KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Jenis Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Kurikulum Alokasi waktu Jumlah Soal Bentuk Soal Tahun Ajaran |
: SMP : Ilmu Pengetahuan Sosial : VII/Ganjil : Kurikulum 2013 : 120 Menit : 45 : Pilihan Ganda dan Uraian : 2019/2020 |
No. |
Kompetensi Yang Diuji |
Materi |
Indikator Soal
|
1 |
3.1.Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. |
Pengertian ruang dan interaksi antarruang |
Disajikan wacana peserta didik dapat menjelaskan pengertian ruang
|
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk interaksi antarruang
|
|||
Pemahaman lokasi melalui peta
|
Disajikan pernyataan tentang unsur-unsur peta, peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu unsur peta |
||
Disajikan skala angka, peserta didik dapat menghitung jarak sebenarnya berdasarkan skala tersebut
|
|||
Letak astronomis Indonesia
|
Disajikan informasi mengenai letak suatu objek, peserta didik dapat mengidentifikasi letak astronomis Indonesia |
||
Disajikan pernyataan tentang pengaruh letak astronomis, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh letak astronomis Indonesia berdasarkan
|
|||
Disajikan wacana tentang sebuah perjalanan, peserta didik dapat menghitung perbedaan waktu antar wilayah di Indonesia
|
|||
Letak Geografis Indonesa |
Disajikan peta Indonesia ,peserta didik dapat menjelaskan letak geografis Indonesia
|
||
Disajikan wacana tentang letak geografis Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan pengaruh positif dan negarif letak geografis Indonesia terhadap kehidupan
|
|||
Disajikan wacana tentang batas wilayah, peserta didik dapat mengidentifikasi batas wilayah Indonesia
|
|||
Letak Geologis Indonesia |
Disajikan wacana tentang letak geologi, peserta didik dapat mengidentifikasi lempeng tektonik di wilayah Indonesia
|
||
Disajikan wacana tentang letak geografis Indonesia, peserta didik mampu mengklasifikasi keuntungan dan kerugian letak geologis Indonesia
|
|||
Disajikan bagan tentang ciri-ciri gunung aktif dan gunung tidak aktif, peserta didik mampu mengkategorikan ciri-ciri gunung api aktif dan tidak aktif
|
|||
Keadaan alam Indonesia |
Disajikan wacana tentang bentuk muka bumi, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk muka bumi
|
||
Disajikan wacana kondisi fisik wilayah Indonesia, peserta didik dapat menganalisis iklim laut di Indonesia
|
|||
Disajikan wacana tentang iklim tropis, peserta didik menjelaskan iklim tropis di Indonesia |
|||
Disajikan Peta angin muson, peserta didik mampu menghubungkan antara angin muson dengan keadaan musim di Indonesia
|
|||
Disajikan wacana mengenai Indonesia negara agraris, peserta didik mampu menganalisa penyebab Indonesia sangat cocok untuk kegiatan pertanian
|
|||
Flora fauna Indonesia |
Disajikan tabel ciri-ciri flora di Indonesia, peserta didik dapat membedakan ciri-ciri flora Indonesia barat dengan flora Indonesia bagian timur
|
||
Disajikan tabel contoh-contoh fauna, peserta didik mampu mengelompokkan fauna di Indonesia
|
|||
Sumberdaya alam
|
Disajikan gambar hutan, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi hutan
|
||
Disajikan tabel contoh-contoh SDA, peserta didik dapat mengidentifikasi SDA yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui
|
|||
Disajikan tabel bentuk pemanfaatan barang tambang, peserta didik dapat mengklasifikasi bentuk pemanfaatan barang tambang
|
|||
Sumberdaya maritime |
Disajikan tabel fungsi hutan mangrove, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi hutan mangrove di Indonesia
|
||
Disajikan wacana tentang terumbu karang, peserta didik mampu mengidentifikasi terumbu karang di Indonesia |
|||
Keadaan jumlah, persebaran, komposisi Penduduk Indonesia |
Disajikan data kependudukan Provinsi di Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbesar di Indonesia |
||
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis komposisi penduduk
|
|||
Disajikan wacana, peserta didik dapat memecahkan permasalahan persebaran penduduk Indonesia
|
|||
Disajikan wacana, peserta didik dapat menjelaskan persebaran penduduk di Indonesia
|
|||
Pertumbuhan dan kualitas Penduduk Indonesia |
Disajikan wacana, peserta didik dapat menganalisis tentang bonus demografi penduduk |
||
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan permasalahan kualitas penduduk di Indonesia
|
|||
Keragaman etnik dan budaya |
Disajikan gambar rumah adat, peserta didik dapat menyebutkan rumah adat salah satu provinsi di Indonesia |
||
Disajikan tabel jenis tarian daerah, pesertta didik dapat mengidentifikasi jenis tarian daerah salah satu provinsi di Indonesia
|
|||
Perubahan akibat interaksi antarruang |
Disajikan gambar, peserta didik dapat mengkorelasikan dengan dampak interaksi |
||
|
3.2 Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.
|
Pengertian dan syarat interaksi social |
Disajikan wacana, peserta didik dapat memberi contoh kontak sosial |
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi sosial |
|||
Disajikan wacana, peserta didik dapat memberikan contoh faktor interaksi sosial
|
|||
Bentuk-bentuk interaksi sosial |
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial |
||
Disajikan berbagai kasus, peserta didik dapat menentukan peristiwa yang termasuk proses sosial assosiatif dan dissosiatif
|
|||
Disajikan suatu kasus, peserta didik dapat menghubungkan kasus tersebut dengan proses sosial assosiatif
|
|||
Disajikan pernyataan proses interaksi sosial, peserta didik dapat mengidentifikasi proses interaksi sosial yang termasuk proses assosiatif dan dissosiatif
|
|||
Lembaga Sosial |
Disajikan wacana, peserta didik dapat menunjukkan contoh norma sosial
|
||
Disajikan wacana lembaga sosial, peserta didik dapat menjelaskan pengertian salah satu lembaga sosisal
|
|||
Disajikan tabel fungsi-fungsi lembaga sosial, peserta didik dapat menentukan fungsi salah satu lembaga sosial
|
|||
Disajikan pernyataan proses pelembagaan sosial, peserta didik dapat mengurutkan dari tingkatan norma sosial dalam masyarakat |