KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Jenis Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Kurikulum Alokasi waktu Jumlah Soal Bentuk Soal Tahun Ajaran |
: SMP : Ilmu Pengetahuan Sosial : VIII/1 : Kur -13 : 120 Menit : 45 : Pilihan Ganda dan Uraian : 2019/2020 |
No. |
Kompetensi Yang Diuji |
Materi |
Indikator Soal
|
17 |
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,ekonomi,pemanfaatan lahan,politik)dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi,sosial,budaya dan politik.
|
LetakGeografis Negara-negara ASEAN |
Disajikan pernyataan tentang kondisi geografis Asia Tenggara, pesertadidik mampu menyebutkan letak geografis Asia Tenggara
|
Letak Koordinat Negara-negara ASEAN (Kamboja-Laos) |
Ditampilkan Peta Asia Tenggara., peserta didik mampu menganalisis batas negara Laos melalui pengamatan peta Asia Tenggara
|
||
Kondisi Ekonomi negara ASEAN (Singapura) |
Disajikan pernyataan tentang kondisi mata pencaharian negara-negara di kawasan Asia Tenggara, peserta didik mampu mengidentifikasi mata pencaharian penduduk Singapura.
|
||
Letak Geologis negara-negara ASEAN (Indonesia |
Disajikan data tentang letak geologis negara Indonesia, peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh letak geologis negara Indonesia
|
||
Letak Koordinat Negara-negara ASEAN (Myanmar) |
Disajikan tabel tentang letak astronomis negara Myanmar, peserta didik mampu menjelaskan pengaruh letak astronomis Negara Myanmar
|
||
Letak geografis negara-negara ASEAN (wilayah kepulauan) |
Disajikan nama-nama negara di Asia Tenggara, peserta didik mampu mengklasifikasikan negara-negara si Asia Tenggara yang wilayahnya berupa kepulauan dan daratan |
||
Letak Koordinat Negara-negara ASEAN
|
Ditampilkan peta Asia Tenggara, peserta didik mampu menunjukan nama-nama Negara anggota ASEAN |
||
Bentuk secara geografis negara-negara di kawasan Asia Tenggara |
Disajikan pernyataan tentang bentuk secara geografis negara di kawasan Asia Tenggara, peserta didik mampu mengidentifikasi negara yang memiliki bentuk geografis compact dan fragmented
|
||
Letak Geografis negara -negara ASEAN |
Disajikan peta Asia Tenggara,peserta didik mampu mengidentifikasi negara yang dibatasi China dan Kamboja
|
||
Pengertian, Faktor pendorong dan penghambat Kerja sama ASEAN |
Disajikan data tentang faktor pendorong dan penghambat kerja sama ASEAN, peserta didik mampu mengklasifikasikan faktor pendorong dan penghambat kerjasama antar Negara-negara ASEAN
|
||
Bentuk-bentuk Kerja sama ASEAN dan perkembangannya |
Disajikan pernyataan tentang contoh peristiwa bencana alam yang terjadi di kawasan Asia Tenggara, peserta didik mampu menentukan bidang kerja sama yang dilakukan oleh negar-negara ASEAN pada contoh peristiwa tersebut.
|
||
Disajikan data tentang bentuk kerja sama negara Asia Tenggara, peserta didik mampu meklasifikasikan bentuk kerjasama antar negara-negara ASEAN |
|||
Pengaruh kerja sama bidang ekonomi,sosial, politik, budaya dan pendidikan terhadap kehidupan ASEAN |
Disajikan pernyataan tentang AFTA, peserta didik mampu menganalisis dampak dibentuknya AFTA dalam kehidupan internasional
|
||
Disajikan pernyataan tentang MEA, peseta didik mampu menganalisis dampak hasil interaksi antarruang ASEAN
|
|||
Disajikan pernyataan tentang keadaan ekonomi negara Brunei Darussalam, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pendapatan perkapita negara Brunei Darussalam
|
|||
Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang akibat Faktor ketersediaan sumber daya alam
|
Disajikan kondisi ekonomi nengara Singapura, peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh perubahan interaksi antarruang akibat faktor ketersediaan sumber daya alam
|
||
Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi terhadap Perubahan Ruang |
Disajikan paparan tentang perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi di negara- negara ASEAN, peserta didik mampu mengidentifikasi kegunaan dari teknologi komunikasi
|
||
Disajikan data tentang contoh perkembangan IPTEK dan transportasi, peserta didik mampu mengklasifikasikan dampak dari interaksi antar negara ASEAN yang menimbulkan perubahan di bidang transportasi
|
|||
Disajikan pernyataan tentang perkembangan media sosial, peserta didk mampu menjelaskan dampak dari penggunaan media sosial
|
|||
Disajikan data contoh pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang akibat perkembangan iptek, peserta didik mampu mengidentifikasi dampak perkembangan iptek dan transportasi dalam aspek budaya
|
|||
Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang akibat Faktor Alam
|
Disajikan pernyataan tentang interaksi antarruang, peserta didik mampu menentukan faktor yang mempengaruhi interaksi antarruang |
||
Pengaruh Konvensi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang |
Disajikan pernyataan tentang alasan konvensi lahan industri di daerah pinggiran kota, peserta didik mampu menganalisis alasan terjadinya konvensi lahan
|
||
2 |
3.2.Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan |
Pengertian Mobilitas Sosial |
Disajikan pernyataan tentang mobilitas sosial, peserta didik mampu menentukan pengertian mobilitas sosial dari salah satu pendapat ahli
|
Bentuk-bentuk Mobilitas Sosial |
Disajikan ilustrasi bentuk mobilitas sosial., peserta didik mampu menganalisis contoh bentuk mobilitas sosial |
||
Disajikan contoh bentuk mobilitas sosial, peserta didik mampu menganalisis contoh bentuk mobilitas sosial |
|||
Faktor-faktor pendorong dan penghambat Mobilitas Sosial |
Disajikan wacana tentang mobilitas sosial, peserta didik mampu mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial sosial
|
||
Disajikan data tentang faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial, peserta didik mampu mengklasifikasikan faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial
|
|||
Saluran-saluran Mobilitas Penduduk |
Disajikan beberapa organisasi masyarakat, peserta didik mampu mengidentifikasi saluran saluran mobilitas sosial
|
||
Disajikan pernyataan tentang contoh mobilitas sosial, peserta didik mampu menentukan saluran mobilitas yang digunakan dalam contoh tersebut.
|
|||
Disajikan tabel daftar nama orang terkenal, peserta didik mampu mengklasifikasikan daftar nama yang sukses melalui saluran mobilitas sosial
|
|||
Faktor pendorong, penghamabat dan saluran mobilitas penduduk |
Disajikan wacana biografi tentang tokoh terkenal, peserta didik dapat menyimpulkan saluran mobilitas sosial, faktor penghambat dan faktor pendorong mobilitas sosial yang dialami tokoh tersebut
|
||
Dampak Mobilitas Sosial |
Disajikan pernyataan tentang contoh mobilitas sosial, peserta didik mampu membedakan dampak positif dan negatif dari mobilitas sosial
|
||
Pluralitas Masyarakat Indonesia ( Perbedaan Agama) |
Disajikan tabel tentang hari besar keagamaan, peserta didik dapat mengklasifikasi hari besar keagamaan
|
||
Pluralitas Masyarakat Indonesia ( Perbedaan Budaya) |
Disajikan gambar mengenai Tarian Daerah peserta didik dapat menganalisis makna dari tarian tersebut
|
||
Perbedaan Suku Bangsa |
Disajikan nama-nama suku bangsa di Indonesia, peserta didik mampu mengklasifikasikan suku bangsa yang berasal dari provinsi Nusa Tengggara
|
||
Fungsi dan peran keragaaan budaya |
Disajikan pernyataan tentang kondisi budaya Indonesia, peserta didik mampu mengidentifikasi peran dan fungsi budaya
|
||
Pengertian Konflik |
Disajikan salah satu pengertian dari konflik sosial yang dikemukakan para ahli, peserta didik dapat menentukan tokoh yang menyatakan pengertian konflik sosial tersebut
|
||
Faktor penyebab konflik dalam Kehidupan Sosial |
Disajikan gambar konflik sosial, peserta didik mampu mengidentifikasi faktor penyebab konflik tersebut.
|
||
Disajikan wacana tentang persaingan yang menimbulkan konflik sosial, peserta didik dapat menganalisis upaya-upaya untuk meminimalisir konflik tersebut
|
|||
Disajikan contoh konflik, peserta didik mampu menentukan faktor penyebab konflik tersebut
|
|||
Akibat konflik sosial |
Disajikan beberapa pernyataan tentang konflik sosial, peserta didik mampu mengklasifikasikan akibat yang terjadi dari konflik sosial.
|
||
Integritas Sosial |
Disajikan pernyataan mengenai integritas sosial, peserta didik mampu menunjukkan salah satu contoh dari integritas sosial
|
||
Disajikan contoh integritas sosial, peserta didik mampu mengidentifikasi proses integritas sosial
|
|||
|
|
Integritas sosial |
Disajikan kondisi-kondisi integritas sosial, peserta didik mampu mengklasifikasi kodisi yang mendukung dan mempercepat berlangsungnya integritas sosial
|
Disajikan pernyataan tentang salah satu jenis integritas sosial, peserta didik mampu menyebutkan pengertian dari salah satu integritas sosial
|