KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
| 
 Jenis Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Kurikulum Alokasi waktu Jumlah Soal Bentuk Soal Tahun Ajaran  | 
 : SMP : Ilmu Pengetahuan Sosial : IX/1 : Kurikulum 2013 : 120 Menit : 45 : Pilihan Ganda dan Uraian : 2019/2020  | 
| 
 No.  | 
 Kompetensi Yang Diuji  | 
 Materi  | 
 Indikator Soal 
  | 
| 
 1 
 
  | 
 3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik  | 
 A.Letak dan luas benua Asia dan Benua lainnya 
 A.1.Letak dan luas Benua Asia 
  | 
 Disajikan tabel negara-negara di Asia, Peserta Didik dapat mengklasifikasikan negara-negara yang berada di kawasan Asia 
  | 
| 
 Berdasarkan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi batas wilayah Benua Asia 
  | 
|||
| 
 A.2. Letak dan luas Benua Amerika 
  | 
 Disajikan wacana, peserta didik dapat menjelaskan batas Benua Amerika 
 
  | 
||
| 
 
 A.3.Letak dan luas Benua Eropa  | 
 Disajikan wacana, peserta didik dapat menganalisis keadaan iklim di Benua Eropa 
  | 
||
| 
 A.4.Letak dan luas Benua Afrika 
  | 
 Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi batas wilayah benua Afrika 
  | 
||
| 
 Disajikan peta dunia, peserta didik dapat menganalisis letak benua dan pengaruhnya terhadap keadaan iklimnya. 
  | 
|||
| 
 A.5.Letak dan luas Benua Australia  | 
 Disajikan wacana tentang benua Australia, peserta didik dapat menganalisis keadaan iklim Australia 
  | 
||
| 
 B. Kondisi alam negara- negara di dunia B.1.Negara Jepang 
  | 
 Disajikan letak astronomis Jepang, Peserta Didik mampu menganalisis pengaruh letak astronomis Jepang 
  | 
||
| 
 Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi bencana alam di Jepang 
  | 
|||
| 
 B.2.Negara Amerika Serikat 
  | 
 Melalui pernyataan tentang bentuk muka bumi Amerika Serikat, Peserta Didik mampu mengidentifikasi bentuk muka bumi Amerika Serikat 
  | 
||
| 
 Disajikan wacana, peserta didik dapat menunjukkan flora dan fauna Amerika Serikat 
  | 
|||
| 
 
 B.3.Negara Inggris 
  | 
 Disajikan wacana tentang negara Inggris, peserta didik dapat menganalisis iklim di negara Inggris  | 
||
| 
 B.4.Negara Australia 
  | 
 Disajikan wacana, peserta didik dapat mengemukakan bentuk muka bumi di Australia 
  | 
||
| 
 B.5.Negara Mesir  | 
 Disajikan pernyataan tentang Sungai Nil, peserta didik mampu mengidentifikasi Sungai Nil 
  | 
||
| 
 C. Dinamika Penduduk Benua-benua di Dunia 
 C.1. Dinamika Penduduk Asia  | 
 Disajikan tabel ras-ras di wilayah Asia, peserta didik dapat mengelompokkan ras-ras dan penyebarannya di benua Asia 
  | 
||
| 
 C.2. Dinamika Penduduk Amerika  | 
 Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi pertumbuhan penduduk benua Amerika 
  | 
||
| 
 C.3. Dinamika Penduduk Eropa  | 
 Disajikam ciri fisik suku bangsa di benua Eropa, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri fisik suku bangsa di Eropa 
  | 
||
| 
 C.4. Dinamika Penduduk Afrika  | 
 Melalui pernyataan tentang ras di Benua Afrika, Peserta Didik mampu mengidentifikasi ras di Afrika dan wilayahnya. 
 
  | 
||
| 
 Disajikan data tentang penduduk benua Afrika , peserta didik dapat menganalisis pertumbuhan penduduk benua Afrika 
  | 
|||
| 
 C.5. Dinamika Penduduk Australia  | 
 Disajikan pernyataan tentang persebaran penduduk di benua Australia, peserta didik dapat menganalisis persebaran penduduk benua Australia 
  | 
||
| 
 Disajikan pernyataan tentang kualitas penduduk Benua Australia, peserta didik mampu mengidentifikasi kualitas penduduk Australia. 
  | 
|||
| 
 D. Pengaruh perubahan ruang dan interaksi antar ruang di Asia dan Benua lainnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik dan pendidikan 
  | 
 Disajikan data tentang Negara-negara dengan prosentase penduduk perkotaan, peserta didik dapat mengidentifikasi negara-negara yang sebagian besar penduduknya tinggal di kota 
  | 
||
| 
 Disajikan pernyataan tentang pengaruh interkasi antarruang, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh interaksi antarnegara dalam kehidupan 
  | 
|||
| 
 Disajikan gambar tentang pengaruh interkasi antarruang, peserta didik dapat menunjukkan pengaruh interaksi antarruang dalam kehidupan 
  | 
|||
| 
 Disajikan pernyataan tentang pengaruh interkasi antarruang, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh pengaruh interaksi antarruang dalam kehidupan  | 
|||
| 
 
  | 
 
  | 
 
  | 
 Disajikan contoh aktivitas masyarakat dunia , peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh interaksi antarruang dalam kehidupan 
  | 
| 
 2 
 
 
  | 
 3.2 Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan  | 
 A.Perubahan Sosial Budaya A.1. Bentuk perubahan sosial budaya 
  | 
 Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengaitkan hubungan perubahan sosial dan perubahan budaya 
  | 
| 
 Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi perubahan secara lambat 
  | 
|||
| 
 Disajikan tabel perubahan soasial budaya, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk perubahan sosial budaya yang direncanakan 
  | 
|||
| 
 Disajikan pernyataan, peserta didik dapat megidentifikasi perubahan sosial budaya yang pengaruhnya kecil 
  | 
|||
| 
 A.2. Faktor penyebab dan penghambat perubahan sosial budaya  | 
 Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab perubahan sosial budaya 
  | 
||
| 
 Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab perubahan sosial budaya 
  | 
|||
| 
 Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penghambat perubahan sosial budaya 
  | 
|||
| 
 Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penghambat perubahan sosial budaya 
  | 
|||
| 
 B.Globalisasi B.1. Bentuk globalisasi 
  | 
 Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengertian globalisasi 
  | 
||
| 
 Disajikan pernyataan tentang globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang budaya 
  | 
|||
| 
 Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang komunikasi 
  | 
|||
| 
 Disajikan pernyataan tentang iptek, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang iptek 
  | 
|||
| 
 Disajikan pernyataan tentang globalisasi bidang transportasi, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang transportasi 
  | 
|||
| 
 Disajikan contoh globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang ekonomi 
  | 
|||
| 
 B.2. Dampak globalisasi 
  | 
 Disajikan tabel dampak globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak globalisasi 
  | 
||
| 
 Disajikan pernyataan tentang westernisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak westernisasi 
  | 
|||
| 
 Disajikan wacana, peserta didik dapat mencari penyebab dan solusi tentang kenakala remaja 
  | 
|||
| 
 B.3. Upaya menghadapi globalisasi  | 
 Disajikan pernyataan tentang globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi globalisasi bidang budaya 
  | 
||
| 
 Disajikan tabel tentang globalisasi, peserta didik dapat menganalisis globalisasi bidang komunikasi 
  | 



