|
SMP IT ALHUDA SOEKABOEMI |
|||||||||||
|
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 7 |
|||||||||||
|
Guru Mapel : Yayah Masripah, M,Pd |
|||||||||||
|
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
No soal |
Bentuk Soal |
Aspek |
Tingkat Kesukaran |
||||
|
C1 |
C2 |
C3 |
Md |
Sd |
Sk |
||||||
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
Kemampuan menjelaskan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia |
Murid menemukan pengertian tentang letak astronomis suatu wilayah |
Pengertian letak astronomis |
1,7 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
|
Murid menemukan letak astronomis Indonesia |
Letak astronomis Indonesia |
2 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
||
|
Murid menemukan alas an Indonesia beriklim tropis |
Ciri-ciri Negara Tropis |
4 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
||
|
Murid mampu menjelaskan keuntungan letak astronomis |
Keuntungan letak astronomis |
8 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
||
|
Murid menemukan pengertian letak geografis |
Pengertian letak geografis |
6 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
||
|
Murid menemukan letak geografis Indonesia |
Letak geografis Indonesia |
3,9 |
PG |
|
v |
|
v |
|
|
||
|
Murid menyebutkan batas-batas Negara Indonesia |
Batas-batas Negara Indonesia |
5 |
PG |
|
|
v |
v |
|
|
||
|
Murid menemukan dampak positif dan dampak negative letak geografis Indonesia |
dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia |
10 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
||
|
Murid mampu menyebutkan pengertian tentang iklim dan pembagian iklim di Indonesia |
iklim dan pembagian iklim di Indonesia |
12,14 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
||
|
Murid mampu menjelaskan tentang Angin Muson Barat |
Angin Muson Barat |
11,13 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
||
|
Murid mampu menjelaskan tentang Angin Muson Timur |
Angin Muson Timur |
15,16 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
||
|
Murid menyebutkan pengertian tenaga eksogen dan macam-macam tenaga eksogen |
Pengertian tenaga Eksogen |
20 |
PG |
v |
|
|
|
|
v |
||
|
Murid menyebutkan pengertian tenaga eksogen dan macam-macam tenaga eksogen |
Macam-macam tenaga eksogen |
29 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
||
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
Kemampuan menjelaskan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia |
Murid menyebutkan pengertian tenaga endogen |
Pengertian Tenaga Endogen |
17 |
PG |
v |
|
|
|
|
v |
|
Murid menyebutkan pengertian tenaga endogen dan macam-macam tenaga endogen |
Macam-macam tenaga endogen |
18,19 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
||
|
Murid mampu menyebutkan pengertian bentuk muka bumi |
pengertian bentuk muka bumi |
|
PG |
v |
|
|
v |
|
|
||
|
Murid mampu menyebutkan macam-macam bentuk muka bumi |
Pantai |
21 |
PG |
|
v |
|
v |
|
|
||
|
Dataran Rendah |
22,23,24 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
|||
|
Dataran Tinggi |
28 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
|||
|
Aktivitas penduduk |
Dataran Rendah |
26 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
||
|
Dataran Tinggi |
25 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
|||
|
Gunung |
27 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
|||
|
Potensi Bencana alam |
Dataran Rendah |
30,31 |
PG |
|
|
v |
v |
|
|
||
|
Dataran Tinggi |
32 |
PG |
|
|
v |
v |
|
|
|||
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik. |
Pengertian Manusia Praaksara |
Pengertian Manusia Praaksara |
42 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
|
Ciri-ciri manusia praaksara |
38,43 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
|||
|
Kehidupan Masyarakat Praaksara dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan politik |
Kehidupan sosial dan ekonomi manusia praaksara |
39 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
||
|
peninggalan manusia praaksara |
46,37 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
|||
|
Jenis-jenis manusia praaksara |
41 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
|||
|
Pembagian Zaman Batu |
Pembagian zaman batu |
40 |
PG |
v |
|
|
|
|
v |
||
|
Mendeskripsikan kehidupan masyarakat pada zaman Hindu dan Budha |
Teori masuknya Agama Hindu Budha ke Indonesia |
35 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
||
|
47 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
||||
|
Kerajaan Hindu Budha |
50 |
PG |
|
v |
|
v |
|
|
|||
|
Mengidentifikasi corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu Budha dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan |
Corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu Budha dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan |
36 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
||
|
44 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
||||
|
Mengidentifikasi peninggalan sejarah pada masyarakat zaman Hindu Budha di bidang keagamaan, politik, sosial, pendidikan, sastra, dan arsitektur |
Peninggalan sejarah pada masyarakat zaman Hindu Budha di bidang keagamaan, politik, sosial, pendidikan, sastra, dan arsitektur |
45 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
||
|
Mendeskripsikan kehidupan masyarakat pada zaman Islam |
Teori masuknya Agama Islam ke Indonesia |
33 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
||
|
Kerajaan- Kerajaan yang bercorak Islam di Indonesia |
34,48 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
|||
|
Mengidentifikasi corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Islam dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan |
Corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Islam dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan |
49 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
||
|
Sukabumi, 28 Agustus 2017 |
|||||||||||
|
Guru Mata Pelajaran |
|||||||||||
|
Yayah Masripah, M.Pd |
|||||||||||



