IPS TERPADU KISI-KISI UTS GANJIL KLS 7 TA.2017-2018

SMP IT ALHUDA SOEKABOEMI

Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 7

Guru Mapel : Yayah Masripah, M,Pd

                       

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi

No soal

Bentuk Soal

Aspek

Tingkat Kesukaran

C1

C2

C3

Md

Sd

Sk

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Kemampuan menjelaskan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia

Murid menemukan pengertian tentang letak astronomis suatu wilayah

Pengertian letak astronomis

1,7

PG

v

 

 

v

 

 

Murid menemukan letak astronomis Indonesia

Letak astronomis Indonesia

2

PG

 

v

 

 

v

 

Murid menemukan alas an Indonesia beriklim tropis

Ciri-ciri Negara Tropis

4

PG

 

 

v

 

v

 

Murid mampu menjelaskan keuntungan letak astronomis

Keuntungan letak astronomis

8

PG

 

v

 

 

v

 

Murid menemukan pengertian letak geografis

Pengertian letak geografis

6

PG

v

 

 

v

 

 

Murid menemukan letak geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia

3,9

PG

 

v

 

v

 

 

Murid menyebutkan batas-batas Negara Indonesia

Batas-batas Negara Indonesia

5

PG

 

 

v

v

 

 

Murid menemukan dampak positif dan dampak negative letak geografis Indonesia

dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia

10

PG

 

 

v

 

v

 

Murid mampu menyebutkan pengertian tentang iklim dan pembagian iklim  di Indonesia

iklim dan pembagian iklim di Indonesia

12,14

PG

 

v

 

 

v

 

Murid mampu menjelaskan tentang Angin Muson Barat

Angin Muson Barat

11,13

PG

 

v

 

 

v

 

Murid mampu menjelaskan tentang Angin Muson Timur

Angin Muson Timur

15,16

PG

 

v

 

 

v

 

Murid menyebutkan pengertian tenaga eksogen dan macam-macam tenaga eksogen

Pengertian tenaga Eksogen

20

PG

v

 

 

 

 

v

Murid menyebutkan pengertian tenaga eksogen dan macam-macam tenaga eksogen

Macam-macam tenaga eksogen

29

PG

 

v

 

 

 

v

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Kemampuan menjelaskan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia

Murid menyebutkan pengertian tenaga endogen

Pengertian Tenaga Endogen

17

PG

v

 

 

 

 

v

Murid menyebutkan pengertian tenaga endogen dan macam-macam tenaga endogen

Macam-macam tenaga endogen

18,19

PG

 

v

 

 

 

v

Murid mampu menyebutkan pengertian bentuk muka bumi

pengertian bentuk muka bumi

 

PG

v

 

 

v

 

 

Murid mampu menyebutkan macam-macam bentuk muka bumi

Pantai

21

PG

 

v

 

v

 

 

Dataran Rendah

22,23,24

PG

 

v

 

 

v

 

Dataran Tinggi

28

PG

 

v

 

 

v

 

Aktivitas penduduk

Dataran Rendah

26

PG

 

 

v

 

v

 

Dataran Tinggi

25

PG

 

 

v

 

v

 

Gunung

27

PG

 

 

v

 

v

 

Potensi Bencana alam

Dataran Rendah

30,31

PG

 

 

v

v

 

 

Dataran Tinggi

32

PG

 

 

v

v

 

 

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.

Pengertian Manusia Praaksara

Pengertian Manusia Praaksara

42

PG

v

 

 

v

 

 

Ciri-ciri manusia praaksara

38,43

PG

 

v

 

 

v

 

Kehidupan Masyarakat Praaksara dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan politik

Kehidupan sosial dan ekonomi manusia praaksara

39

PG

 

v

 

 

 

v

peninggalan manusia praaksara

46,37

PG

 

v

 

 

 

v

Jenis-jenis manusia praaksara

41

PG

v

 

 

 

v

 

Pembagian Zaman Batu

Pembagian zaman batu

40

PG

v

 

 

 

 

v

Mendeskripsikan kehidupan masyarakat pada zaman Hindu dan Budha

Teori masuknya Agama Hindu Budha ke Indonesia

35

PG

 

v

 

 

 

v

47

PG

 

v

 

 

v

 

Kerajaan Hindu Budha

50

PG

 

v

 

v

 

 

Mengidentifikasi corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu Budha dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan

Corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu Budha dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan

36

PG

 

 

v

 

v

 

44

PG

 

 

v

 

v

 

Mengidentifikasi peninggalan sejarah pada masyarakat zaman Hindu Budha di bidang keagamaan, politik, sosial, pendidikan, sastra, dan arsitektur

Peninggalan sejarah pada masyarakat zaman Hindu Budha di bidang keagamaan, politik, sosial, pendidikan, sastra, dan arsitektur

45

PG

 

v

 

 

 

v

Mendeskripsikan kehidupan masyarakat pada zaman Islam

Teori masuknya Agama Islam ke Indonesia

33

PG

 

v

 

 

 

v

Kerajaan- Kerajaan yang bercorak Islam di Indonesia

34,48

PG

 

 

v

 

v

 

Mengidentifikasi corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Islam  dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan

Corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Islam  dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan

49

PG

 

v

 

 

v

 

                       
         

Sukabumi,  28 Agustus 2017

 
         

Guru Mata Pelajaran

 
             
             
         

Yayah Masripah, M.Pd

 
                       

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.