KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
| 
 Jenis Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Kurikulum Alokasi waktu Jumlah Soal Bentuk Soal Tahun Ajaran  | 
 : SMP : Ilmu Pengetahuan Sosial : VIII/1 : Kur -13 : 120 Menit : 45 : Pilihan Ganda dan Uraian : 2019/2020  | 
| 
 No.  | 
 Kompetensi Yang Diuji  | 
 Materi  | 
 Indikator Soal 
  | 
| 
 17  | 
 3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,ekonomi,pemanfaatan lahan,politik)dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi,sosial,budaya dan politik. 
  | 
 LetakGeografis Negara-negara ASEAN  | 
 Disajikan pernyataan tentang kondisi geografis Asia Tenggara, pesertadidik mampu menyebutkan letak geografis Asia Tenggara 
  | 
| 
 Letak Koordinat Negara-negara ASEAN (Kamboja-Laos)  | 
 Ditampilkan Peta Asia Tenggara., peserta didik mampu menganalisis batas negara Laos melalui pengamatan peta Asia Tenggara 
  | 
||
| 
 Kondisi Ekonomi negara ASEAN (Singapura)  | 
 Disajikan pernyataan tentang kondisi mata pencaharian negara-negara di kawasan Asia Tenggara, peserta didik mampu mengidentifikasi mata pencaharian penduduk Singapura. 
  | 
||
| 
 Letak Geologis negara-negara ASEAN (Indonesia  | 
 Disajikan data tentang letak geologis negara Indonesia, peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh letak geologis negara Indonesia 
  | 
||
| 
 Letak Koordinat Negara-negara ASEAN (Myanmar)  | 
 Disajikan tabel tentang letak astronomis negara Myanmar, peserta didik mampu menjelaskan pengaruh letak astronomis Negara Myanmar 
  | 
||
| 
 Letak geografis negara-negara ASEAN (wilayah kepulauan)  | 
 Disajikan nama-nama negara di Asia Tenggara, peserta didik mampu mengklasifikasikan negara-negara si Asia Tenggara yang wilayahnya berupa kepulauan dan daratan  | 
||
| 
 Letak Koordinat Negara-negara ASEAN 
  | 
 Ditampilkan peta Asia Tenggara, peserta didik mampu menunjukan nama-nama Negara anggota ASEAN  | 
||
| 
 Bentuk secara geografis negara-negara di kawasan Asia Tenggara  | 
 Disajikan pernyataan tentang bentuk secara geografis negara di kawasan Asia Tenggara, peserta didik mampu mengidentifikasi negara yang memiliki bentuk geografis compact dan fragmented 
  | 
||
| 
 Letak Geografis negara -negara ASEAN  | 
 Disajikan peta Asia Tenggara,peserta didik mampu mengidentifikasi negara yang dibatasi China dan Kamboja 
  | 
||
| 
 Pengertian, Faktor pendorong dan penghambat Kerja sama ASEAN  | 
 Disajikan data tentang faktor pendorong dan penghambat kerja sama ASEAN, peserta didik mampu mengklasifikasikan faktor pendorong dan penghambat kerjasama antar Negara-negara ASEAN 
  | 
||
| 
 Bentuk-bentuk Kerja sama ASEAN dan perkembangannya  | 
 Disajikan pernyataan tentang contoh peristiwa bencana alam yang terjadi di kawasan Asia Tenggara, peserta didik mampu menentukan bidang kerja sama yang dilakukan oleh negar-negara ASEAN pada contoh peristiwa tersebut. 
  | 
||
| 
 Disajikan data tentang bentuk kerja sama negara Asia Tenggara, peserta didik mampu meklasifikasikan bentuk kerjasama antar negara-negara ASEAN  | 
|||
| 
 Pengaruh kerja sama bidang ekonomi,sosial, politik, budaya dan pendidikan terhadap kehidupan ASEAN  | 
 Disajikan pernyataan tentang AFTA, peserta didik mampu menganalisis dampak dibentuknya AFTA dalam kehidupan internasional 
  | 
||
| 
 Disajikan pernyataan tentang MEA, peseta didik mampu menganalisis dampak hasil interaksi antarruang ASEAN 
  | 
|||
| 
 Disajikan pernyataan tentang keadaan ekonomi negara Brunei Darussalam, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pendapatan perkapita negara Brunei Darussalam 
  | 
|||
| 
 Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang akibat Faktor ketersediaan sumber daya alam 
  | 
 Disajikan kondisi ekonomi nengara Singapura, peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh perubahan interaksi antarruang akibat faktor ketersediaan sumber daya alam 
  | 
||
| 
 Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi terhadap Perubahan Ruang  | 
 Disajikan paparan tentang perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi di negara- negara ASEAN, peserta didik mampu mengidentifikasi kegunaan dari teknologi komunikasi 
  | 
||
| 
 Disajikan data tentang contoh perkembangan IPTEK dan transportasi, peserta didik mampu mengklasifikasikan dampak dari interaksi antar negara ASEAN yang menimbulkan perubahan di bidang transportasi 
  | 
|||
| 
 Disajikan pernyataan tentang perkembangan media sosial, peserta didk mampu menjelaskan dampak dari penggunaan media sosial 
  | 
|||
| 
 Disajikan data contoh pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang akibat perkembangan iptek, peserta didik mampu mengidentifikasi dampak perkembangan iptek dan transportasi dalam aspek budaya 
  | 
|||
| 
 Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang akibat Faktor Alam 
  | 
 Disajikan pernyataan tentang interaksi antarruang, peserta didik mampu menentukan faktor yang mempengaruhi interaksi antarruang  | 
||
| 
 Pengaruh Konvensi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang  | 
 Disajikan pernyataan tentang alasan konvensi lahan industri di daerah pinggiran kota, peserta didik mampu menganalisis alasan terjadinya konvensi lahan 
  | 
||
| 
 2  | 
 3.2.Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan  | 
 Pengertian Mobilitas Sosial  | 
 Disajikan pernyataan tentang mobilitas sosial, peserta didik mampu menentukan pengertian mobilitas sosial dari salah satu pendapat ahli 
  | 
| 
 Bentuk-bentuk Mobilitas Sosial  | 
 Disajikan ilustrasi bentuk mobilitas sosial., peserta didik mampu menganalisis contoh bentuk mobilitas sosial  | 
||
| 
 Disajikan contoh bentuk mobilitas sosial, peserta didik mampu menganalisis contoh bentuk mobilitas sosial  | 
|||
| 
 Faktor-faktor pendorong dan penghambat Mobilitas Sosial  | 
 Disajikan wacana tentang mobilitas sosial, peserta didik mampu mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial sosial 
  | 
||
| 
 Disajikan data tentang faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial, peserta didik mampu mengklasifikasikan faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial 
  | 
|||
| 
 Saluran-saluran Mobilitas Penduduk  | 
 Disajikan beberapa organisasi masyarakat, peserta didik mampu mengidentifikasi saluran saluran mobilitas sosial 
  | 
||
| 
 Disajikan pernyataan tentang contoh mobilitas sosial, peserta didik mampu menentukan saluran mobilitas yang digunakan dalam contoh tersebut. 
  | 
|||
| 
 Disajikan tabel daftar nama orang terkenal, peserta didik mampu mengklasifikasikan daftar nama yang sukses melalui saluran mobilitas sosial 
  | 
|||
| 
 Faktor pendorong, penghamabat dan saluran mobilitas penduduk  | 
 
 Disajikan wacana biografi tentang tokoh terkenal, peserta didik dapat menyimpulkan saluran mobilitas sosial, faktor penghambat dan faktor pendorong mobilitas sosial yang dialami tokoh tersebut 
  | 
||
| 
 Dampak Mobilitas Sosial  | 
 Disajikan pernyataan tentang contoh mobilitas sosial, peserta didik mampu membedakan dampak positif dan negatif dari mobilitas sosial 
  | 
||
| 
 Pluralitas Masyarakat Indonesia ( Perbedaan Agama)  | 
 Disajikan tabel tentang hari besar keagamaan, peserta didik dapat mengklasifikasi hari besar keagamaan 
  | 
||
| 
 Pluralitas Masyarakat Indonesia ( Perbedaan Budaya)  | 
 Disajikan gambar mengenai Tarian Daerah peserta didik dapat menganalisis makna dari tarian tersebut 
  | 
||
| 
 Perbedaan Suku Bangsa  | 
 Disajikan nama-nama suku bangsa di Indonesia, peserta didik mampu mengklasifikasikan suku bangsa yang berasal dari provinsi Nusa Tengggara 
  | 
||
| 
 Fungsi dan peran keragaaan budaya  | 
 Disajikan pernyataan tentang kondisi budaya Indonesia, peserta didik mampu mengidentifikasi peran dan fungsi budaya 
  | 
||
| 
 Pengertian Konflik  | 
 Disajikan salah satu pengertian dari konflik sosial yang dikemukakan para ahli, peserta didik dapat menentukan tokoh yang menyatakan pengertian konflik sosial tersebut 
  | 
||
| 
 Faktor penyebab konflik dalam Kehidupan Sosial  | 
 Disajikan gambar konflik sosial, peserta didik mampu mengidentifikasi faktor penyebab konflik tersebut. 
  | 
||
| 
 Disajikan wacana tentang persaingan yang menimbulkan konflik sosial, peserta didik dapat menganalisis upaya-upaya untuk meminimalisir konflik tersebut 
  | 
|||
| 
 Disajikan contoh konflik, peserta didik mampu menentukan faktor penyebab konflik tersebut 
  | 
|||
| 
 Akibat konflik sosial  | 
 Disajikan beberapa pernyataan tentang konflik sosial, peserta didik mampu mengklasifikasikan akibat yang terjadi dari konflik sosial. 
  | 
||
| 
 Integritas Sosial  | 
 Disajikan pernyataan mengenai integritas sosial, peserta didik mampu menunjukkan salah satu contoh dari integritas sosial 
  | 
||
| 
 Disajikan contoh integritas sosial, peserta didik mampu mengidentifikasi proses integritas sosial 
  | 
|||
| 
 
  | 
 
  | 
 Integritas sosial  | 
 Disajikan kondisi-kondisi integritas sosial, peserta didik mampu mengklasifikasi kodisi yang mendukung dan mempercepat berlangsungnya integritas sosial 
  | 
| 
 Disajikan pernyataan tentang salah satu jenis integritas sosial, peserta didik mampu menyebutkan pengertian dari salah satu integritas sosial 
  | 



