IPS KELAS 7A & 7B/ TEMA 3/ RPP TM 12/ MINGGU KE-1 MARET 2021/ PERAN IPTEK DALAM KEGIATAN EKONOMI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

 

Satuan Pendidikan                  :   SMP IT ALHUDA SUKABUMI

Kelas / Semester                      :   VII / 2

Mata Pelajaran                          :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Tema 3                                      :   Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan

Sub Tema 4                               :   Peran Iptek dalam Kegiatan Ekonomi

Alokasi Waktu                          :  4 JP

 

 

a.      Kompetensi Inti (KI)

KI-1      :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI-2      :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3      :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4      :  Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret (menggunakan,  mengurai,  merangkai,  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

 

B.      Kompetensi Dasar  (KD) & INDIKATOR

Kompetensi Dasar  (KD)

INDIKATOR

3.3        Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

3.3.9        Menjelaskan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi

4.3.       Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

4.3.1     Mempresentasikan hasil Diskusi kelompok tentang Peran Iptek dalam Kegiatan Ekonomi di depan kelas

 

C.      TUJUAN Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :

  • Menjelaskan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi

 

D.      METODE Pembelajaran

1)      Pendekatan                            :  Saintifik

2)      Model Pembelajaran              :  Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)

 

E.      Materi Pembelajaran

Peran Iptek dalam kegiatan ekonomi

1) Pengertian IPTEK

2) Menjelaskan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi

 

F.      MEDIA, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

  • Media

-       Gambar tentang hasil- hasil teknologi yang sering digunakan siswa.

-       LCD proyektor dan komputer serta tayangan slide power point (ppt) yang telah disiapkan.

  • Sumber

-       Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Edisi Revisi Kelas VII, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2016.

-       Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan

 

G.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE -  12 & 13

1)      Kegiatan Pendahuluan

  • Salam, doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
  • Apersepsi: menanyakan “ jelaskan manfaat kemajuan IPTEK dalam kehidupan kalian ?
  • Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.

 

2)      Kegiatan Inti

Mengamati

  • Disajikan tayangan gambar atau artikel tentang perkembangan hasil IPTEK kemudiaan siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan masalah yang ditimbulkan dari kemajuan IPTEK tersebut. Apabila masalah terlalu luas sebaiknya guru mengarahkan masalah tersebut yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran

Mananya

  • Siswa dibagi atas beberapa kelompok antara 4 – 5 orang per kelompok
  • Siswa  diberikan  kesempatan  untuk  bertanya  dan  berpikir  tentang gambar atau artikel yang  diamati
  • Siswa dimotivasi untuk bertanya tentang :

1.Masalah apa yang muncul yang berhubungan dengan kemajuan IPTEK?

2. Bagaimana peran IPTEK bagi kehidupan ekonomi daerahnya ?

a. Bagaimana upaya yang dilakukan siswa terhadap modernisasi dan globalisasi?

  • Siswa  dalam  kelompok  merumuskan  masalah  untuk  dipilih  dan dipecahkan
  • Berdasarkan permasalahan yang diajukan siswa, guru memilih masalah yang akan dibahas

 

Mengumpulkan Informasi

  • Siswa dibimbing dalam proses pengumpulan data tentang peran IPTEK untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah tersebut melalui pencarian data dan membaca buku sumber lain yang kalian miliki atau brouwsing dari internet

 

Mengaosisasi

  • Siswa  berdiskusi  untuk  menilai  dan  mengkaji  penyelesaian masalah yang diajukan oleh setiap anggota kelompok
  • Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi

 

Mengkomunikasika

  • Setiap   kelompok   mempresentasikan   di   depan   kelas   hasil diskusinya
  • Kelompok lain memberi tanggapan, tambahan atau melengkapi
  • Guru mengarahkan dan mengoreksi pengertian dan pemahaman siswa terhadap materi atau hasil kerja yang telah ditampilkan

 

3)      Kegiatan Penutup

  • Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
  • Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
  • Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
  • Peserta  diingatkan  untuk  menyempurnakan  laporan  hasil  diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
  • Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab berikutnya yaitu peran kewirausahaan dalam membangun Ekonomi Indonesia

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.