| SMP IT ALHUDA SUKABUMI | |||||||||||
| Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 7 | |||||||||||
| Guru Mapel : Yayah Masripah, M,Pd | |||||||||||
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi | No soal | Bentuk Soal | Aspek | Tingkat Kesukaran | ||||
| C1 | C2 | C3 | Md | Sd | Sk | ||||||
| Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | Kemampuan menjelaskan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia | Murid menemukan pengertian tentang letak astronomis suatu wilayah | Pengertian letak astronomis | 2,8 | PG | v | 
 | 
 | v | 
 | 
 | 
| Murid menemukan letak astronomis Indonesia | Letak astronomis Indonesia | 1,3,11 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | ||
| Murid menemukan alas an Indonesia beriklim tropis | Ciri-ciri Negara Tropis | 5,12 | PG | 
 | 
 | v | 
 | v | 
 | ||
| Murid mampu menjelaskan keuntungan letak astronomis | Keuntungan letak astronomis | 49,50 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | ||
| Murid menemukan pengertian letak geografis | Pengertian letak geografis | 4,7 | PG | v | 
 | 
 | v | 
 | 
 | ||
| Murid menemukan letak geografis Indonesia | Letak geografis Indonesia | 13,14 | PG | 
 | v | 
 | v | 
 | 
 | ||
| Murid menyebutkan batas-batas Negara Indonesia | Batas-batas Negara Indonesia | 6,47,48 | PG | 
 | 
 | v | v | 
 | 
 | ||
| Murid menemukan dampak positif dan dampak negative letak geografis Indonesia | dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia | 46 | PG | 
 | 
 | v | 
 | v | 
 | ||
| Murid mampu menyebutkan pengertian tentang iklim dan pembagian iklim di Indonesia | iklim dan pembagian iklim di Indonesia | 9,11 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | ||
| Iklim Musim | 17,18 | PG | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | |||
| Proses Hidrologi | 45 | PG | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | |||
| Murid mampu menjelaskan tentang Angin Muson Barat | Angin Muson Barat | 15,19 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | ||
| Murid mampu menjelaskan tentang Angin Muson Timur | Angin Muson Timur | 20 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | ||
| Murid menyebutkan pengertian tenaga eksogen dan macam-macam tenaga eksogen | Pengertian tenaga Eksogen | 24 | PG | v | 
 | 
 | 
 | 
 | v | ||
| Murid menyebutkan pengertian tenaga eksogen dan macam-macam tenaga eksogen | Macam-macam tenaga eksogen | 33 | PG | 
 | v | 
 | 
 | 
 | v | ||
| Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | Kemampuan menjelaskan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia | Murid menyebutkan pengertian tenaga endogen | Pengertian Tenaga Endogen | 21,41 | PG | v | 
 | 
 | 
 | 
 | v | 
| Murid menyebutkan pengertian tenaga endogen dan macam-macam tenaga endogen | Macam-macam tenaga endogen | 22,23,49 | PG | 
 | v | 
 | 
 | 
 | v | ||
| Murid mampu menyebutkan pengertian bentuk muka bumi | pengertian bentuk muka bumi | 43 | PG | v | 
 | 
 | v | 
 | 
 | ||
| Murid mampu menyebutkan macam-macam bentuk muka bumi | Pantai | 25,42 | PG | 
 | v | 
 | v | 
 | 
 | ||
| Dataran Rendah | 26,27,38 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | |||
| Dataran Tinggi | 28,39 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | |||
| Gunung | 37 | PG | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | |||
| Aktivitas penduduk | Dataran Rendah | 29,30 | PG | 
 | 
 | v | 
 | v | 
 | ||
| Dataran Tinggi | 32,44 | PG | 
 | 
 | v | 
 | v | 
 | |||
| Gunung | 31 | PG | 
 | 
 | v | 
 | v | 
 | |||
| Potensi Bencana alam | Dataran Rendah | 34,35 | PG | 
 | 
 | v | v | 
 | 
 | ||
| Dataran Tinggi | 36 | PG | 
 | 
 | v | v | 
 | 
 | |||
| Sukabumi, 28 Agustus 2017 | |||||||||||
| Guru Mata Pelajaran | |||||||||||
| Yayah Masripah, M.Pd | |||||||||||



