KISI – KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019
Satuan Pendidikan : SMP IT Al-Huda Alokasi Waktu : 90 menit
Mata Pelajaran : Matemátika. Jumlah dan bentuk Soal : 30 Pilihan Ganda
Kelas : VIII (Delapan)
Kompetensi Inti 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator Soal |
PG |
No Soal |
3.6 Menjelaskan dan membuktikan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras |
Memeriksa kebenaran teorema Pythagoras |
Peserta didik dapat menentukan panjang hipotenusa segitiga siku-siku, jika panjang sisi siku-sikunya diketahui
Disajikan gambar segitiga siku-siku, peserta didik dapat menentukan panjang sisi siku-siku, jika diketahui panjang sisi siku-siku lainya dan hipotenusa dari segi tiga siku-siku tersebut. |
PG
PG |
1
2 |
Menerapkan teorema Pytahgoras untuk menyelesaikan masalah |
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah dengan menerapkan teorema pythagoras pada soal cerita |
PG |
3 |
|
Menentukan jenis segitiga |
Diketahui panjang ketiga sisi dari sebuah segitiga, peserta didik dapat menentukan jenis segitiga tersebut |
PG |
4 |
|
Menemukan dan memeriksa tripel Pythagoras |
Peserta didik dapat menentukan pasangan tripel Phytagoras dari pilihan jawaban yang diberikan. |
PG |
5 |
|
Menentukan perbandingan sisi-sisi segitiga yang bersudut 45 O, 45 O, dan 90 O |
Disajikan gambar segitiga siku-siku yang kedua besar sudutnya 45 O, peserta didik dapat menentukan panjang salah satu sisi siku-sikunya, jika panjang hipotenusa diketahui. |
PG |
6 |
|
Menentukan perbandingan sisi-sisi segitiga yang bersudut 30 O, 60 O, dan 90 O |
Disajikan gambar segitiga siku-siku yang salah satu besar sudutnya 30 O, peserta didik dapat menentukan panjang salah satu sisi siku-sikunya, jika panjang hipotenusa diketahui. |
PG |
7 |
|
3.7 Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya |
Mengenal lingkaran |
Disajikan gambar yang terdiri dari unsur lingkaran, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan gambar |
PG |
8 |
Menentukan hubungan antara sudut pusat dan sudut keliling |
Disajikan gambar lingkaran dan besar sudut pusatnya, peserta didik dapat menentukan besar sudut keliling lingkaran yang menghadap busur yang sama |
PG
|
9
|
|
Menentukan panjang busur dan luas juring |
Peserta didik dapat menentukan panjang busur lingkaran, jika diketahui besar sudut pusatnya dan jari-jari lingkaran tersebut.
Peserta didik dapat menentukan luas juring lingkaran jika diketahui besar sudut pusat dan jari-jari lingkaran tersebut. |
PG
PG |
10
11 |
|
3.8 Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya |
Menentukan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran |
Peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung lingkaran luar dua buah lingkaran, jika diketahui jarak antar pusat dan panjang jari-jari kedua lingkaran tersebut.
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah soal cerita yang berkaitan dengan menentukan panjang garis singgung lingkaran luar dua buah lingkaran |
PG
PG |
12
13 |
Menentukan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran |
Peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dua buah lingkaran jika jarak antar pusat dan panjang jari-jari kedua lingkaran tersebut diketahui |
PG
|
14
|
|
3.9 Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) |
Menentukan luas permukaan kubus dan balok |
Peserta didik dapat menentukan luas permukaan kubus, jika diketahui panjang sisi kubus tersebut
Peserta didik dapat menentukan panjang balok, jika diketahui luas permukaan, lebar dan tingi balok tersebut. |
PG
PG |
15
16 |
Menentukan luas permukaan prisma |
Peserta didik dapat menentukan luas permukaan prisma tegak segitiga siku-siku, jika diketahui ukuran sisi siku-siku alas dan tinggi prisma tersebut |
PG |
17 |
|
Menentukan luas permukaan limas |
Peserta didik dapat menentukan luas permukaan limas yang berbentuk persegi, jika diketahui panjang sisi alas dan tinggi bidang tegaknya |
PG |
18 |
|
Menentukan volume kubus dan balok |
Peserta didik dapat menentukan volume kubus, jika diketahui luas alasnya
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita, yang berkaitan dengan volume balok |
PG
PG |
19
20 |
|
Menentukan volume prisma |
Peserta didik dapat menentukan volume prisma tegak yang alasnya berbentuk belah ketupat, jika diketahui panjang diagonal-diagonal alasnya dan tinggi prisma tersebut. |
PG |
21 |
|
Menentukan volume limas |
Peserta didik dapat menentukan luas alas limas, jika diketahui volume dan tinggi limas tersebut |
PG |
22 |
|
Menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar gabungan |
Disajikan bangun ruang gabungan kubus yang ditumpuk limas yang alasnya berbentuk persegi (sisi kubus), peserta didik dapat menghitung luas permukaan bangun tersebut jika diketahui ukuran sisi kubus dan tinggi bidang tegak limas |
PG |
23 |
|
3.10 Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi |
Menganalisis data dan distribusi data yang diketahui |
Disajikan grafik (diagram garis) sajian data panggunaan bahan bakar terhadap waktu pada perjalanan sebuah mobil dari suatu kota ke kota lainnya.Peserta didik dapat menghitung banyaknya bahan bakar yang dihabiskan untuk menempuh jarak kedua kota tersebut |
PG |
24 |
Menentukan rata-rata (mean) dari suatu data |
Peserta didik dapat menentukan mean dari data yang diberikan |
PG
|
25 |
|
Menentukan median dan modus dari suatu data |
Peserta didik dapat menentukan median dan modus dari suatu data yang disajikan dalam bentuk tabel |
PG |
26 |
|
Menentukan penyebaran suatu data |
Disajikan suatu data, peserta didik dapat menentukan hamparan |
PG |
27 |
|
3.11 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan |
Peluang empirik |
Disajikan tabel dari hasil pelemparan dadu sebanyak tertentu, peserta didik dapat menentukan frekuensi relatif dari munculnya mata dadu tertentu
peserta didik dapat menentukan peluang empirik pada kemunculan mata koin gambar pada pelemparan sebuah koin sebanyak n kali, jika mata koin angka muncul sebanyak tertentu. |
PG
PG |
28
29 |
Peluang teoritik |
Peserta didik dapat menentukan peluang munculnya mata dadu bilangan prima pada pelemparan sebuah dadu sebanyak satu kali |
PG |
30 |