KISI-KISI PAS GANJIL IPS TERPADU KLS 8 TA. 2019-2020

KISI-KISI  SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER

 

Jenis Sekolah

Mata Pelajaran

Kelas/ Semester

Kurikulum

Alokasi waktu

Jumlah Soal

Bentuk Soal

Tahun Ajaran

: SMP

: Ilmu Pengetahuan Sosial

: VIII/1

: Kur -13

: 120 Menit

: 45

: Pilihan Ganda dan Uraian

: 2019/2020

 

No.

Kompetensi Yang Diuji

Materi

Indikator Soal

 

17

3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,ekonomi,pemanfaatan lahan,politik)dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi,sosial,budaya dan politik.

 

LetakGeografis Negara-negara ASEAN

Disajikan pernyataan tentang kondisi geografis Asia Tenggara, pesertadidik mampu menyebutkan letak geografis Asia Tenggara

 

Letak Koordinat Negara-negara ASEAN (Kamboja-Laos)

Ditampilkan Peta Asia Tenggara., peserta didik mampu menganalisis batas negara Laos melalui pengamatan peta Asia Tenggara

 

Kondisi Ekonomi negara ASEAN (Singapura)

Disajikan pernyataan tentang kondisi mata pencaharian negara-negara di kawasan Asia Tenggara, peserta didik mampu mengidentifikasi mata pencaharian penduduk Singapura.

 

Letak Geologis  negara-negara ASEAN (Indonesia

Disajikan data tentang letak geologis negara Indonesia, peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh letak geologis negara Indonesia

 

Letak Koordinat Negara-negara ASEAN (Myanmar)

Disajikan tabel tentang letak astronomis negara Myanmar, peserta didik mampu menjelaskan pengaruh letak  astronomis Negara Myanmar

 

Letak geografis negara-negara ASEAN (wilayah kepulauan)

Disajikan nama-nama negara di Asia Tenggara, peserta didik mampu mengklasifikasikan negara-negara si Asia Tenggara yang wilayahnya berupa kepulauan dan daratan

Letak Koordinat Negara-negara ASEAN

 

Ditampilkan peta Asia Tenggara, peserta didik mampu menunjukan nama-nama Negara anggota ASEAN

Bentuk secara geografis  negara-negara di kawasan Asia Tenggara

Disajikan pernyataan tentang bentuk secara geografis negara di kawasan Asia Tenggara, peserta didik mampu mengidentifikasi negara yang memiliki bentuk geografis compact dan fragmented

 

Letak Geografis negara -negara ASEAN

Disajikan peta Asia Tenggara,peserta didik mampu mengidentifikasi negara yang dibatasi China dan Kamboja

 

Pengertian, Faktor pendorong dan penghambat Kerja sama ASEAN

Disajikan data tentang faktor pendorong dan penghambat kerja sama ASEAN, peserta didik mampu mengklasifikasikan faktor pendorong dan penghambat kerjasama antar Negara-negara ASEAN

 

Bentuk-bentuk Kerja sama ASEAN dan perkembangannya

Disajikan pernyataan tentang contoh peristiwa bencana alam yang terjadi di kawasan Asia Tenggara, peserta didik mampu menentukan bidang kerja sama yang dilakukan oleh negar-negara ASEAN pada contoh peristiwa tersebut.

 

Disajikan data tentang bentuk kerja sama negara Asia Tenggara, peserta didik mampu meklasifikasikan bentuk kerjasama antar negara-negara ASEAN

Pengaruh kerja sama bidang ekonomi,sosial, politik, budaya dan pendidikan terhadap kehidupan ASEAN

Disajikan pernyataan tentang AFTA, peserta didik mampu menganalisis dampak dibentuknya AFTA dalam kehidupan internasional

 

Disajikan pernyataan tentang MEA, peseta didik mampu menganalisis dampak hasil interaksi antarruang ASEAN

 

Disajikan pernyataan tentang keadaan ekonomi negara Brunei Darussalam, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pendapatan perkapita negara  Brunei Darussalam

 

Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang akibat Faktor ketersediaan sumber daya alam

 

Disajikan kondisi  ekonomi nengara Singapura, peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh perubahan interaksi antarruang akibat faktor ketersediaan sumber daya alam

 

Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi terhadap Perubahan Ruang

Disajikan paparan tentang perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi di negara- negara ASEAN, peserta didik mampu mengidentifikasi kegunaan dari teknologi komunikasi

 

Disajikan data  tentang contoh perkembangan IPTEK dan transportasi, peserta didik mampu  mengklasifikasikan dampak dari interaksi antar negara ASEAN yang menimbulkan perubahan di bidang transportasi

 

Disajikan pernyataan tentang perkembangan media sosial, peserta didk mampu menjelaskan dampak dari penggunaan media sosial

 

Disajikan data contoh pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang akibat perkembangan iptek, peserta didik mampu mengidentifikasi dampak perkembangan iptek dan transportasi dalam aspek budaya

 

Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang akibat Faktor Alam

 

Disajikan pernyataan tentang interaksi antarruang, peserta didik mampu menentukan faktor yang mempengaruhi interaksi antarruang

Pengaruh Konvensi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang

Disajikan pernyataan tentang alasan konvensi lahan industri di daerah pinggiran kota, peserta didik mampu menganalisis  alasan terjadinya konvensi lahan 

 

2

3.2.Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

Pengertian Mobilitas Sosial

Disajikan pernyataan tentang mobilitas sosial, peserta didik mampu menentukan pengertian mobilitas sosial dari salah satu pendapat ahli

 

Bentuk-bentuk Mobilitas Sosial

Disajikan ilustrasi bentuk mobilitas sosial., peserta didik mampu menganalisis contoh bentuk mobilitas sosial

Disajikan contoh bentuk mobilitas sosial, peserta didik mampu menganalisis contoh bentuk mobilitas sosial

Faktor-faktor pendorong dan penghambat Mobilitas Sosial

Disajikan wacana tentang mobilitas sosial, peserta didik mampu mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial sosial

 

Disajikan data tentang faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial, peserta didik mampu mengklasifikasikan faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial

 

Saluran-saluran Mobilitas Penduduk

Disajikan beberapa organisasi masyarakat, peserta didik mampu mengidentifikasi saluran saluran mobilitas sosial

 

Disajikan pernyataan tentang contoh mobilitas sosial, peserta didik mampu menentukan saluran mobilitas yang digunakan  dalam contoh tersebut.

 

Disajikan tabel daftar nama orang terkenal, peserta didik  mampu mengklasifikasikan daftar nama yang sukses melalui saluran mobilitas sosial

 

Faktor pendorong, penghamabat dan saluran  mobilitas penduduk

 

Disajikan wacana biografi  tentang  tokoh terkenal, peserta didik dapat menyimpulkan  saluran mobilitas sosial, faktor penghambat dan faktor pendorong mobilitas sosial yang dialami tokoh tersebut

 

Dampak Mobilitas Sosial

Disajikan pernyataan tentang contoh mobilitas sosial, peserta didik  mampu membedakan dampak positif dan negatif dari mobilitas sosial

 

Pluralitas Masyarakat Indonesia ( Perbedaan Agama)

Disajikan tabel tentang hari besar keagamaan, peserta didik dapat mengklasifikasi hari besar keagamaan

 

Pluralitas  Masyarakat Indonesia ( Perbedaan Budaya)

Disajikan gambar mengenai Tarian Daerah peserta didik dapat menganalisis makna dari  tarian tersebut

 

Perbedaan Suku Bangsa

Disajikan nama-nama suku bangsa di Indonesia, peserta didik mampu mengklasifikasikan suku bangsa yang berasal dari provinsi Nusa Tengggara

 

Fungsi dan peran keragaaan budaya

Disajikan pernyataan tentang kondisi budaya Indonesia, peserta didik mampu mengidentifikasi peran dan fungsi budaya

 

Pengertian Konflik

Disajikan salah satu pengertian dari konflik sosial yang dikemukakan para ahli, peserta didik dapat menentukan tokoh yang menyatakan pengertian konflik sosial tersebut

 

Faktor penyebab konflik dalam Kehidupan Sosial

Disajikan gambar konflik sosial, peserta didik mampu mengidentifikasi faktor penyebab konflik tersebut.

 

Disajikan wacana tentang persaingan yang menimbulkan konflik sosial,  peserta didik  dapat menganalisis upaya-upaya untuk meminimalisir konflik tersebut

 

Disajikan contoh konflik,  peserta didik mampu menentukan faktor penyebab konflik tersebut

 

Akibat konflik sosial

Disajikan beberapa pernyataan tentang konflik sosial, peserta didik mampu mengklasifikasikan akibat yang terjadi dari konflik sosial.

 

Integritas Sosial

Disajikan pernyataan mengenai integritas sosial, peserta didik mampu menunjukkan salah satu contoh dari integritas sosial

 

Disajikan contoh integritas sosial, peserta didik mampu mengidentifikasi proses integritas sosial

 

 

 

Integritas sosial

Disajikan kondisi-kondisi integritas sosial, peserta didik mampu mengklasifikasi kodisi yang mendukung dan mempercepat berlangsungnya integritas sosial

 

Disajikan pernyataan tentang salah satu jenis integritas sosial, peserta didik mampu menyebutkan pengertian dari salah satu integritas sosial

 

 

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.