MODUL TM 4. IPS-7A & 7B LETAK DAN LUAS INDONESIA

LETAK DAN LUAS INDONESIA

     
   
 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Letak suatu tempat menunjukkan posisinya diantara tempat lain dan menunjukkan pula karakteristik tempat tersebut. Sebagai contoh, suatu tempat berada di daerah pantai. Karakteristik tempat tersebut dapat diidentifikasi bersuhu tinggi, berupa dataran rendah, sebagian masyarakatnya bekerja sebagai nelayan, dan seterusnya. Letak juga menunjukkan posisi suatu tempat terhadap tempat lainnya. Dalam hal ini, ada tempat yang strategis, terisolasi, dan seterusnya. Sebagai contoh, suatu tempat berada di pusat kota. Karena letaknya, tempat tersebut dapat dicapai dari berbagai lokasi dengan mudah, sehingga menjadi pusat kegiatan penduduk.

Perhatikan peta dibawah ini !

 

Letak astronomis Indonesia

Berdasarkan letak astronomisnya Indonesia terletak diantara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Berdasarkan letak astronomis seperti pada gambar diatas maka Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis. Selain dilihat dari letak berdasarkan titik koordinatnya (letak astronomis) letak suatu wilayah juga dilihat berdasarkan posisi atau letak sebenarnya di permukaan bumi (letak geografis). Untuk melihat letak geografis Indonesia perhatikan gambar dibawah ini!

 

Letak geografis Indonesia

Setelah melihat gambar di atas tahukah kamu dimana letak geografis Indonesia?

Berdasarkan letak geografisnya Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudera. Benua yang dimaksud adalah benua Asia dan Benua Australia. Selain terletak diantara dua benua, Indonesia juga terletak diantara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Karena letak geografisnya Indonesia dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur yang menyebabkan Indonesia memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Wilayah Indonesia juga berbatasan dengan sejumlah wilayah. Wilayah tersebut berupa wilayah suatu negara maupun wilayah samudera. Untuk dapat mengetahui batas wilayah Indonesia perhatikan peta berikut ini!

 

Peta perbatasan wilayah Indonesia

Setelah melihat peta perbatasan wilayah Indonesia diatas dapatkah kalian menyebutkan batas-batas wilayah Indonesia? Batas wilayah Indonesia adalah sebagai berikut :

• Sebelah utara : Malaysia, Singapura, Filipina dan Laut Cina Selatan

• Sebelah Selatan : Timor Leste, Australia, Samudera Hindia

• Sebelah Barat : Samudera Hindia

• Sebelah Timur : Papua Nugini dan Samudera Pasifik

 

Keuntungan dari letak geografis Indonesia

Keuntungan dari letak geografis Indonesia adalah Indonesia dilalui jalur perdagangan dan pelayaran dunia antara lain negara-negara Asia Timur dengan negara negara di Eropa, Timur Tengah dan India. Kapal-kapal dagang dari Jepang, Cina dan negara Asia Timur lainnya yang menuju ke Eropa melalui Indonesia dan juga sebaliknya. Indonesia juga dilalui jalur perdagangan antara Asia ke Australia dan Selandia Baru.

Berikut adalah peta posisi Indonesia pada jalur perdagangan internasional.

 

Posisi Indonesia pada jalur perdagangan dunia

 

Letak geografis memberi pengaruh bagi Indonesia, baik secara sosial, ekonomi, maupun budaya. Karena menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia, maka bangsa Indonesia telah lama menjalin interaksi sosial dengan bangsa lain. Selain interaksi dalam bidang perdagangan terjalin pula interaksi dalam bidang sosial dan budaya. Sehingga masuklah budaya asing ke Indonesia. Jika kamu perhatikan peta jalur perhubungan dunia, tampak banyak alternatif rute pelayaran dunia. Jalur pelayaran tersebut melewati sejumlah selat di dunia. Walaupun tampak rumit, rute pelayaran utama (core route) pelayaran dunia relatif sederhana, yaitu menghubungkan Amerika Utara, Eropa dan Asia Pasifik melalui Terusan Suez, Selat Malaka, dan Terusan Panama. Indonesia dilalui oleh jalur pelayaran utama dunia. Jalur utama tersebut merupakan jalur pelayaran perdagangan paling penting dan melayani pasar utama dunia.Indonesia berada di Benua Asia yang saat ini perkembangan ekonominya sangat cepat.

Selain memiliki letak yang sangat strategis Indonesia juga memiliki wilayah yang sangat luas. Tahukah kamu berapa luas wilayah Indonesia? Indonesia merupakan salah satu negara terluas didunia dengan total luas negara 5.193.250 km² mencakup daratan dan lautan. Luas daratan Indonesia adalah 1.919.440 km² terdiri dari 17.508 pulau. Indonesia terbentang seoanjang 3.977 mil dengan luas lautan sekitar 3.273.810 km². Lautan Indonesia memiliki batas 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif 200 mil.

Letak astronomis memberikan sebuah dampak, baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Berikut adalah keuntungan dari letak astronomis wilayah Indonesia :

1.  Indonesia Hanya Mempunyai Dua Iklim

Indonesia merupakan salah satu negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Hal ini menyebabkan negara ini selalu disinari oleh matahari. Tidak ada musim dingin di wilayah ini. 

2.  Indonesia Sebagai Paru-Paru Dunia

Letak astronomis Indonesia menjadikan wilayah Indonesia sebagai wilayah tropis sehingga menjadi daerah ini mempunyai hutan hujan tropis yang sangat luas dan subur. Oleh karena itulah Indonesia di juluki sebagai paru-paru dunia.

3.  Indonesia Memiliki Tanah yang Subur

Iklim tropis menjadikan wilayah Indonesia sangat subur. Dengan curah hujan yang sangat tinggi serta intensitas cahaya matahari yang cukup membuat tumbuh-tumbuhan di negara ini tumbuh dengan subur. Sehingga negara ini sangat cocok dijadikan daerah perkebunan dan pertanian. Oleh karena itu, Negara Indonesia terkenal sebagai negara agraris.

4.  Indonesia Memiliki Curah Hujan yang Tinggi

Curah hujan di wilayah Indonesia terbilang cukup tinggi. Itulah yang menyebabkan negara ini tidak pernah kekeringan. Akan tetapi curah hujan yang sangat tinggi juga mempunyai dampak negatif dibeberapa daerah, seperti banjir dan tanah longsor.

5.  Indonesia Memiliki Keaneka Ragaman Flora dan Fauna

Indonesia memiliki kekayaan hayati yang sangat melimpah. Sehingga menyebabkan ekosistem yang seimbang. Hal itu juga mendukung perkembangan dan pertumbuhan berbagai jenis flora dan fauna yang ada di Indonesia.

6.  Indonesia Sebagai Daerah Pariwisata

Selain beriklim tropis, negara ini juga memiliki jumlah pulau yang sangat banyak. Inilah yang menyebabkan Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat melimpah. Banyak spot-spot bagus yang bisa dijadikan tempat wisata.

Mulai dari daerah pantai, gunung, padang rumput, danau, sungai, dan yang lainnya. Semua itu merupakan kekayaan yang dimiliki oleh negara ini yang harus kita jaga untuk bangsa yang lebih baik.

7.  Menambah Devisa Negara

Sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata turut menyumbang devisa untuk negara ini. Hal itu turut di dukung oleh letak astronomis negara ini. Iklim tropis menyebabkan negara ini sangat subur dan kaya akan keaneka ragaman hayatinya.

 

Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis Indonesia menyebabkan wilayah ini tergolong sebagai negara yang beriklim tropis atau panas. Sebagai akibatnya, negara ini mempunyai beberapa pengaruh sebagai berikut ini :

  1. Negara ini mempunyai temperatur yang sangat tinggi yaitu antara 26°C – 28°C.
  2. Mempunyai curah hujan yang sangat tinggi yang dapat mencapai 200 mm per tahunnya.
  3. Temperatur yang sangat tinggi mengakibatkan terjadinya hujan zenithal atau yang dikenal dengan nama hujan equator.
  4. Terjadinya pelapukan bebatuan di wilayah ini terbilang sangat cepat.
  5. Keanekaragaman hayati begitu melimpah ketimbang di daerah lainnya.
  6. Munculnya gejala sosial yang sangat khas karena dipengaruhi oleh adaptasi penduduk terhadap iklim tropis.
  7. Menyebabkan negara ini memiliki 3 pembagian waktu, yaitu WIT, WITA, WIB.

 

Batas Wilayah Indonesia secara Astronomis

 

Dilihat dari letak astronomisnya, berikut adalah penjelasan mengenai perbatasan Negara Indonesia :

  1. 1.    Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara

Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia, tepatnya disebalah utara Pulau Kalimantan (Borneo). Wilayah laut Indonesia bagian utara berbatasan langsung dengan 5 Negara tetangga, yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

  1. 2.    Batas Wilayah Indonesia Bagian Barat

Pada bagian barat, Indonesia berbatasan dengan samudera hindia dan perairan negara India. Tidak ada negara yang berbatasan langsung dengan wilayah darat negara Indonesia pada bagian barat.

  1. 3.    Batas Wilayah Indonesia Bagian Timur

Pada bagian timur, Indonesia berbatasan langsung dengan daratan Papua Nugini dan perairan samudera pacifik. Indonesia dan Papua Nugini telah sepakat berhubungan bilateral antara kedua negara tentang batas-batas wilayah negara mereka. 

  1. 4.    Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan

Pada bagian selatan, Indonesia berbatasan langsung dengan wilayah darat Timor Leste, perairan Australia, dan Samudera Hindia.

Timor Leste merupakan sebuah negara yang dulunya merupakan bagian dari Indonesia. Namun pada akhirnya Timor Leste lebih memilih untuk melepaskan diri dari Indonesia.

 

LEMBAR KERJA SISWA 1

 

 

 

 

 

 

Perkembangan Jalur Transportasi dan Perdagangan Internasional Indonesia

 

Sumber Gambar : Blog Ruang Guru : Sejarah perkembangan Tranpsortasi dan perdagangan internasional di Indonesia

Selain yang telah disebutkan pada bagan di atas, saat ini Indonesia merupakan salah satu negara maritim yang perlu diperhitungkan. Penyebabnya karena Indonesia memiliki 4 chokepoint dari 10 chokepoint di seluruh dunia. Keempat chokepoint tersebut berada di Selat Malaka (antara dataran Asia dan Pulau Sumatera), Selat Sunda (antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa), Selat Lombok (antara Pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat), dan Selat Ombai-Wetar (antara Pulau Alor dan dataran Sunda Kecil).

 

 

 

 

 

 

Selain empat lokasi tersebut, berikut ini adalah berbagai jalur transportasi dan perdagangan internasional Indonesia saat ini:

  1. Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) adalah alur laut yang ditetapkan sebagai alur untuk pelaksanaan Hak Lintas Alur Laut Kepulauan berdasarkan konvensi hukum laut internasional. Di Indonesia, terdapat ALKI I (Selat Sunda), ALKI II (Selat Lombok), dan ALKI III (Selat Ombai-Wetar).
  2. Indonesia terletak pada posisi silang di antara Benua Asia dan Australia, serta di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Lokasi ini menguntungkan Indonesia karena menjadi inti jalur perdagangan lalu lintas dunia dan menjadi jalur transportasi negara-negara lain.
  3. Jalur laut adalah jalur yang paling efisien untuk mengangkut barang dalam jumlah besar.
  1. Indonesia terletak di jalur strategis perdagangan internasional yang disebut jalur sutra laut, yaitu dari Tiongkok dan Indonesia, melalui Selat Malaka ke India.
  2. Berkaitan dengan jalur perdagangan laut, pemerintah Indonesia memiliki rencana membangun tol laut. Tujuannya adalah untuk meratakan distribusi orang, barang maupun jasa melalui jalur laut ke seluruh Indonesia dengan biaya terjangkau dan efisien.

Saat ini sudah ada 13 trayek tol laut di Indonesia. Dari 13 trayek yang ada, 11 di antaranya berada di kawasan timur Indonesia. Adapun dua trayek sisanya berada di kawasan barat Indonesia.

 

LEMBAR KERJA SISWA 2

 

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.