KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Jenis Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Kurikulum Alokasi waktu Jumlah Soal Bentuk Soal Tahun Ajaran |
: SMP : Ilmu Pengetahuan Sosial : IX/1 : Kurikulum 2013 : 120 Menit : 45 : Pilihan Ganda dan Uraian : 2019/2020 |
No. |
Kompetensi Yang Diuji |
Materi |
Indikator Soal
|
1
|
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik |
A.Letak dan luas benua Asia dan Benua lainnya
A.1.Letak dan luas Benua Asia
|
Disajikan tabel negara-negara di Asia, Peserta Didik dapat mengklasifikasikan negara-negara yang berada di kawasan Asia
|
Berdasarkan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi batas wilayah Benua Asia
|
|||
A.2. Letak dan luas Benua Amerika
|
Disajikan wacana, peserta didik dapat menjelaskan batas Benua Amerika
|
||
A.3.Letak dan luas Benua Eropa |
Disajikan wacana, peserta didik dapat menganalisis keadaan iklim di Benua Eropa
|
||
A.4.Letak dan luas Benua Afrika
|
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi batas wilayah benua Afrika
|
||
Disajikan peta dunia, peserta didik dapat menganalisis letak benua dan pengaruhnya terhadap keadaan iklimnya.
|
|||
A.5.Letak dan luas Benua Australia |
Disajikan wacana tentang benua Australia, peserta didik dapat menganalisis keadaan iklim Australia
|
||
B. Kondisi alam negara- negara di dunia B.1.Negara Jepang
|
Disajikan letak astronomis Jepang, Peserta Didik mampu menganalisis pengaruh letak astronomis Jepang
|
||
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi bencana alam di Jepang
|
|||
B.2.Negara Amerika Serikat
|
Melalui pernyataan tentang bentuk muka bumi Amerika Serikat, Peserta Didik mampu mengidentifikasi bentuk muka bumi Amerika Serikat
|
||
Disajikan wacana, peserta didik dapat menunjukkan flora dan fauna Amerika Serikat
|
|||
B.3.Negara Inggris
|
Disajikan wacana tentang negara Inggris, peserta didik dapat menganalisis iklim di negara Inggris |
||
B.4.Negara Australia
|
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengemukakan bentuk muka bumi di Australia
|
||
B.5.Negara Mesir |
Disajikan pernyataan tentang Sungai Nil, peserta didik mampu mengidentifikasi Sungai Nil
|
||
C. Dinamika Penduduk Benua-benua di Dunia
C.1. Dinamika Penduduk Asia |
Disajikan tabel ras-ras di wilayah Asia, peserta didik dapat mengelompokkan ras-ras dan penyebarannya di benua Asia
|
||
C.2. Dinamika Penduduk Amerika |
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi pertumbuhan penduduk benua Amerika
|
||
C.3. Dinamika Penduduk Eropa |
Disajikam ciri fisik suku bangsa di benua Eropa, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri fisik suku bangsa di Eropa
|
||
C.4. Dinamika Penduduk Afrika |
Melalui pernyataan tentang ras di Benua Afrika, Peserta Didik mampu mengidentifikasi ras di Afrika dan wilayahnya.
|
||
Disajikan data tentang penduduk benua Afrika , peserta didik dapat menganalisis pertumbuhan penduduk benua Afrika
|
|||
C.5. Dinamika Penduduk Australia |
Disajikan pernyataan tentang persebaran penduduk di benua Australia, peserta didik dapat menganalisis persebaran penduduk benua Australia
|
||
Disajikan pernyataan tentang kualitas penduduk Benua Australia, peserta didik mampu mengidentifikasi kualitas penduduk Australia.
|
|||
D. Pengaruh perubahan ruang dan interaksi antar ruang di Asia dan Benua lainnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik dan pendidikan
|
Disajikan data tentang Negara-negara dengan prosentase penduduk perkotaan, peserta didik dapat mengidentifikasi negara-negara yang sebagian besar penduduknya tinggal di kota
|
||
Disajikan pernyataan tentang pengaruh interkasi antarruang, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh interaksi antarnegara dalam kehidupan
|
|||
Disajikan gambar tentang pengaruh interkasi antarruang, peserta didik dapat menunjukkan pengaruh interaksi antarruang dalam kehidupan
|
|||
Disajikan pernyataan tentang pengaruh interkasi antarruang, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh pengaruh interaksi antarruang dalam kehidupan |
|||
|
|
|
Disajikan contoh aktivitas masyarakat dunia , peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh interaksi antarruang dalam kehidupan
|
2
|
3.2 Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan |
A.Perubahan Sosial Budaya A.1. Bentuk perubahan sosial budaya
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengaitkan hubungan perubahan sosial dan perubahan budaya
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi perubahan secara lambat
|
|||
Disajikan tabel perubahan soasial budaya, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk perubahan sosial budaya yang direncanakan
|
|||
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat megidentifikasi perubahan sosial budaya yang pengaruhnya kecil
|
|||
A.2. Faktor penyebab dan penghambat perubahan sosial budaya |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab perubahan sosial budaya
|
||
Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab perubahan sosial budaya
|
|||
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penghambat perubahan sosial budaya
|
|||
Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penghambat perubahan sosial budaya
|
|||
B.Globalisasi B.1. Bentuk globalisasi
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengertian globalisasi
|
||
Disajikan pernyataan tentang globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang budaya
|
|||
Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang komunikasi
|
|||
Disajikan pernyataan tentang iptek, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang iptek
|
|||
Disajikan pernyataan tentang globalisasi bidang transportasi, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang transportasi
|
|||
Disajikan contoh globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang ekonomi
|
|||
B.2. Dampak globalisasi
|
Disajikan tabel dampak globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak globalisasi
|
||
Disajikan pernyataan tentang westernisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak westernisasi
|
|||
Disajikan wacana, peserta didik dapat mencari penyebab dan solusi tentang kenakala remaja
|
|||
B.3. Upaya menghadapi globalisasi |
Disajikan pernyataan tentang globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang budaya
|
||
Disajikan tabel tentang globalisasi, peserta didik dapat menganalisis globalisasi bidang komunikasi
|