MODUL TM 6. IPS 7A & 7B SDA

PERTEMUAN KE 6.

Pada kegiatan pembelajaran ke-6, kalian akan mempelajari tentang Sumber Daya Alam berupa Sumber Daya Alam Tambang. Perhatikanlah keadaan sekitar tempat tinggal kamu masing-masing. Adakah kegiatan penambangan yang dilakukan oleh penduduk di sekitar tempat tinggalmu? Kegiatan penambangan apakah yang umumnya dilakukan oleh mereka? Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akna bahan tambang. Beraneka bahan tambang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dalam negerimaupun luar negeri. Aktivitas pertambangan telah menghasilkan banyak penghasilan atau devisa bagi Indonesia. Seberapa besarkah potensi tambang di Indonesia? Dimanakah jenis dan lokasi pertambangan di Indonesia? Utnuk menjawabnya perhatikan peta berikut ini.

 

 

  1. a.         PENGERTIAN SDA TAMBANG

Berdasarkan sifat pembaharuannya, sumber daya alam dibagi jadi 2 jenis, yakni sumber daya alam yang bisa diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Barang tambang termasuk dalam sumber daya alam tak dapat diperbarui karena sebagian besar telah terbentuk sejak zaman purba dan butuh waktu sangat lama bila hendak diperbarui kembali.

Barang tambang merupakan sumber daya alam, baik berupa bukan mineral, mineral logam, maupun mineral bukan logam yang berasal dari dalam bumi. Pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan sampai berjuta-juta tahun, untuk itulah barang tambang termasuk dalam SDA tak dapat diperbarui.

Klasifikasi Barang Tambang

  • Berdasarkan Manfaat & Kegunaannya

Berdasarkan manfaat dan kegunaannya, menurut Undang-Undang No. 11 Tahun 1967, barang tambang dibagi dalam 3 golongan, yaitu sebagai berikut.

  1. 1.       Golongan A

Barang ini termasuk dalam barang tambang strategis dan berperan penting bagi perekonomian negara. Contohnya, batu bara, minyak bumi, gas alam, nikel, tembaga, dan timah.

  1. 2.       Golongan B

Golongan yang satu ini disebut sebagai barang tambang vital dan penting bagi kehidupan banyak orang. Contohnya, emas, belerang, perak, tembaga, platina, dan lain-lain.

  1. 3.       Golongan C

Tambang yang dikelola oleh masyarakat dan digunakan untuk keperluan industri. Contohnya, fosfat, kaolin, gipsum, batu gamping, marmer, gips, dan lain-lain.

  • Berdasarkan Bentuknya
  1. Berbentuk energi: minyak bumi, gas alam, batubara, uranium.
  2. Berbentuk mineral logam: tembaga, bijih besi, emas, timah, nikel, perak.
  3. Berbentuk mineral bukan logam: belerang, gamping, intan, fosfat, pasir kuarsa, marmer.
  4. Mineral organik: berasal dari sisa-sisa makhluk hidup. Misalnya minyak bumi, batubara, gas alam.
  5. Mineral anorganik: berasal dari sisa-sisa bahan anorganik. Misalnya batu, pasir kuarsa, kaolin, yodium.
  • Berdasarkan Asal Pembentukannya

Proses Terbentuk

Ternyata ada beberapa macam proses pembentukan barang ini loh, Quipperian. Apa saja?

  • Proses konsentrasi magma
  • Proses sublimasi
  • Proses hidrotermal
  • Proses endapan sedimen
  • Proses metamorfosis

 Jenis-jenis Barang Tambang

 Apa saja sih? Cari tahu di bawah ini, ya.

  1. Batu bara
  2. Minyak bumi
  3. Gas alam

A) Berikut yang termasuk mineral logam:

  1. Timah putih
  2. Tembaga
  3. Bauksit
  4. Besi
  5. Nikel
  6. Emas, perak, dan platina
  7. Mangan

B) Berikut yang termasuk mineral bukan logam:

  1. Aspal.
  2. Batu granit.
  3. Intan.
  4. Kaolin.
  5. Batu gamping.
  6. Marmer.
  7. Belerang.
  8. Pasir kuarsa.
  9. Fosfat.

10. Yodium.

 


B. Minyak Bumi


Minyak bumi atau dikenal juga sebagai emas hitam merupakan cairan kental, cokelap gelap, atau kehijauan yang muda terbakar yang terdapat pada lapisan teratas dari beberapa area di kerak bumi. Tidak semua negara memiliki minyak bumi. Indonesia salah satu negara yang memiliki minyak bumi. Minyak bumi dimanfaatkan sebagai sumber energi kendaraan bermotor, mesin pabrik, dan lain-lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C. Batu Bara

 


Batu  bara merupakan bahan bakar fosil yang terbentuk dari tumbuhan yang mati dan kemudian tertimbun selama jutaan tahun. Indonesia merupakan penghasil batu bara terbesar kelima di dunia. Negara ini menjadi negara pengekspor batu bara terbesar di dunia karena masih minimnya pemanfaatan batu bara di dalam negeri. Negara tujuan ekspor batu bara Indonesia di antaranya Hongkong, Taiwan, China, Korea Selatan, Jepang, India, Eropa, dan Italia.

 

 


Sebaran batu bara dunia menunjukkan adanya negara penghasil batu bara. Negara penghasil batu bara terbatas jumlahnya, yaitu China (3,6 miliar ton), Amerika Serikat (800 juta - 1 miliar ton), India (585 juta ton), Australia (414 juta ton), Indonesia (376 juta ton), Rusia (334 jta ton), Afrika Selatan (253 juta ton), Jerman (189 juta ton), Polandia (139 juta ton).


Di Indonesia, batu bara dimanfaatkan sebagai sumber energi. Namun pemanfaatannya masih kalah dibandingkan dengan pemanfaatan BBM. Beberapa kendala masih minimnya pemanfaatan batu bara adalah karena masarakat belum terbiasa menggunakan batu bara dan minimnya sosialiasi tentang manfaat batu bara. BBM dinilai lebih praktis dan tidak menimbulkan polusi walaupun harganya lebih mahal.

 

D.  Gas Alam

Indonesia memiliki cadangan gas alam sebesar 2,8 triliun meter kubit. Jumlah ini tidak terlampau besar jika dibandingkan dengan jumlah gas alam yang dihasilkan beberapa penghasil gas alam lainnya. Cadangan gas alam Indonesia hanya 1,5% dari cadangan gas alam dunia. Negara yang memiliki cadangan gas alam secara berurutan : Rusia 48 triliun meter kubik, iran 27 trilun meter kubik, dan Qatar 26 triliun meter kubit.


Walaupun persentasenya kecil, namun Indonesia merupakan negara pengekspor gas alam terbesar di dunia. Negara tujuan ekspor gas alam Indonesia adalah Jepang, Korea, Taiwan, China, dan AS.

 

       
     
 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel Persebaran Batu Bara, Minyak Bumi, dan Hutan


No

Batu Bara

No

Minyak Bumi

No

Hutan

 

1

2

3

4

5

6

7

8

 

..................................

..................................

..................................

..................................

..................................

..................................

..................................

..................................

 

1

2

3

4

5

6

7

8

 

..................................

..................................

..................................

..................................

..................................

..................................

..................................

..................................

 

A

B

C

 

..................................

..................................

..................................


Rincian Tugas/kegiatan

  1. Baca wacana/ materi pelajaran diatas !
  2. Perhatikan peta persebaran minyak bumi, batu bara dan hutan !
  3. Isi tabel diatas dengan nama negara persebaran tambang batu bara yang ditandai dengan angka 1 - 8,  minyak bumi berdasarkan persebaran tambang minyak bumi dan hutan tropis yang ditandai dengan huruf A, B dan C !

Pertanyaan

  1. Sebutkan delapan negara penghasil batu bara di dunia ?
  2. Sebutkan 10 negara penghasil minyak bumi di dunia ?
  3. Sebutkan 3 negara yang memiliki hutan tropis terluas didunia ?

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.