KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
Sekolah |
: SMP IT ALHUDA SUKABUMI |
|
|
|
|
|
Mata Pelajaran |
: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL |
|
|
|
|
|
Kelas / Semester |
: IX |
|
|
|
|
|
Kurikulum |
: KURIKULUM 2013 |
|
|
|
|
|
Alokasi Waktu |
: 120 MENIT |
|
|
|
|
|
Jumlah Soal |
: 45 |
|
|
|
|
|
Bentuk Soal |
: PILIHAN GANDA DAN URAIAN |
|
|
|
|
|
Tahun Ajaran |
: 2019 - 2020 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator Soal |
Kelas/Smtr |
No soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
3.1. Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan |
Kondisi Bentuk Muka Bumi di Indonesia |
Disajikan kasus, peserta didik dapat mengidentifikasi tentang akibat dari tumbukan pertemuan dua lempeng |
VII/1 |
1 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Letak Indonesia seara Geografis |
Disajikan peta Indonesia, Peserta didik dapat menjelaskan tentang keuntungan dari Posisi Geografis Indonesia |
VII/1 |
2 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Letak Indonesia secara Astronomis |
Disajikan peta Indonesia, Peserta didik dapat menjelaskan tentang Posisi letak Astronomis Indonesia |
VII/1 |
3 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Keragaman Flora dan Fauna di Indonesia |
Disajikan pilihan untuk upaya pelesatarian Hutan di Indonesia |
VII/1 |
4 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
3.2. Menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya |
Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial |
Disajikan wacana tentang bentuk interaksi sosial. Peserta didik dapat memberikan alasan peristiwa yang termasuk interaksi sosial disosiatif |
VII/1 |
5 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Peran dan Fungsi Lembaga Sosial |
Disajikan pernyataan tentang lembaga sosial. Peserta didik dapat mengidentifiksi fungsi salah satu lembaga sosial |
VII/1 |
6 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Sebaran Penduduk Indonesia |
Peserta didik mampu ngeidentiikasi program pemerintah untuk pemerataan Penduduk |
VII/1 |
29 |
Penerapan |
Pilihan Ganda |
Komposisi Penduduk Indonesia |
Peserta didik mampu ngeidentiikasi komposisi penduduk di Indonesia |
VII/1 |
30 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Syarat-Syarat Interaksi Sosial |
Disajikan kasus tentang syarat-syarat interaksi sosial |
VII/1 |
7 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
3.3.Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi,penawaran- permintaan) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia |
Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia |
Disajikan pernyataan tetang kebutuhan, peserta didik dapatmengidentifikasi kebutuhan manusia sekarang |
VII/2 |
8 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia |
Disajikan peribahasa tentang tindakanekonomis, peserta didik dapat menyimpulkan maksud peribahasa tersebut |
VII/2 |
9 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Penawaran, Permintaan, Harga dan Pasar |
Disajikan pernyataan tentang hubungan harga dan jumlah barang yang diminta, Peserta didik dapat menentukan hubungan harga dan jumlah barang yang diminta |
VII/2 |
10 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi Indonesia |
Disajikan wacana tentang wirausaha, Peserta didik dapat menentukan ciri manusia wirausaha |
VII/2 |
11 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Peran IPTEk dalam kegiatan ekonomi |
Disajikan wacana tentang peran IPTEK, Peserta didik dapat menentukan alasan dampak negatif dan positif dari IPTEK |
VII/2 |
12 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
3.4.Memahami berpikir kronologi, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa HinduBuddha, dan Islam |
Kehidupan Manusia pada Masa Praaksara |
Disajikan wacana tentang ciri-ciri kehidupan masa praaksara, Peserta didik dapat mengidentifikasi pola kehidupan masa praaksara |
VII/2 |
13 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Kehidupan Manusia pada Masa Praaksara |
Disajikan gambar tentang peninggalan masa pra aksara di Indonesia, Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri masyarakat Indonesia pada masa pra aksara. |
VII/2 |
14 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
3.1. Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik. |
Pengertian, Faktor Pendorong dan Penghambat Kerjasama ASEAN |
Disajikan pernyataan, tentang kerjasama ASEAN, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor pendorong kerjasama antar negara-negara ASEAN |
VIII/1 |
15 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Perdagangan antar pulau |
Disajikan pernyataan, peserta didik mennetukan faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antar pulau |
VIII/1 |
16 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Perdagangan antar negara |
Disajikan pernyataan, peserta didik menjelaskan salah satu devisa negara |
VIII/1 |
17 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Pengaruh Konversi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhdap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang |
Disajikan wacana tentang konversi lahan pertanian menjadi pemukiman, Peserta didik mampu menjelaskan 2 dampak negatif dari adanya konversi lahan pertanian menjadi pemukiman |
VIII/1 |
18 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan |
Bentuk-bentuk Mobilitas Sosial |
Disajikan pernyataan tentang peristiwa mobilitas sosial, Peserta didik dapat mengklasifikasikan pernyataan yang termasuk mobilitas vertikal naik |
VIII/1 |
19 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Konflik dan Integrasi dalan Kehidupan Sosial |
Disajikan pernyataan tentang akibat konflik sosial, Peserta didik dapat menunjukkan beberapa akibat terjadinya konflik sosial |
VIII/1 |
20 |
aplikasi |
Pilihan Ganda |
3.3 Menganalisis keunggulan dan keterbatasan antar ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia dan negara-negara ASEAN. |
Penguatan Ekonomi Maritim |
Disajikan pernyataan tentang potensi laut Indonesia, Peserta didik dapat mengidentifikasi upaya pemaksimalan potensi laut di Indonesia |
VIII.2 |
21 |
penalaran |
Pilihan Ganda |
Peran Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian |
Disajikan pernyataan tentang peran pelaku ekonomi di Indonesia, Peserta didik dapat mengidentifikasi peran pelaku ekonomi perusahaan dalam meningkatkan kemakmuran rakyat |
VIII/2 |
22 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Penguatan Ekonomi Kelautan |
Disajikan pernyataan tentang potensi laut Indonesia, Peserta didik dapat mengidentifikasi upaya pemaksimalan potensi wisata maritim di Indonesia |
VIII/2 |
23 |
aplikasi |
Pilihan Ganda |
Restirubusi Pendapatan Nasional |
Disajikan pertanyaan dan peserta didik mengidentifikasi peranan pajak dalam redistribusi pendapatan nasional |
VIII/2 |
24 |
penalaran |
Pilihan Ganda |
Konektivitas antarruang negara asean |
Disajikan daftar lembaga Kerjasama antar negara Asean, peserta didik menunjukkan lembaga kerjasama ASEAN yang diikuti oleh Indonesia |
VIII/2 |
25 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
3.4 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan |
Pengaruh Monopoli Perdagangan di Indonesia |
Disajikan pernyataan tentang perlawanan rakyat Indonesia pada masa kolonialisme , peserta didik dapat mennganalisis faktor-faktor yang menyebabkan gagalnya perlawanan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah |
VIII/2 |
26 |
penalaran |
Pilihan Ganda |
Organisasi Pergerakan Nasional |
Disajikan tabel organisasi pergerakan nasional, Peserta didik dapat menganalisis corak dan sifat perjuangan organisasi pergerakan nasional di Indonesia |
VIII/2 |
27 |
penalaran |
Pilihan Ganda |
Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan |
Disajikan pernyataan tentang munculnya nasionalisme Indonesia, Peserta didik dapat mengidentifikasi latar belakang munculnya nasionalisme Indonesia |
VIII/2 |
28 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
3.1. Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik. |
Letak dan Luas Benua Asia dan Benua lainnya |
Berdasarkan tabel negara-negara di Benua Amerika, Peserta didik dapat mengidentifikasi kelompok negara-negara yang terdapat di kawasan Amerika Selatan |
IX/1 |
31 |
aplikasi |
Pilihan Ganda |
Dinamika Penduduk Benua-Benua di Dunia |
Berdasarkan pernyataa tentang ciri fisik penduduk yang tinggal di dunia, siswa dapat mengidentifikasi Ras Kaukasoid yang tinggal di Benua Eropa |
IX/1 |
32 |
penalaran |
Pilihan Ganda |
Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya |
Disajikan pernyataan tentang perubahan dilihat berdasarkan waktunya, peserta didik dapat mengidentifikasi gambar manakah yang mengalami perubahan sosial budaya secara lambat |
IX/1 |
33 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
3.2. Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan. |
Pasar Bebas |
Disajikan wacana tentang perdagangan bebas, Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak positif perdagangan bebas |
IX/2 |
34 |
aplikasi |
Pilihan Ganda |
Bentuk Globalisasi |
Disajikan pernyataan tentang globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh globalisasi dalam bidang ekonomi |
IX/2 |
35 |
penalaran |
Pilihan Ganda |
Dampak Globalisasi |
Disajikan pernyataan tentang dampak globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh dampak negatif globalisasi |
IX/2 |
36 |
aplikasi |
Pilihan Ganda |
3.3.Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat |
Perdagangan Internasional |
Disajikan pernyataan tentang hambatan perdagangan internasional. Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh hambatan perdagangan internasional |
IX/2 |
37 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif |
Disajikan wacana, Peserta didik dapat menentukan upaya meningkatkan ekonomi kreatif |
IX/2 |
38 |
aplikasi |
Pilihan Ganda |
Pasar Bebas |
Disajikan wacana tentang perdagangan bebas, Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak positif perdagangan bebas |
IX/2 |
39 |
penalaran |
Pilihan Ganda |
Pasar Bebas |
Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan WTO |
IX/2 |
40 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
Pilihan Ganda |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sukabumi, 12 Maret 2020 |
|
|
|
Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Yayah Masripah |