarak dua buah kota, jika pada peta jarak kota tersebut digambar dengan jarak tertentu, peserta didik dapat menentukan skala peta tersebut

 

Diketahui ukuran tinggi dan lebar sebuah model, peserta didik dapat menentukan tinggi sebenarnya, jika diketahui lebar sebenarnya dari model tersebut

PG

 

 

 

PG

4

 

 

 

5

Memahami dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan perbandingan berbalik nilai

Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan perbandingan berbalik nilai

 

PG

 

 

6

 

 

3.9 Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)

Memahami keuntungan dan kerugian

Disajikan beberapa pernyataan tentang harga beli dan harga jual suatu barang. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan kondisi rugi

 

Peserta didik dapat menentukan persentase keuntungan suatu usaha jika diketahui besar modal dan pendapatan

PG

 

 

 

PG

 

7

 

 

 

8

 

Menentukan bunga tunggal

Diketahui persentase pinjaman dan besar pinjaman seseorang, peserta didik dapat menentukan besarnya bunga yang ditanggung,  jika diangsur sebanyak n kali angsuran.

 

Diketahui persentase pinjaman dan besar pinjaman seseorang, peserta didik dapat menentukan besarnya uang yang harus dikembalikan, selama n bulan.

 

Disajikan soal cerita yang berkaitan dengan seseorang yang berbelanja pada dua toko. Peserta didik dapat menentukan besarnya baju yang paling murah setelah diskon

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

9

 

 

 

 

10

 

 

 

11

Bruto Netto dan Tara

Peserta didik dapat menentukan besarnya persentase tara suatu benda, jika diketahui bruto dan netto benda tersebut.

 

Peserta didik dapat menentukan besarnya netto suatu benda, jika diketahui bruto dan tara benda tersebut.

PG

 

 

PG

 

12

 

 

13

 

3.10 Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal

Hubungan antar garis

Peserta didik dapat menentuan hubungan antar garis dari gambar yang disajikan

PG

14

Membagi ruas garis menjadi beberapa bagian yang sama

Disajikan gambar segitiga ABC dipotong segmen garis DE sejajar AB, peserta didik dapat menentukan panjang garis BE jika panjang garis AD, DC dan CE diketahui

PG

15

Mengenal sudut

Peserta didik dapat menentuka jenis sudut berdasarkan  ukuranya.

 

Peserta didik dapat menentukan besar sudut yang dibentuk oleh jarum jam dan jarum menit pada pukul tertentu

PG

 

 

PG

16

 

 

17

Hubungan antar sudut

Disajikan gambar sudut siku-siku yang dibagi 2 bagian, peserta didik dapat menentukan salah satu besar sudut, jika ukuran sudut-sudut diketahui dalam variabel

PG

 

 

18

 

 

3.11 Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga

Memahami jenis dan sifat segiempat

Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan sifat bangun segiempat tertentu

PG

19

Memahami keliling dan luas segiempat

Peserta didik dapat menentukan luas persegi jika diketahui kelilingnya

 

Disajikan sebuah bangun trapesium dan beberapa ukuran sisinya, peserta didik dapat menentukan luas trapesium tersebut

PG

 

 

PG

 

20

 

 

21

 

Memahami jenis dan sifat segitiga

Peserta didik dapat menentukan jenis suatu segitiga jika diketahui besar sudut-sudutnya

PG

22

Memahami keliling dan luas segitiga

Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan segitiga

PG

23

Memahami garis-garis istimewa pada segitiga

Peserta didik dapat mendefinisikan salah satu garis istimewa pada segitiga

PG

 

24

Menaksir luas bangun datar tidak beraturan

Disajikan gambar bangun yang tidak beraturan pada kotak skala, peserta didik dapat menentukan luas bangun tersebut

PG

 

25

3.12 Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran)

Mengenal data

Peserta didik mengetahui cara mengumpulkan suatu data

PG

26

Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel

Disajikan tabel tentang jumlah siswa tiap kelas VII dari suatu sekolah. Peserta didik dapat menentukan informasi yang sesuai dengan tabel tersebut

 

PG

 

27

Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk diagram

batang

Disajikan data dalam bentuk diagram batang tentang sesuatu. Peserta didik dapat menentukan informasi yang sesuai dengan diagram tersebut

PG

 

 

28

 

 

Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk diagram

garis

Disajikan data dalam bentuk diagram garis tentang sesuatu. Peserta didik dapat menentukan informasi yang sesuai dengan diagram tersebut

PG

 

29

Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk diagram

lingkaran

Disajikan data dalam bentuk diagram lingkaran tentang sesuatu. Peserta didik dapat menentukan informasi yang sesuai dengan diagram tersebut

PG

 

30

 

 

                                                                                                                                                                                               

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.