IPS KELAS 7A & 7B/ TEMA 3/ RPP TM 4-6/ MINGGU KE-1 FEBRUARI 2021/ KEGIATAN EKONOMI (PRODUKSI, DISTRIBUSI, KONSUMSI)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

 

Satuan Pendidikan              :   SMP IT ALHUDA SUKABUMI

Kelas / Semester                  :   VII / 2

Mata Pelajaran                      :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Tema 3                                     :   Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan

Sub Tema 2                            :   Kegiatan Ekonomi

Alokasi Waktu                      :  6 JP

 

 

a.     Kompetensi Inti (KI)

KI-1     :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI-2     :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3     :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4     :  Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret (menggunakan,  mengurai,  merangkai,  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

 

B.     Kompetensi Dasar  (KD) & INDIKATOR

Kompetensi Dasar  (KD)

INDIKATOR

3.3       Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

3.3.3       Menjelaskan hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi

3.3.4       Menjelaskan kegiatan produksi

3.3.5       Menjelaskan kegiatan distribusi

3.3.6       Menjelaskan kegiatan konsumsi

4.3.      Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

4.3.1    Mempresentasikan hasil Diskusi kelompok tentang kegiatan ekonomi di depan kelas

 

C.     TUJUAN Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :

  • Menjelaskan kegiatan produksi
  • Menjelaskan kegiatan distribusi
  • Menjelaskan kegiatan konsumsi

 

D.     METODE Pembelajaran

1)      Pendekatan                         :  Saintifik

2)      Model Pembelajaran          :  Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)

 

E.      Materi Pembelajaran

Kegiatan Ekonomi

a.  Kegiatan produksi

b.  Kegiatan distribusi

c.  Kegiatan konsumsi

 

F.      MEDIA, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

  • Media

-       Gambar tentang sumber daya alam

-       LCD proyektor dan komputer serta tayangan slide power point (ppt) yang telah disiapkan.

  • Sumber

-       Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Edisi Revisi Kelas VII, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2016.

-       Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan

 

G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE -  4, 5 & 6

1)      Kegiatan Pendahuluan

  • Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
  • Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik
  • Guru melakukan apersepsi dengan mengajak siswa untuk mengamati keadaan di lingkungan sekitar mereka selanjutnya Guru menanyakan tentang kegiatan apa saja yang kalian lihat ?
  • Peserta didik menerima informasi topik dan tujuan pembelajaran dari guru

 

2)      Kegiatan Inti

Mengamati

  • Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang kegiatan ekonomi:

      

Kegiatan produksi                                  Pedagang menjual sayuran sebagai bentuk kegiatan distribusi

 

 

Orang sedang makan di restoran sebagai kegiatan konsumsi

 

Menanya

  • Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang :

Kegiatan produksi

Kegiatan distribusi

Kegiatan konsumsi

  • Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi, peserta didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan pokok/penting sebagai landasan  untuk  merumuskan  jawaban  sementara.  Pada  saat  yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar.

 

Mengumpulkan Informasi

  • Peserta didik membaca buku teks pelajaran /referensi lain yang relevan tentang kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi)
  • Peserta didik mencari informasi tentang kegiatan produksi (aktivitas kelompok pada buku siswa), kegiatan distribusi (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan kegiatan konsumsi (aktivitas kelompok pada buku siswa).

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis kegiatan produksi (aktivitas kelompok pada buku siswa), kegiatan distribusi (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan kegiatan konsumsi (aktivitas kelompok pada buku siswa ).
  • Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang kegiatan produksi, kegiatan distribusi, dan kegiatan konsumsi.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta  didik  mempresentasikan  hasil  analisis  informasi  di  depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan tanggapan.
  • Peserta  didik  menyajikan  hasil  simpulan  pada  media  antara  lain: majalah dinding kelas/sekolah atau  majalah sekolah

 

3)      Kegiatan Penutup

  • Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
  • Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
  • Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
  • Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
  • Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab permintaan, penawaran dan harga.
  • Peserta didik diberikan tugas untuk mengerjakan aktivitas individu berikut ini.

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.