KISI-KISI USBN IPS KLS 9 TA.2019-2020

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
             
  Sekolah  : SMP IT ALHUDA SUKABUMI        
  Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL        
  Kelas / Semester : IX        
  Kurikulum : KURIKULUM 2013        
  Alokasi Waktu : 120 MENIT        
  Jumlah Soal : 45        
  Bentuk Soal : PILIHAN GANDA DAN URAIAN        
  Tahun Ajaran : 2019 - 2020        
             
Kompetensi Dasar Materi Indikator Soal Kelas/Smtr No soal Level Kognitif Bentuk Soal
3.1. Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan Kondisi Bentuk Muka Bumi di Indonesia Disajikan kasus, peserta didik dapat mengidentifikasi tentang akibat dari tumbukan pertemuan dua  lempeng VII/1 1 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Letak Indonesia seara Geografis  Disajikan peta Indonesia, Peserta didik dapat menjelaskan tentang keuntungan dari Posisi Geografis Indonesia VII/1 2 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Letak Indonesia secara Astronomis Disajikan peta Indonesia, Peserta didik dapat menjelaskan tentang Posisi letak Astronomis Indonesia VII/1 3 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Keragaman Flora dan Fauna di Indonesia Disajikan pilihan untuk upaya pelesatarian Hutan di Indonesia VII/1 4 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
3.2. Menganalisis interaksi  sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Disajikan wacana tentang bentuk interaksi sosial. Peserta didik dapat memberikan alasan peristiwa yang termasuk interaksi sosial disosiatif VII/1 5 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Peran dan Fungsi Lembaga Sosial Disajikan pernyataan tentang lembaga sosial. Peserta didik dapat mengidentifiksi fungsi salah satu lembaga sosial VII/1 6 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Sebaran Penduduk Indonesia  Peserta didik mampu ngeidentiikasi program pemerintah untuk pemerataan Penduduk VII/1 29 Penerapan Pilihan Ganda
Komposisi Penduduk Indonesia Peserta didik mampu ngeidentiikasi komposisi penduduk di Indonesia VII/1 30 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Syarat-Syarat Interaksi Sosial Disajikan kasus tentang syarat-syarat interaksi sosial VII/1 7 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
3.3.Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi,penawaran- permintaan) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Disajikan pernyataan tetang kebutuhan, peserta didik dapatmengidentifikasi kebutuhan manusia sekarang VII/2 8 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Disajikan peribahasa tentang tindakanekonomis, peserta didik dapat menyimpulkan maksud peribahasa tersebut VII/2 9 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Penawaran, Permintaan, Harga dan Pasar Disajikan pernyataan tentang hubungan harga dan jumlah barang yang diminta, Peserta didik dapat menentukan hubungan harga dan jumlah barang yang diminta VII/2 10 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi Indonesia Disajikan wacana tentang wirausaha, Peserta didik dapat menentukan ciri manusia wirausaha VII/2 11 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Peran IPTEk dalam kegiatan ekonomi Disajikan wacana tentang peran IPTEK, Peserta didik dapat menentukan alasan dampak negatif dan positif dari IPTEK  VII/2 12 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
3.4.Memahami berpikir kronologi, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa HinduBuddha, dan Islam Kehidupan Manusia pada Masa Praaksara Disajikan wacana tentang ciri-ciri kehidupan masa praaksara, Peserta didik dapat mengidentifikasi pola kehidupan masa praaksara  VII/2 13 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Kehidupan Manusia pada Masa Praaksara Disajikan gambar tentang peninggalan masa pra aksara di Indonesia, Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri masyarakat Indonesia pada masa pra aksara. VII/2 14 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
3.1.  Menelaah  perubahan  keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan  politik.  Pengertian, Faktor Pendorong dan Penghambat Kerjasama ASEAN Disajikan   pernyataan, tentang kerjasama ASEAN, peserta didik  dapat mengidentifikasi faktor pendorong  kerjasama  antar negara-negara ASEAN VIII/1 15 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Perdagangan antar pulau Disajikan pernyataan, peserta didik mennetukan faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antar pulau VIII/1 16 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Perdagangan antar negara Disajikan pernyataan, peserta didik menjelaskan salah satu devisa negara VIII/1 17 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Pengaruh  Konversi Lahan  Pertanian  ke Industri dan Pemukiman terhdap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang Disajikan wacana tentang konversi lahan pertanian menjadi pemukiman, Peserta didik mampu  menjelaskan  2 dampak negatif dari adanya konversi lahan pertanian menjadi pemukiman VIII/1 18 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan Bentuk-bentuk Mobilitas Sosial Disajikan pernyataan  tentang peristiwa mobilitas sosial, Peserta didik dapat mengklasifikasikan pernyataan yang termasuk mobilitas vertikal naik VIII/1 19 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Konflik dan Integrasi dalan Kehidupan Sosial Disajikan pernyataan tentang akibat konflik sosial, Peserta didik dapat menunjukkan beberapa akibat terjadinya konflik sosial VIII/1 20 aplikasi  Pilihan Ganda
3.3 Menganalisis keunggulan dan keterbatasan  antar ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia dan negara-negara ASEAN.  Penguatan Ekonomi Maritim Disajikan pernyataan tentang potensi laut Indonesia, Peserta  didik dapat mengidentifikasi upaya pemaksimalan potensi laut di Indonesia VIII.2 21 penalaran Pilihan Ganda
Peran Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian Disajikan  pernyataan tentang peran pelaku ekonomi di Indonesia, Peserta didik dapat mengidentifikasi peran pelaku ekonomi  perusahaan dalam  meningkatkan kemakmuran  rakyat VIII/2 22 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Penguatan Ekonomi Kelautan Disajikan pernyataan tentang potensi laut Indonesia, Peserta  didik dapat mengidentifikasi upaya pemaksimalan potensi wisata maritim di Indonesia VIII/2 23 aplikasi  Pilihan Ganda
Restirubusi Pendapatan Nasional Disajikan pertanyaan dan peserta didik mengidentifikasi peranan pajak dalam redistribusi pendapatan nasional VIII/2 24 penalaran Pilihan Ganda
Konektivitas antarruang negara asean Disajikan daftar lembaga Kerjasama antar negara Asean, peserta didik menunjukkan lembaga kerjasama ASEAN yang diikuti oleh Indonesia VIII/2 25 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
3.4   Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan Pengaruh Monopoli Perdagangan di Indonesia Disajikan  pernyataan tentang  perlawanan rakyat Indonesia pada masa kolonialisme , peserta didik dapat mennganalisis faktor-faktor yang menyebabkan gagalnya perlawanan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah VIII/2 26 penalaran Pilihan Ganda
Organisasi Pergerakan Nasional Disajikan  tabel organisasi pergerakan nasional, Peserta didik dapat menganalisis  corak dan sifat perjuangan organisasi pergerakan nasional di Indonesia VIII/2 27 penalaran Pilihan Ganda
Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan Disajikan pernyataan tentang munculnya nasionalisme Indonesia, Peserta didik dapat mengidentifikasi latar belakang munculnya nasionalisme Indonesia VIII/2 28 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
3.1. Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik. Letak dan Luas Benua Asia  dan Benua lainnya Berdasarkan tabel negara-negara di Benua Amerika, Peserta didik dapat mengidentifikasi kelompok negara-negara yang terdapat di kawasan Amerika  Selatan IX/1 31 aplikasi  Pilihan Ganda
Dinamika Penduduk Benua-Benua di Dunia Berdasarkan pernyataa tentang ciri fisik penduduk yang tinggal di dunia, siswa dapat mengidentifikasi Ras Kaukasoid yang tinggal di Benua Eropa IX/1 32 penalaran Pilihan Ganda
Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya  Disajikan pernyataan tentang perubahan dilihat berdasarkan waktunya, peserta didik dapat mengidentifikasi gambar manakah yang mengalami perubahan sosial budaya secara lambat IX/1 33 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
3.2. Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan. Pasar Bebas Disajikan wacana tentang perdagangan bebas, Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak positif perdagangan bebas  IX/2 34 aplikasi  Pilihan Ganda
Bentuk Globalisasi Disajikan pernyataan tentang globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh globalisasi dalam bidang ekonomi IX/2 35 penalaran Pilihan Ganda
Dampak Globalisasi Disajikan pernyataan tentang dampak globalisasi, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh dampak negatif globalisasi IX/2 36 aplikasi  Pilihan Ganda
3.3.Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat Perdagangan Internasional Disajikan pernyataan tentang hambatan perdagangan internasional. Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh hambatan perdagangan internasional IX/2 37 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif Disajikan wacana, Peserta didik dapat menentukan upaya meningkatkan ekonomi kreatif   IX/2 38 aplikasi  Pilihan Ganda
Pasar Bebas Disajikan wacana tentang perdagangan bebas, Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak positif perdagangan bebas  IX/2 39 penalaran Pilihan Ganda
Pasar Bebas Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan WTO IX/2 40 Pengetahuan dan Pemahaman Pilihan Ganda
             
      Sukabumi, 12 Maret 2020
      Guru Mata Pelajaran
       
       
      Yayah Masripah

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.