KISI-KISI PAS GANJIL IPS TERPADU KLS 9 TA. 2019-2020

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER

 

Jenis Sekolah

Mata Pelajaran

Kelas/ Semester

Kurikulum

Alokasi waktu

Jumlah Soal

Bentuk Soal

Tahun Ajaran

: SMP

: Ilmu Pengetahuan Sosial

: IX/1

: Kurikulum 2013

: 120 Menit

: 45

: Pilihan Ganda dan Uraian

: 2019/2020

 

 

No.

Kompetensi Yang Diuji

Materi

Indikator Soal

 

1

 

 

3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap

keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik

A.Letak dan luas benua Asia dan Benua lainnya

 

A.1.Letak dan luas Benua  Asia

 

Disajikan tabel negara-negara di Asia, Peserta Didik dapat mengklasifikasikan negara-negara yang berada di kawasan Asia

 

Berdasarkan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi  batas wilayah Benua Asia

 

A.2. Letak dan luas Benua Amerika

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat menjelaskan batas Benua Amerika

 

 

 

A.3.Letak dan luas Benua Eropa

Disajikan wacana, peserta didik dapat menganalisis keadaan iklim di Benua Eropa

 

A.4.Letak dan luas Benua Afrika

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi batas wilayah benua Afrika

 

Disajikan peta dunia, peserta didik dapat menganalisis letak benua dan pengaruhnya terhadap keadaan iklimnya.

 

A.5.Letak dan luas Benua Australia

Disajikan wacana tentang  benua Australia, peserta didik dapat menganalisis keadaan iklim Australia

 

B. Kondisi alam negara-  negara di dunia

B.1.Negara Jepang

 

Disajikan letak astronomis Jepang, Peserta Didik mampu menganalisis pengaruh letak astronomis Jepang

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi bencana alam di Jepang

 

B.2.Negara Amerika Serikat

 

Melalui pernyataan tentang bentuk muka bumi Amerika Serikat, Peserta Didik mampu mengidentifikasi bentuk muka bumi Amerika Serikat

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat menunjukkan flora dan fauna Amerika Serikat

 

           

B.3.Negara Inggris

 

Disajikan wacana tentang  negara Inggris, peserta didik dapat menganalisis iklim di negara Inggris

B.4.Negara Australia

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengemukakan bentuk muka

 bumi di Australia

 

B.5.Negara Mesir

Disajikan  pernyataan tentang Sungai Nil, peserta didik mampu mengidentifikasi Sungai Nil

 

C. Dinamika Penduduk   

     Benua-benua di

     Dunia

 

C.1. Dinamika Penduduk  Asia

Disajikan tabel ras-ras di wilayah Asia, peserta didik dapat mengelompokkan ras-ras dan penyebarannya di benua Asia

 

C.2. Dinamika Penduduk Amerika

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi pertumbuhan penduduk benua Amerika

 

C.3. Dinamika Penduduk  Eropa

Disajikam ciri fisik suku bangsa di benua Eropa, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri fisik suku bangsa di Eropa

 

C.4. Dinamika Penduduk Afrika

Melalui pernyataan tentang ras di Benua Afrika, Peserta Didik mampu mengidentifikasi ras di Afrika dan wilayahnya.

 

 

Disajikan data tentang  penduduk benua Afrika , peserta didik dapat menganalisis pertumbuhan penduduk benua Afrika

 

C.5. Dinamika Penduduk Australia

Disajikan pernyataan tentang persebaran penduduk di benua Australia, peserta didik dapat menganalisis persebaran penduduk benua Australia

 

Disajikan pernyataan tentang kualitas penduduk Benua Australia, peserta didik mampu mengidentifikasi kualitas penduduk Australia.

 

D. Pengaruh perubahan ruang dan interaksi antar ruang di Asia dan Benua lainnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik dan pendidikan

 

Disajikan data tentang Negara-negara dengan prosentase penduduk perkotaan, peserta didik dapat mengidentifikasi negara-negara yang sebagian besar penduduknya tinggal di kota

 

Disajikan pernyataan tentang pengaruh interkasi antarruang, peserta didik dapat  mengidentifikasi pengaruh interaksi antarnegara dalam kehidupan

 

Disajikan gambar tentang pengaruh interkasi antarruang, peserta didik dapat  menunjukkan pengaruh interaksi antarruang dalam kehidupan

 

Disajikan pernyataan tentang pengaruh interkasi antarruang, peserta didik dapat  mengidentifikasi contoh pengaruh interaksi antarruang dalam kehidupan

 

 

 

Disajikan contoh aktivitas masyarakat dunia , peserta didik dapat  mengidentifikasi pengaruh interaksi antarruang dalam kehidupan

 

2

 

 

 

3.2 Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan

kebangsaan 

A.Perubahan Sosial Budaya

A.1. Bentuk perubahan  

        sosial budaya

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengaitkan hubungan perubahan sosial dan perubahan budaya

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi perubahan secara lambat

 

Disajikan tabel perubahan soasial budaya, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk perubahan sosial budaya yang direncanakan

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat megidentifikasi perubahan sosial budaya yang pengaruhnya kecil

 

A.2. Faktor penyebab dan  penghambat perubahan     sosial budaya

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab perubahan sosial budaya

 

Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab perubahan sosial budaya

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penghambat perubahan sosial budaya

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penghambat perubahan sosial budaya

 

B.Globalisasi

B.1. Bentuk globalisasi

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengertian globalisasi

 

Disajikan pernyataan tentang globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang budaya

 

Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang komunikasi

 

Disajikan pernyataan tentang iptek, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang iptek

 

Disajikan pernyataan tentang globalisasi bidang transportasi, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang transportasi

 

Disajikan contoh globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang ekonomi

 

B.2. Dampak globalisasi

           

Disajikan tabel dampak globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak globalisasi

 

Disajikan pernyataan tentang westernisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak westernisasi

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat mencari penyebab dan solusi tentang kenakala remaja

 

B.3. Upaya menghadapi    

        globalisasi

Disajikan pernyataan tentang globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang budaya

 

Disajikan tabel tentang globalisasi, peserta didik dapat menganalisis globalisasi bidang komunikasi

 

 

 

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.