KISI-KISI PAS MATEMATIKA KELAS 8 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KISI – KISI  PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019

 

                        Satuan Pendidikan      : SMP IT Al-Huda                                          Alokasi  Waktu                       : 90 menit                          

                        Mata Pelajaran            : Matemátika.                                              Jumlah dan bentuk Soal          : 30 Pilihan Ganda                                                

                        Kelas                          : VIII (Delapan)

 

Kompetensi Inti 3 :  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

 

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

PG

No Soal

3.6     Menjelaskan dan membuktikan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras

Memeriksa kebenaran teorema Pythagoras

Peserta didik dapat menentukan panjang hipotenusa segitiga siku-siku, jika panjang sisi siku-sikunya diketahui

 

Disajikan gambar segitiga siku-siku, peserta didik dapat menentukan panjang sisi siku-siku, jika diketahui panjang sisi siku-siku lainya dan hipotenusa dari segi tiga siku-siku tersebut.

PG

 

 

PG

1

 

 

2

Menerapkan teorema Pytahgoras untuk menyelesaikan masalah

Peserta didik dapat menyelesaikan masalah dengan menerapkan teorema pythagoras pada soal cerita

PG

3

Menentukan jenis segitiga

Diketahui panjang ketiga sisi dari sebuah segitiga, peserta didik dapat menentukan jenis segitiga tersebut

PG

4

Menemukan dan memeriksa tripel Pythagoras

Peserta didik dapat menentukan  pasangan tripel Phytagoras dari pilihan jawaban yang diberikan.

PG

5

Menentukan perbandingan sisi-sisi segitiga yang bersudut 45 O, 45 O, dan 90 O

Disajikan gambar segitiga siku-siku yang kedua besar sudutnya 45 O, peserta didik dapat menentukan panjang salah satu sisi siku-sikunya, jika panjang hipotenusa diketahui.

PG

6

Menentukan perbandingan sisi-sisi segitiga yang bersudut 30 O, 60 O, dan 90 O

Disajikan gambar segitiga siku-siku yang salah satu besar sudutnya 30 O, peserta didik dapat menentukan panjang salah satu sisi siku-sikunya, jika panjang hipotenusa diketahui.

PG

7

3.7    Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya

Mengenal lingkaran

Disajikan gambar yang terdiri dari unsur lingkaran, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan gambar

PG

8

Menentukan hubungan antara sudut pusat dan sudut keliling

Disajikan gambar lingkaran dan besar sudut pusatnya, peserta didik dapat menentukan besar sudut keliling lingkaran yang menghadap busur yang sama

PG

 

 

9

 

 

Menentukan panjang busur dan luas juring

Peserta didik dapat menentukan panjang busur lingkaran, jika diketahui besar sudut pusatnya dan jari-jari lingkaran tersebut.

 

Peserta didik dapat menentukan luas juring lingkaran jika diketahui besar sudut pusat dan jari-jari lingkaran tersebut.

PG

 

 

 

PG

10

 

 

 

11

3.8    Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya

Menentukan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran

Peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung lingkaran luar dua buah lingkaran, jika diketahui jarak antar pusat dan panjang jari-jari kedua lingkaran tersebut.

 

Peserta didik dapat menyelesaikan masalah soal cerita yang berkaitan dengan menentukan panjang garis singgung lingkaran luar dua buah lingkaran

PG

 

 

 

PG

12

 

 

 

13

Menentukan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran

Peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dua buah lingkaran jika jarak antar pusat dan panjang jari-jari kedua lingkaran tersebut diketahui

PG

 

 

14

 

 

3.9   Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

Menentukan luas permukaan kubus dan balok

Peserta didik dapat menentukan luas permukaan kubus, jika diketahui panjang sisi kubus tersebut

 

Peserta didik dapat menentukan panjang balok, jika diketahui luas permukaan, lebar dan tingi balok tersebut.

PG

 

 

PG

15

 

 

16

Menentukan luas permukaan prisma

Peserta didik dapat menentukan luas permukaan prisma tegak segitiga siku-siku, jika diketahui ukuran sisi siku-siku alas dan tinggi prisma tersebut

PG

17

Menentukan luas permukaan limas

Peserta didik dapat menentukan luas permukaan limas yang berbentuk persegi, jika diketahui panjang sisi alas dan tinggi bidang tegaknya

PG

18

Menentukan volume kubus dan balok

Peserta didik dapat menentukan volume kubus, jika diketahui luas alasnya

 

 Peserta didik dapat menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita, yang berkaitan dengan volume balok

PG

 

 

PG

19

 

 

20

Menentukan volume prisma

Peserta didik dapat menentukan volume prisma tegak yang alasnya berbentuk belah ketupat, jika diketahui panjang diagonal-diagonal alasnya dan tinggi prisma tersebut.

PG

21

Menentukan volume limas

Peserta didik dapat menentukan luas alas limas, jika diketahui volume dan tinggi limas tersebut

PG

22

Menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar gabungan

Disajikan bangun ruang gabungan kubus yang ditumpuk limas yang alasnya berbentuk persegi (sisi kubus), peserta didik dapat menghitung luas permukaan bangun tersebut jika diketahui ukuran sisi kubus dan tinggi bidang tegak limas

PG

23

3.10  Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi

Menganalisis data dan distribusi data yang diketahui

Disajikan grafik (diagram garis) sajian data panggunaan bahan bakar terhadap waktu pada perjalanan sebuah mobil dari suatu kota ke kota lainnya.Peserta didik dapat menghitung banyaknya bahan bakar yang dihabiskan untuk menempuh jarak kedua kota tersebut

PG

24

Menentukan rata-rata (mean) dari suatu data

Peserta didik dapat menentukan mean dari data yang diberikan

PG

 

25

Menentukan median dan modus dari suatu data

Peserta didik dapat menentukan median dan modus dari suatu data yang disajikan dalam bentuk tabel

PG

26

Menentukan penyebaran suatu data

Disajikan suatu data, peserta didik dapat menentukan hamparan

PG

27

3.11  Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan

Peluang empirik

Disajikan tabel dari hasil pelemparan dadu sebanyak tertentu, peserta didik dapat menentukan frekuensi relatif dari munculnya mata dadu tertentu

 

peserta didik dapat menentukan peluang empirik pada kemunculan mata koin gambar pada pelemparan sebuah koin sebanyak n kali, jika mata koin angka muncul sebanyak tertentu.

PG

 

 

 

PG

28

 

 

 

29

Peluang teoritik

Peserta didik dapat menentukan peluang munculnya mata dadu bilangan prima pada pelemparan sebuah dadu sebanyak satu kali

PG

30

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.