KISI-KISI PAS GANJIL KLS 8B TA. 2019-2020

KISI-KISI  SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER

 

Jenis Sekolah

Mata Pelajaran

Kelas/ Semester

Kurikulum

Alokasi waktu

Jumlah Soal

Bentuk Soal

Tahun Ajaran

: SMP

: Ilmu Pengetahuan Sosial

: VII/Ganjil

: Kurikulum 2013

: 120 Menit

: 45

: Pilihan Ganda dan Uraian

: 2019/2020

 

 

No.

Kompetensi Yang Diuji

Materi

Indikator Soal

 

1

3.1.Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.

Pengertian ruang dan interaksi antarruang

Disajikan wacana  peserta didik dapat menjelaskan pengertian ruang

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk interaksi antarruang

 

Pemahaman lokasi melalui peta

 

Disajikan pernyataan tentang unsur-unsur peta, peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu unsur peta

Disajikan skala angka, peserta didik dapat menghitung jarak sebenarnya berdasarkan skala tersebut

 

Letak astronomis Indonesia

 

Disajikan informasi mengenai letak suatu objek, peserta didik dapat mengidentifikasi letak astronomis Indonesia

Disajikan pernyataan tentang pengaruh letak astronomis, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh letak astronomis Indonesia berdasarkan

 

Disajikan wacana tentang sebuah perjalanan, peserta didik dapat menghitung perbedaan waktu antar wilayah di Indonesia

 

Letak Geografis Indonesa

Disajikan peta Indonesia ,peserta didik dapat menjelaskan letak geografis Indonesia

 

Disajikan wacana tentang letak geografis Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan pengaruh positif dan negarif letak geografis Indonesia terhadap kehidupan

 

Disajikan wacana tentang batas wilayah, peserta didik dapat mengidentifikasi batas wilayah Indonesia

 

Letak Geologis Indonesia

Disajikan wacana tentang letak geologi, peserta didik dapat mengidentifikasi lempeng tektonik di wilayah Indonesia

 

Disajikan wacana tentang letak geografis Indonesia, peserta didik mampu mengklasifikasi keuntungan dan kerugian letak geologis Indonesia

 

Disajikan bagan tentang ciri-ciri gunung aktif dan gunung tidak aktif, peserta didik mampu mengkategorikan ciri-ciri gunung api aktif dan tidak aktif

 

Keadaan alam Indonesia

Disajikan wacana tentang bentuk muka bumi, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk muka bumi

 

Disajikan wacana kondisi fisik wilayah Indonesia, peserta didik dapat menganalisis iklim laut di Indonesia

 

Disajikan wacana tentang iklim tropis, peserta didik  menjelaskan iklim tropis di Indonesia

Disajikan Peta angin muson, peserta didik mampu menghubungkan antara angin muson dengan keadaan musim di Indonesia

 

Disajikan wacana mengenai Indonesia negara agraris, peserta didik mampu menganalisa penyebab Indonesia sangat cocok untuk kegiatan pertanian

 

Flora fauna Indonesia

Disajikan tabel ciri-ciri flora di Indonesia, peserta didik dapat membedakan ciri-ciri flora Indonesia  barat dengan flora Indonesia bagian timur

 

Disajikan tabel contoh-contoh fauna, peserta didik mampu mengelompokkan fauna di Indonesia

 

Sumberdaya alam

 

Disajikan gambar hutan, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi hutan

 

Disajikan tabel contoh-contoh SDA, peserta didik dapat mengidentifikasi SDA yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui

 

Disajikan tabel bentuk pemanfaatan barang tambang, peserta didik dapat mengklasifikasi bentuk pemanfaatan barang tambang

 

Sumberdaya maritime

Disajikan tabel fungsi hutan mangrove, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi hutan mangrove di Indonesia

 

Disajikan wacana tentang terumbu karang, peserta didik mampu mengidentifikasi terumbu karang di Indonesia

Keadaan jumlah, persebaran, komposisi Penduduk Indonesia

Disajikan data kependudukan Provinsi di Indonesia, peserta didik dapat  menyebutkan provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbesar di Indonesia

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis komposisi penduduk

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat memecahkan permasalahan persebaran penduduk Indonesia

 

Disajikan wacana, peserta didik dapat menjelaskan persebaran penduduk di Indonesia

 

Pertumbuhan dan kualitas Penduduk Indonesia

Disajikan wacana, peserta didik dapat menganalisis tentang bonus demografi penduduk

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan permasalahan kualitas penduduk di Indonesia

 

Keragaman etnik dan budaya

Disajikan gambar rumah adat, peserta didik dapat menyebutkan rumah adat salah satu provinsi di Indonesia

Disajikan tabel jenis tarian daerah, pesertta didik dapat mengidentifikasi jenis tarian daerah salah satu provinsi di Indonesia

 

Perubahan akibat interaksi antarruang

Disajikan gambar, peserta didik dapat mengkorelasikan dengan dampak interaksi

 

3.2 Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.  

 

Pengertian dan syarat interaksi social

Disajikan wacana, peserta didik dapat memberi contoh kontak sosial

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi sosial

Disajikan wacana, peserta didik dapat memberikan contoh faktor interaksi sosial

 

 

 

 

 

 

 

 

Bentuk-bentuk interaksi sosial

Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial

Disajikan berbagai kasus, peserta didik dapat menentukan peristiwa yang termasuk proses sosial assosiatif dan dissosiatif

 

Disajikan suatu kasus, peserta didik dapat menghubungkan kasus tersebut dengan proses sosial assosiatif

 

Disajikan pernyataan proses interaksi sosial, peserta didik dapat mengidentifikasi proses interaksi sosial yang termasuk proses assosiatif dan dissosiatif

 

Lembaga Sosial

Disajikan wacana, peserta didik dapat menunjukkan contoh norma sosial

 

Disajikan wacana lembaga sosial, peserta didik dapat menjelaskan pengertian salah satu lembaga sosisal

 

Disajikan tabel fungsi-fungsi lembaga sosial, peserta didik dapat menentukan fungsi salah satu lembaga sosial

 

Disajikan pernyataan proses pelembagaan sosial, peserta didik dapat mengurutkan dari tingkatan norma sosial dalam masyarakat

 

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.