RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP IT ALHUDA SUKABUMI
Kelas / Semester : VII / 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema 3 : Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan
Sub Tema 4 : Peran Iptek dalam Kegiatan Ekonomi
Alokasi Waktu : 4 JP
a. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B. Kompetensi Dasar (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD) |
INDIKATOR |
3.3 Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi |
3.3.9 Menjelaskan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi |
4.3. Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi |
4.3.1 Mempresentasikan hasil Diskusi kelompok tentang Peran Iptek dalam Kegiatan Ekonomi di depan kelas |
C. TUJUAN Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :
- Menjelaskan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi
D. METODE Pembelajaran
1) Pendekatan : Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
E. Materi Pembelajaran
Peran Iptek dalam kegiatan ekonomi
1) Pengertian IPTEK
2) Menjelaskan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi
F. MEDIA, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
- Media
- Gambar tentang hasil- hasil teknologi yang sering digunakan siswa.
- LCD proyektor dan komputer serta tayangan slide power point (ppt) yang telah disiapkan.
- Sumber
- Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Edisi Revisi Kelas VII, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2016.
- Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE - 12 & 13
1) Kegiatan Pendahuluan
- Salam, doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
- Apersepsi: menanyakan “ jelaskan manfaat kemajuan IPTEK dalam kehidupan kalian ?
- Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.
2) Kegiatan Inti
Mengamati
- Disajikan tayangan gambar atau artikel tentang perkembangan hasil IPTEK kemudiaan siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan masalah yang ditimbulkan dari kemajuan IPTEK tersebut. Apabila masalah terlalu luas sebaiknya guru mengarahkan masalah tersebut yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran
Mananya
- Siswa dibagi atas beberapa kelompok antara 4 – 5 orang per kelompok
- Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan berpikir tentang gambar atau artikel yang diamati
- Siswa dimotivasi untuk bertanya tentang :
1.Masalah apa yang muncul yang berhubungan dengan kemajuan IPTEK?
2. Bagaimana peran IPTEK bagi kehidupan ekonomi daerahnya ?
a. Bagaimana upaya yang dilakukan siswa terhadap modernisasi dan globalisasi?
- Siswa dalam kelompok merumuskan masalah untuk dipilih dan dipecahkan
- Berdasarkan permasalahan yang diajukan siswa, guru memilih masalah yang akan dibahas
Mengumpulkan Informasi
- Siswa dibimbing dalam proses pengumpulan data tentang peran IPTEK untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah tersebut melalui pencarian data dan membaca buku sumber lain yang kalian miliki atau brouwsing dari internet
Mengaosisasi
- Siswa berdiskusi untuk menilai dan mengkaji penyelesaian masalah yang diajukan oleh setiap anggota kelompok
- Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi
Mengkomunikasika
- Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil diskusinya
- Kelompok lain memberi tanggapan, tambahan atau melengkapi
- Guru mengarahkan dan mengoreksi pengertian dan pemahaman siswa terhadap materi atau hasil kerja yang telah ditampilkan
3) Kegiatan Penutup
- Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
- Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
- Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
- Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
- Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
- Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab berikutnya yaitu peran kewirausahaan dalam membangun Ekonomi Indonesia