IPS KELAS 7A & 7B/ TEMA 3/ RPP TM 13/ MINGGU KE-1 MARET 2021/ PERAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBANGUN EKONOMI INDONESIA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

 

Satuan Pendidikan              :   SMP IT ALHUDA SUKABUMI

Kelas / Semester                  :   VII / 2

Mata Pelajaran                      :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Tema 3                                     :   Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan

Sub Tema 5                            :   Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi Indonesia

Alokasi Waktu                      :   4 JP

 

 

a.     Kompetensi Inti (KI)

KI-1     :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI-2     :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3     :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4     :  Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret (menggunakan,  mengurai,  merangkai,  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

 

B.     Kompetensi Dasar  (KD) & INDIKATOR

Kompetensi Dasar  (KD)

INDIKATOR

3.3       Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

3.3.10    Menjelaskan peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia

4.3.      Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

4.3.1    Mempresentasikan hasil Diskusi kelompok tentang Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi Indonesia di depan kelas

 

 

C.     TUJUAN Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :

  • Menjelaskan peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia

 

D.     METODE Pembelajaran

1)      Pendekatan                         :  Saintifik

2)      Model Pembelajaran          :  Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)

 

E.      Materi Pembelajaran

Peran Kewrirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia

1) Mendeskripsikan kreativitas

2) Mendeskripsikan kewirausahaan

 

F.      MEDIA, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

  • Media

-       Gambar tentang kegiatan produksi dengan bahan baku barang bekas

-       LCD proyektor dan komputer serta tayangan slide power point (ppt) yang telah disiapkan.

  • Sumber

-       Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Edisi Revisi Kelas VII, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2016.

-       Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan

 

G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE -  14 & 15

1)      Kegiatan Pendahuluan

  • Salam, doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
  • Apersepsi:

Mengajak  peserta  didik  untuk  memperhatikan  kegiatan  yaang dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dengan berbagai cara diantaranya membuat hasil kreativitas dari barang bekas untuk dijadikan mainan anak-anak

Menanyakan tentang apa yang harus dimiliki oleh seseorang apabila ingin berhasil dalam melakukan usaha sendiri ?

  • Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.

 

2)      Kegiatan Inti

Mengamati

  • Peserta didik diminta mengamati tentang contoh gambar dalam buku siswa yaitu nomor gambar 3.26 dan 3.27 atau gambar yang berkaitan dengan kreativitas.
  • Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik beserta teman satu meja diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui.
  • Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui telah sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  • Guru menuliskan hal-hal yang ingin diketahui peserta didik di depan kelas.
  • Apabila hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan yang telah dituangkan, belum semuanya mencakup tujuan pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran.

 

Menanya

  • Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3-4 siswa.
  • Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan

Kelompok 1 dan 5: Jelaskan  faktor-faktor apa yang mendorong munculnya semangat wirausaha?

Kelompok 2 dan 6: bagimana  kaitan antara lemahnya semangat wirausaha dengan hasil produksi yang tidak mampu bersaing ?

Kemlompok 3 dan 7: Apakah  penjajahan dari bangsa Barat telah berdampak terhadap sikap rendah diri dan apakah sikap rendah diri itu berpengaruh terhadap semangat berwirausaha ?

Kelompok 4 dan 8: Bangsa Indonesia merupakan negara yang sebagaian besar penduduknya masih bergerak di sektor pertanian dan perkebunan. Bagaiman peluang wirausaha dalam bidang pertanian dan perkebunan di Indonesia !

  • Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui

 

Mengumpulkan Informasi

  • Dengan berdiskusi peserta didik diminta mengumpulkan informasi/ data untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber, seperti : membaca Buku Siswa, serta referensi lain yang relevan, termasuk internet
  • Kelompok  dibagi  menjadi  4  kelompok  penyaji  dan  4  kelompok penyanggah.

 

Mengasosiasi

  • Dalam Kegiatan ini peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan (menyempurnakan jawaban sementara yang telah dirumuskan dalam kelompok).
  • Peserta didik juga diminta mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik dalam kelompok penyaji diminta mempresentasikan hasil simpulan dari  jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan
  • Kelompok  lain  sebagai  kelompok  penyanggah  diminta  memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan.
  • Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.

 

3)      Kegiatan Penutup

  • Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
  • Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
  • Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
  • Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
  • Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subtema berikutnya yaitu hubungan antara kelangkaan dengan permintaan, penawaran, harga dan pasar dan mengerjakan aktivitas individu berikut:

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.