IPS KELAS 7A & 7B/ TEMA 3/ RPP TM 7-11/ MINGGU KE 2-4 FEBRUARI 2021/ PERMINTAAN, PENAWARAN, PASAR DAN HARGA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

 

Satuan Pendidikan                  :   SMP IT ALHUDA SUKABUMI

Kelas / Semester                      :   VII / 2

Mata Pelajaran                          :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Tema 3                                      :   Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan

Sub Tema 3                               :   Permintaan, Penawaran, Pasar, dan Harga

Alokasi Waktu                          :  10 JP

 

 

a.      Kompetensi Inti (KI)

KI-1      :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI-2      :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3      :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4      :  Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret (menggunakan,  mengurai,  merangkai,  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

 

B.      Kompetensi Dasar  (KD) & INDIKATOR

Kompetensi Dasar  (KD)

INDIKATOR

3.3        Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

3.3.7        Menjelaskan kaitan antara permintaan, penawaran dan harga

3.3.8        Menjelaskan peran pasar bagi kehidupan masyarakat

4.3.       Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

4.3.1     Mempresentasikan hasil Diskusi kelompok tentang Permintaan, Penawaran, Pasar, dan Harga di depan kelas

 

C.      TUJUAN Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :

  • Menjelaskan kaitan antara permintaan, penawaran dan harga
  • Menjelaskan peran pasar bagi kehidupan masyarakat

 

D.      METODE Pembelajaran

1)      Pendekatan                            :  Saintifik

2)      Model Pembelajaran              :  Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)

 

E.      Materi Pembelajaran

Permintaan, penawaran, pasar dan harga

1).  Pengertian permintaan

2).  Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan

3).  Pengertian penawaran

4).  Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran

5).  Pengertian pasar

6).  Fungsi pasar

7).  Proses terbentuknya harga keseimbangan

 

F.      MEDIA, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

  • Media

-       Gambar tentang sumber daya alam

-       LCD proyektor dan komputer serta tayangan slide power point (ppt) yang telah disiapkan.

  • Sumber

-       Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Edisi Revisi Kelas VII, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2016.

-       Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan

 

G.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE -  7, 8, 9, 10 & 11

1)      Kegiatan Pendahuluan

  • Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa
  • Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
  • Guru memberi motivasi kepada peserta didik
  • Guru mengajukan pertanyaan antara lain : Darimana kalian dapatkan barang-barang kebutuhan ? Apakah barang yang kalian inginkan tersedia di pasar cukup banyak ?
  • Peserta didik menerima informasi topik dan tujuan pembelajaran dari guru

 

2)      Kegiatan Inti

Langkah-langkah   Project   Based   Learning   tentang   Penelitian sederhana pasar sebagai berikut :

  • Tujuan Penelitian

Kegiatan ekonomi yang ada di pasar sangat kompleks, baik yang menyangkut masalah pembelian dan penjualan barang, distribusi barang ke pasar, lahan parkir, keamanan, dan barang yang diperdagangkan. Siswa dalam penelitian ini dapat mengetahui masalah yang berhubungan misalnya, dengan:

•     Barang dan jasa yang diperjualbelikan

•     Harga-harga barang yang ada di pasar

•     Barang dagangan yang paling diminati oleh pembeli

•     Omzet penjualan per hari

•     Barang yang paling laku

Setelah memilih masalah yang akan diteliti sebaiknya siswa dapat melakukan pengamatan dan melihat sendiri berbagai kegiatan di pasar kemudian mengajukan pertanyaan yang menyangkut masalah yang diteliti dan kemudian menuangkannya dalam bentuk laporan.

Tujuan penelitian   pasar diharapkan siswa dapat mengetahui dan menganalisis keadaan yang sebenarnya tentang

•     barang yang diperdagangkan

•     besarnya omzet penjualan

•     banyaknya pedagang di pasar

•     harga barang dan jasa

•     berbagai fasilitas pasar

 

Langkah-langkah Penelitian

Dalam melakukan suatu penelitian yang nantinya akan dilaporkan dalam bentuk makalah ataupun presentasi, maka perlu diketahui langkah-langkah sebagai berikut :

  • Tahap Persiapan.

Tahap ini meliputi penetapan masalah, menetapkan lokasi, waktu, pembagian tugas,   menyiapkan surat ijin, dan menyiapkan alat penelitian.

Contoh :

•   Masalah penelitian :

1)   Barang dan jasa yang dijual

2)   Banyaknya penjual

3)   Barang yang paling laku atau disukai konsumen

•   Lokasi : Pasar.... ( Desa, kecamatan, kabupaten )

•   Waktu : hari / tanggal

•   Pembagian Tugas : Kelompok A mengamati.... Kelompok B mengamati…. Kelompok C mengamati....

•   Surat ijin ini antara lain yaitu :

1)    Ijin dari Guru, Wali Kelas dan Kepala Sekolah

2)    Ijin dari pihak Pasar

•   Alat penelitian, misalnya :

1)  Ragam Barang

No

Barang yang Dijual

Harga Perunit

Banyak Penjual

Omzet Penjualan Perhari

1

Pakaian jadi

 

 

 

2

Sepatu

 

 

 

3

Perabot rumah tangga

 

 

 

4

Elektronik

 

 

 

5

Lain-lain

 

 

 

 

2)  Ragam Sayuran

No

Sayur Yang Dijual

Harga Per Unit

Banyak Penjual

Omzet Penjualan Per Hari

1

Buncis

 

 

 

2

Kentang

 

 

 

3

Wortel

 

 

 

4

Kangkung

 

 

 

5

Tomat, dll

 

 

 

 

3)  Ragam Lauk Pauk

No

Ragam Lauk Pauk

Harga Per Unit

BanyakPenjual

Omzet Penjualan

1

Daging sapi

 

 

 

2

Daging ayam

 

 

 

3

Daging kambing

 

 

 

4

Telur Ayam

 

 

 

5

Telur bebek

 

 

 

 

  • Tahap Pelaksanaan

Tahap selanjutnya setelah persiapan selesai adalah melakukan kunjungan ke pasar. Hal- hal yang harus diperhatikan dalam dalam kunjungan ke pasar antara lain :

1.    Lakukan kunjungan secara berkelompok dengan pembagian tugas yang jelas

2.    Tiap kelompok melakukan tugas dengan mengajukan pertanyaan dan mencatat hasil pengamatan.

3.    Mendiskusikan hasil pengamatan, melihat ulang data yang diperoleh agar kebenaran data dapat dipertanggungjawabkan.

4.    Laksanakan observasi sesuai target yang telah ditetapkan.

5.    Membuat laporan penelitian.

 

  • Tahap penyusunan hasil laporan

Setelah selesai mengadakan observasi ke pasar, setiap siswa diharuskan membuat laporan. Laporan hasil penelitian disusun dalam 4 hal yaitu pendahuluan, pengolahan data, kesimpulan dan penutup. Laporan yang dibuat harus menggambarkan kondisi pasar, karena laporan tersebut diharapkan akan bermanfaat bagi konsumen, penjual, produsen, dan pengelola pasar. Dalam membuat laporan sebaiknya siswa memperhatikan kriterianya, antara lain :

1.    Laporan yang dibuat harus imajinatif, artinya siswa dapat membuat laporan dengan menarik sehingga orang senang membaca laporan. Selain itu siswa harus menuangkan pengetahuannya tentang masalah yang diteliti.

2.    Laporan yang dibuat harus lengkap dan utuh. Informasi yang yang disampaikan sedapat mungkin dapat menjelaskan secara jelas sehingga tidak menimbulkan pertanyaan lain.

3.    Laporan  harus  dapat  dipertanggungjawabkan.  Isi  dari  laporan didukung dengan data-data yang  akurat sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

3)      Kegiatan Penutup

  • Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
  • Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan
  • Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
  • Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
  • Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab permintaan, penawaran daan harga
  • Peserta didik diberikan tugas untuk mengerjakan aktivitas individu berikut

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.