KISI-KISI PTS GENAP IPS KLS 8 TA.2019-2020

SMP IT ALHUDA SUKABUMI
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 8 TA. 2019-2020
Guru Mapel : Yayah Masripah, M,Pd
                       
Standar Kompetensi  Kompetensi Dasar Indikator Materi No soal Bentuk Soal Aspek Tingkat Kesukaran
C1 C2 C3 Md Sd Sk
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata Memahami keunggulan dan keterbatasan ruang dalam penawaran dan permintaan teknologi serta pengaruhnya terhadap interakisi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosialm budaya di Indonesia dan negara ASEAN Mampu menjelaskan keunggulan dan ketrbatasan antar ruang dalam permintaan, penawaran teknologi keunggulan dan keterbatasan antar ruang dalam permintaan, penawaran dan teknologi 1 PG ONLINE v     v    
2 PG ONLINE   v     v  
3 PG ONLINE     v     v
Mampu mendeskripsikan pengertian pelaku ekonomi pengertian pelaku ekonomi 4 PG ONLINE v     v    
5 PG ONLINE   v     v  
Mampu mengidentiikasi peran pelaku ekonomi peran pelaku ekonomi dalam perekonomian 6 PG ONLINE   v     v  
7 PG ONLINE   v     v  
8 PG ONLINE     v     v
9 PG ONLINE v     v    
Mampu mendeskripsikan perdagangan antar pulau Pengertian perdagangan antar pulau 10 PG ONLINE     v     v
Tujuan perdagangan antar pulau 11 PG ONLINE   v     v  
12 PG ONLINE v     v    
Faktor pendorong  13 PG ONLINE v     v    
14 PG ONLINE   v     v  
Manfaat perdagangan antar pulau 15 PG ONLINE     v     v
16 PG ONLINE   v     v  
mampu mendeskripkan perdagnagan antar negara ngertian perdagangan antar negara 17 PG ONLINE   v     v  
lingkup perdagangan antar negara 18 PG ONLINE v     v    
19 PG ONLINE   v     v  
aktivitas perdagangan antar negara 20 PG ONLINE     v     v
21 PG ONLINE   v     v  
kebijakan penmerintah untuk mendorong ekspor 22 PG ONLINE v     v    
faktor pendorong ekspor 23 PG ONLINE     v     v
24 PG ONLINE   v     v  
manaat perdagangan antar negara 25 PG ONLINE   v     v  
26 PG ONLINE   v     v  
faktor pendorong perdaganan antar negara 27 PG ONLINE v     v    
perbedaan perdagangna antar pulau dan perdagangan antar negara 28 PG ONLINE     v     v
Mampu menjelaskan model penguatan ekonomi maritim pengertian ekonomi maritim 29 PG ONLINE v     v    
program penguatan ekonomi maritim 30 PG ONLINE   v     v  
31 PG ONLINE     v     v
Mampu menjelaskan model penguatan ekonomi agrikultur pengertian ekonomi agrikultur 32 PG ONLINE v     v    
33 PG ONLINE   v     v  
program penguatan ekonomi agrikultur 34 PG ONLINE   v     v  
35 PG ONLINE   v     v  
Mampu menganalisa pendistribusian kembali pendapatan nasional pengertian redistribusi pendapatan 36 PG ONLINE v     v    
37 PG ONLINE     v     v
program redistribusi pendapatan untuk pemerataan pendapatan di Indonesia 38 PG ONLINE   v     v  
39 PG ONLINE   v     v  
altternatif retribusi pendapatan 40 PG ONLINE   v     v  
                       
          Sukabumi, 4 Maret 2020  
          Guru Mata Pelajaran  
             
             
          Yayah Masripah, M.Pd  

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.