KISI – KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019
Tingkat Pendidikan : SMP IT Al-Huda Alokasi Waktu : 90 menit
Mata Pelajaran : Matemátika. Jumlah dan bentuk Soal : 30 Pilihan Ganda
Kelas : VII (Tujuh)
Kompetensi Inti 3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
No Soal |
3.7 Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda) |
Memahami dan menentuan perbandingan dua besaran |
Diketahui jumlah seluruh siswa dalam suatu kelas dan jumlah siswa berjenis kelamin tertentu, peserta didik dapat menentukan perbandingan dari jumlah siswa jenis kelamin lainnya (yang belum diketahui jumlanya) terhadap jumlah seluruh siswa dalam kelas tersebut dalam bentuk paling sederhana |
PG
|
1
|
Menentukan Perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda |
Peserta didik dapat menentukan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda dari masalah yang diberikan |
PG |
2 |
|
3.8 Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan |
Memahami dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan perbandingan senilai |
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan perbandingan senilai |
PG
|
3
|
Menyelesaikan masalah perbandingan senilai pada peta dan model |
Diketahui jarak dua buah kota, jika pada peta jarak kota tersebut digambar dengan jarak tertentu, peserta didik dapat menentukan skala peta tersebut
Diketahui ukuran tinggi dan lebar sebuah model, peserta didik dapat menentukan tinggi sebenarnya, jika diketahui lebar sebenarnya dari model tersebut |
PG
PG |
4
5 |
|
Memahami dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan perbandingan berbalik nilai |
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan perbandingan berbalik nilai
|
PG
|
6
|
|
3.9 Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara) |
Memahami keuntungan dan kerugian |
Disajikan beberapa pernyataan tentang harga beli dan harga jual suatu barang. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan kondisi rugi
Peserta didik dapat menentukan persentase keuntungan suatu usaha jika diketahui besar modal dan pendapatan |
PG
PG
|
7
8
|
Menentukan bunga tunggal |
Diketahui persentase pinjaman dan besar pinjaman seseorang, peserta didik dapat menentukan besarnya bunga yang ditanggung, jika diangsur sebanyak n kali angsuran.
Diketahui persentase pinjaman dan besar pinjaman seseorang, peserta didik dapat menentukan besarnya uang yang harus dikembalikan, selama n bulan.
Disajikan soal cerita yang berkaitan dengan seseorang yang berbelanja pada dua toko. Peserta didik dapat menentukan besarnya baju yang paling murah setelah diskon |
PG
PG
PG |
9
10
11 |
|
Bruto Netto dan Tara |
Peserta didik dapat menentukan besarnya persentase tara suatu benda, jika diketahui bruto dan netto benda tersebut.
Peserta didik dapat menentukan besarnya netto suatu benda, jika diketahui bruto dan tara benda tersebut. |
PG
PG
|
12
13
|
|
3.10 Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal |
Hubungan antar garis |
Peserta didik dapat menentuan hubungan antar garis dari gambar yang disajikan |
PG |
14 |
Membagi ruas garis menjadi beberapa bagian yang sama |
Disajikan gambar segitiga ABC dipotong segmen garis DE sejajar AB, peserta didik dapat menentukan panjang garis BE jika panjang garis AD, DC dan CE diketahui |
PG |
15 |
|
Mengenal sudut |
Peserta didik dapat menentuka jenis sudut berdasarkan ukuranya.
Peserta didik dapat menentukan besar sudut yang dibentuk oleh jarum jam dan jarum menit pada pukul tertentu |
PG
PG |
16
17 |
|
Hubungan antar sudut |
Disajikan gambar sudut siku-siku yang dibagi 2 bagian, peserta didik dapat menentukan salah satu besar sudut, jika ukuran sudut-sudut diketahui dalam variabel |
PG
|
18
|
|
3.11 Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga |
Memahami jenis dan sifat segiempat |
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan sifat bangun segiempat tertentu |
PG |
19 |
Memahami keliling dan luas segiempat |
Peserta didik dapat menentukan luas persegi jika diketahui kelilingnya
Disajikan sebuah bangun trapesium dan beberapa ukuran sisinya, peserta didik dapat menentukan luas trapesium tersebut |
PG
PG
|
20
21
|
|
Memahami jenis dan sifat segitiga |
Peserta didik dapat menentukan jenis suatu segitiga jika diketahui besar sudut-sudutnya |
PG |
22 |
|
Memahami keliling dan luas segitiga |
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan segitiga |
PG |
23 |
|
Memahami garis-garis istimewa pada segitiga |
Peserta didik dapat mendefinisikan salah satu garis istimewa pada segitiga |
PG
|
24 |
|
Menaksir luas bangun datar tidak beraturan |
Disajikan gambar bangun yang tidak beraturan pada kotak skala, peserta didik dapat menentukan luas bangun tersebut |
PG
|
25 |
|
3.12 Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran) |
Mengenal data |
Peserta didik mengetahui cara mengumpulkan suatu data |
PG |
26 |
Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel |
Disajikan tabel tentang jumlah siswa tiap kelas VII dari suatu sekolah. Peserta didik dapat menentukan informasi yang sesuai dengan tabel tersebut
|
PG
|
27 |
|
Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk diagram batang |
Disajikan data dalam bentuk diagram batang tentang sesuatu. Peserta didik dapat menentukan informasi yang sesuai dengan diagram tersebut |
PG
|
28
|
|
Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk diagram garis |
Disajikan data dalam bentuk diagram garis tentang sesuatu. Peserta didik dapat menentukan informasi yang sesuai dengan diagram tersebut |
PG
|
29 |
|
Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran |
Disajikan data dalam bentuk diagram lingkaran tentang sesuatu. Peserta didik dapat menentukan informasi yang sesuai dengan diagram tersebut |
PG
|
30 |