RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP IT ALHUDA SUKABUMI
Kelas / Semester : VII / 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema 3 : Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan
Sub Tema 3 : Permintaan, Penawaran, Pasar, dan Harga
Alokasi Waktu : 10 JP
a. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B. Kompetensi Dasar (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD) |
INDIKATOR |
3.3 Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi |
3.3.7 Menjelaskan kaitan antara permintaan, penawaran dan harga 3.3.8 Menjelaskan peran pasar bagi kehidupan masyarakat |
4.3. Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi |
4.3.1 Mempresentasikan hasil Diskusi kelompok tentang Permintaan, Penawaran, Pasar, dan Harga di depan kelas |
C. TUJUAN Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :
- Menjelaskan kaitan antara permintaan, penawaran dan harga
- Menjelaskan peran pasar bagi kehidupan masyarakat
D. METODE Pembelajaran
1) Pendekatan : Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
E. Materi Pembelajaran
Permintaan, penawaran, pasar dan harga
1). Pengertian permintaan
2). Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
3). Pengertian penawaran
4). Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
5). Pengertian pasar
6). Fungsi pasar
7). Proses terbentuknya harga keseimbangan
F. MEDIA, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
- Media
- Gambar tentang sumber daya alam
- LCD proyektor dan komputer serta tayangan slide power point (ppt) yang telah disiapkan.
- Sumber
- Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Edisi Revisi Kelas VII, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2016.
- Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE - 7, 8, 9, 10 & 11
1) Kegiatan Pendahuluan
- Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa
- Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
- Guru memberi motivasi kepada peserta didik
- Guru mengajukan pertanyaan antara lain : Darimana kalian dapatkan barang-barang kebutuhan ? Apakah barang yang kalian inginkan tersedia di pasar cukup banyak ?
- Peserta didik menerima informasi topik dan tujuan pembelajaran dari guru
2) Kegiatan Inti
Langkah-langkah Project Based Learning tentang Penelitian sederhana pasar sebagai berikut :
- Tujuan Penelitian
Kegiatan ekonomi yang ada di pasar sangat kompleks, baik yang menyangkut masalah pembelian dan penjualan barang, distribusi barang ke pasar, lahan parkir, keamanan, dan barang yang diperdagangkan. Siswa dalam penelitian ini dapat mengetahui masalah yang berhubungan misalnya, dengan:
• Barang dan jasa yang diperjualbelikan
• Harga-harga barang yang ada di pasar
• Barang dagangan yang paling diminati oleh pembeli
• Omzet penjualan per hari
• Barang yang paling laku
Setelah memilih masalah yang akan diteliti sebaiknya siswa dapat melakukan pengamatan dan melihat sendiri berbagai kegiatan di pasar kemudian mengajukan pertanyaan yang menyangkut masalah yang diteliti dan kemudian menuangkannya dalam bentuk laporan.
Tujuan penelitian pasar diharapkan siswa dapat mengetahui dan menganalisis keadaan yang sebenarnya tentang
• barang yang diperdagangkan
• besarnya omzet penjualan
• banyaknya pedagang di pasar
• harga barang dan jasa
• berbagai fasilitas pasar
Langkah-langkah Penelitian
Dalam melakukan suatu penelitian yang nantinya akan dilaporkan dalam bentuk makalah ataupun presentasi, maka perlu diketahui langkah-langkah sebagai berikut :
- Tahap Persiapan.
Tahap ini meliputi penetapan masalah, menetapkan lokasi, waktu, pembagian tugas, menyiapkan surat ijin, dan menyiapkan alat penelitian.
Contoh :
• Masalah penelitian :
1) Barang dan jasa yang dijual
2) Banyaknya penjual
3) Barang yang paling laku atau disukai konsumen
• Lokasi : Pasar.... ( Desa, kecamatan, kabupaten )
• Waktu : hari / tanggal
• Pembagian Tugas : Kelompok A mengamati.... Kelompok B mengamati…. Kelompok C mengamati....
• Surat ijin ini antara lain yaitu :
1) Ijin dari Guru, Wali Kelas dan Kepala Sekolah
2) Ijin dari pihak Pasar
• Alat penelitian, misalnya :
1) Ragam Barang
No |
Barang yang Dijual |
Harga Perunit |
Banyak Penjual |
Omzet Penjualan Perhari |
1 |
Pakaian jadi |
|
|
|
2 |
Sepatu |
|
|
|
3 |
Perabot rumah tangga |
|
|
|
4 |
Elektronik |
|
|
|
5 |
Lain-lain |
|
|
|
2) Ragam Sayuran
No |
Sayur Yang Dijual |
Harga Per Unit |
Banyak Penjual |
Omzet Penjualan Per Hari |
1 |
Buncis |
|
|
|
2 |
Kentang |
|
|
|
3 |
Wortel |
|
|
|
4 |
Kangkung |
|
|
|
5 |
Tomat, dll |
|
|
|
3) Ragam Lauk Pauk
No |
Ragam Lauk Pauk |
Harga Per Unit |
BanyakPenjual |
Omzet Penjualan |
1 |
Daging sapi |
|
|
|
2 |
Daging ayam |
|
|
|
3 |
Daging kambing |
|
|
|
4 |
Telur Ayam |
|
|
|
5 |
Telur bebek |
|
|
|
- Tahap Pelaksanaan
Tahap selanjutnya setelah persiapan selesai adalah melakukan kunjungan ke pasar. Hal- hal yang harus diperhatikan dalam dalam kunjungan ke pasar antara lain :
1. Lakukan kunjungan secara berkelompok dengan pembagian tugas yang jelas
2. Tiap kelompok melakukan tugas dengan mengajukan pertanyaan dan mencatat hasil pengamatan.
3. Mendiskusikan hasil pengamatan, melihat ulang data yang diperoleh agar kebenaran data dapat dipertanggungjawabkan.
4. Laksanakan observasi sesuai target yang telah ditetapkan.
5. Membuat laporan penelitian.
- Tahap penyusunan hasil laporan
Setelah selesai mengadakan observasi ke pasar, setiap siswa diharuskan membuat laporan. Laporan hasil penelitian disusun dalam 4 hal yaitu pendahuluan, pengolahan data, kesimpulan dan penutup. Laporan yang dibuat harus menggambarkan kondisi pasar, karena laporan tersebut diharapkan akan bermanfaat bagi konsumen, penjual, produsen, dan pengelola pasar. Dalam membuat laporan sebaiknya siswa memperhatikan kriterianya, antara lain :
1. Laporan yang dibuat harus imajinatif, artinya siswa dapat membuat laporan dengan menarik sehingga orang senang membaca laporan. Selain itu siswa harus menuangkan pengetahuannya tentang masalah yang diteliti.
2. Laporan yang dibuat harus lengkap dan utuh. Informasi yang yang disampaikan sedapat mungkin dapat menjelaskan secara jelas sehingga tidak menimbulkan pertanyaan lain.
3. Laporan harus dapat dipertanggungjawabkan. Isi dari laporan didukung dengan data-data yang akurat sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
3) Kegiatan Penutup
- Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
- Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
- Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan
- Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
- Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
- Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab permintaan, penawaran daan harga
- Peserta didik diberikan tugas untuk mengerjakan aktivitas individu berikut