RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP IT ALHUDA SUKABUMI
Kelas / Semester : VII / 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema 3 : Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan
Sub Tema 2 : Kegiatan Ekonomi
Alokasi Waktu : 6 JP
a. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B. Kompetensi Dasar (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD) |
INDIKATOR |
3.3 Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi |
3.3.3 Menjelaskan hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi 3.3.4 Menjelaskan kegiatan produksi 3.3.5 Menjelaskan kegiatan distribusi 3.3.6 Menjelaskan kegiatan konsumsi |
4.3. Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi |
4.3.1 Mempresentasikan hasil Diskusi kelompok tentang kegiatan ekonomi di depan kelas |
C. TUJUAN Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :
- Menjelaskan kegiatan produksi
- Menjelaskan kegiatan distribusi
- Menjelaskan kegiatan konsumsi
D. METODE Pembelajaran
1) Pendekatan : Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
E. Materi Pembelajaran
Kegiatan Ekonomi
a. Kegiatan produksi
b. Kegiatan distribusi
c. Kegiatan konsumsi
F. MEDIA, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
- Media
- Gambar tentang sumber daya alam
- LCD proyektor dan komputer serta tayangan slide power point (ppt) yang telah disiapkan.
- Sumber
- Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Edisi Revisi Kelas VII, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2016.
- Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE - 4, 5 & 6
1) Kegiatan Pendahuluan
- Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
- Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
- Guru memberi motivasi kepada peserta didik
- Guru melakukan apersepsi dengan mengajak siswa untuk mengamati keadaan di lingkungan sekitar mereka selanjutnya Guru menanyakan tentang kegiatan apa saja yang kalian lihat ?
- Peserta didik menerima informasi topik dan tujuan pembelajaran dari guru
2) Kegiatan Inti
Mengamati
- Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang kegiatan ekonomi:
Kegiatan produksi Pedagang menjual sayuran sebagai bentuk kegiatan distribusi
Orang sedang makan di restoran sebagai kegiatan konsumsi
Menanya
- Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang :
Kegiatan produksi
Kegiatan distribusi
Kegiatan konsumsi
- Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi, peserta didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan pokok/penting sebagai landasan untuk merumuskan jawaban sementara. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar.
Mengumpulkan Informasi
- Peserta didik membaca buku teks pelajaran /referensi lain yang relevan tentang kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi)
- Peserta didik mencari informasi tentang kegiatan produksi (aktivitas kelompok pada buku siswa), kegiatan distribusi (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan kegiatan konsumsi (aktivitas kelompok pada buku siswa).
Mengasosiasi
- Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis kegiatan produksi (aktivitas kelompok pada buku siswa), kegiatan distribusi (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan kegiatan konsumsi (aktivitas kelompok pada buku siswa ).
- Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang kegiatan produksi, kegiatan distribusi, dan kegiatan konsumsi.
Mengomunikasikan
- Peserta didik mempresentasikan hasil analisis informasi di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan tanggapan.
- Peserta didik menyajikan hasil simpulan pada media antara lain: majalah dinding kelas/sekolah atau majalah sekolah
3) Kegiatan Penutup
- Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
- Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
- Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
- Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
- Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
- Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab permintaan, penawaran dan harga.
- Peserta didik diberikan tugas untuk mengerjakan aktivitas individu berikut ini.