| SMP IT ALHUDA SOEKABOEMI | |||||||||||
| Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 7 | |||||||||||
| Guru Mapel : Yayah Masripah, M,Pd | |||||||||||
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi | No soal | Bentuk Soal | Aspek | Tingkat Kesukaran | ||||
| C1 | C2 | C3 | Md | Sd | Sk | ||||||
| Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | Kemampuan menjelaskan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia | Murid menemukan pengertian tentang letak astronomis suatu wilayah | Pengertian letak astronomis | 1,7 | PG | v | 
 | 
 | v | 
 | 
 | 
| Murid menemukan letak astronomis Indonesia | Letak astronomis Indonesia | 2 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | ||
| Murid menemukan alas an Indonesia beriklim tropis | Ciri-ciri Negara Tropis | 4 | PG | 
 | 
 | v | 
 | v | 
 | ||
| Murid mampu menjelaskan keuntungan letak astronomis | Keuntungan letak astronomis | 8 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | ||
| Murid menemukan pengertian letak geografis | Pengertian letak geografis | 6 | PG | v | 
 | 
 | v | 
 | 
 | ||
| Murid menemukan letak geografis Indonesia | Letak geografis Indonesia | 3,9 | PG | 
 | v | 
 | v | 
 | 
 | ||
| Murid menyebutkan batas-batas Negara Indonesia | Batas-batas Negara Indonesia | 5 | PG | 
 | 
 | v | v | 
 | 
 | ||
| Murid menemukan dampak positif dan dampak negative letak geografis Indonesia | dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia | 10 | PG | 
 | 
 | v | 
 | v | 
 | ||
| Murid mampu menyebutkan pengertian tentang iklim dan pembagian iklim di Indonesia | iklim dan pembagian iklim di Indonesia | 12,14 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | ||
| Murid mampu menjelaskan tentang Angin Muson Barat | Angin Muson Barat | 11,13 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | ||
| Murid mampu menjelaskan tentang Angin Muson Timur | Angin Muson Timur | 15,16 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | ||
| Murid menyebutkan pengertian tenaga eksogen dan macam-macam tenaga eksogen | Pengertian tenaga Eksogen | 20 | PG | v | 
 | 
 | 
 | 
 | v | ||
| Murid menyebutkan pengertian tenaga eksogen dan macam-macam tenaga eksogen | Macam-macam tenaga eksogen | 29 | PG | 
 | v | 
 | 
 | 
 | v | ||
| Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | Kemampuan menjelaskan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia | Murid menyebutkan pengertian tenaga endogen | Pengertian Tenaga Endogen | 17 | PG | v | 
 | 
 | 
 | 
 | v | 
| Murid menyebutkan pengertian tenaga endogen dan macam-macam tenaga endogen | Macam-macam tenaga endogen | 18,19 | PG | 
 | v | 
 | 
 | 
 | v | ||
| Murid mampu menyebutkan pengertian bentuk muka bumi | pengertian bentuk muka bumi | 
 | PG | v | 
 | 
 | v | 
 | 
 | ||
| Murid mampu menyebutkan macam-macam bentuk muka bumi | Pantai | 21 | PG | 
 | v | 
 | v | 
 | 
 | ||
| Dataran Rendah | 22,23,24 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | |||
| Dataran Tinggi | 28 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | |||
| Aktivitas penduduk | Dataran Rendah | 26 | PG | 
 | 
 | v | 
 | v | 
 | ||
| Dataran Tinggi | 25 | PG | 
 | 
 | v | 
 | v | 
 | |||
| Gunung | 27 | PG | 
 | 
 | v | 
 | v | 
 | |||
| Potensi Bencana alam | Dataran Rendah | 30,31 | PG | 
 | 
 | v | v | 
 | 
 | ||
| Dataran Tinggi | 32 | PG | 
 | 
 | v | v | 
 | 
 | |||
| Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik. | Pengertian Manusia Praaksara | Pengertian Manusia Praaksara | 42 | PG | v | 
 | 
 | v | 
 | 
 | 
| Ciri-ciri manusia praaksara | 38,43 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | |||
| Kehidupan Masyarakat Praaksara dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan politik | Kehidupan sosial dan ekonomi manusia praaksara | 39 | PG | 
 | v | 
 | 
 | 
 | v | ||
| peninggalan manusia praaksara | 46,37 | PG | 
 | v | 
 | 
 | 
 | v | |||
| Jenis-jenis manusia praaksara | 41 | PG | v | 
 | 
 | 
 | v | 
 | |||
| Pembagian Zaman Batu | Pembagian zaman batu | 40 | PG | v | 
 | 
 | 
 | 
 | v | ||
| Mendeskripsikan kehidupan masyarakat pada zaman Hindu dan Budha | Teori masuknya Agama Hindu Budha ke Indonesia | 35 | PG | 
 | v | 
 | 
 | 
 | v | ||
| 47 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | ||||
| Kerajaan Hindu Budha | 50 | PG | 
 | v | 
 | v | 
 | 
 | |||
| Mengidentifikasi corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu Budha dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan | Corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu Budha dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan | 36 | PG | 
 | 
 | v | 
 | v | 
 | ||
| 44 | PG | 
 | 
 | v | 
 | v | 
 | ||||
| Mengidentifikasi peninggalan sejarah pada masyarakat zaman Hindu Budha di bidang keagamaan, politik, sosial, pendidikan, sastra, dan arsitektur | Peninggalan sejarah pada masyarakat zaman Hindu Budha di bidang keagamaan, politik, sosial, pendidikan, sastra, dan arsitektur | 45 | PG | 
 | v | 
 | 
 | 
 | v | ||
| Mendeskripsikan kehidupan masyarakat pada zaman Islam | Teori masuknya Agama Islam ke Indonesia | 33 | PG | 
 | v | 
 | 
 | 
 | v | ||
| Kerajaan- Kerajaan yang bercorak Islam di Indonesia | 34,48 | PG | 
 | 
 | v | 
 | v | 
 | |||
| Mengidentifikasi corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Islam dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan | Corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Islam dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan | 49 | PG | 
 | v | 
 | 
 | v | 
 | ||
| Sukabumi, 28 Agustus 2017 | |||||||||||
| Guru Mata Pelajaran | |||||||||||
| Yayah Masripah, M.Pd | |||||||||||



