RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP IT ALHUDA SUKABUMI
Kelas / Semester : VII / 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema 3 : Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan
Sub Tema 6 : Hubungan antara Kelangkaan dengan Permintaan-Penawaran untuk Kesejahteraan dan Persatuan Bangsa Indonesia
Alokasi Waktu : 4 JP
a. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B. Kompetensi Dasar (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD) |
INDIKATOR |
3.3 Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi |
3.3.11 Menjelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. |
4.3. Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi |
4.3.1 Mempresentasikan hasil Diskusi kelompok tentang Hubungan antara Kelangkaan dengan Permintaan-Penawaran untuk Kesejahteraan dan Persatuan Bangsa Indonesia di depan kelas |
C. TUJUAN Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :
- Menjelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.
D. METODE Pembelajaran
1) Pendekatan : Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
E. Materi Pembelajaran
Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia
F. MEDIA, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
- Media
- Gambar tentang kegiatan ekonomi, dan transportasi
- LCD proyektor dan komputer serta tayangan slide power point (ppt) yang telah disiapkan.
- Sumber
- Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Edisi Revisi Kelas VII, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2016.
- Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE - 16
1) Kegiatan Pendahuluan
- Salam, doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
- Apersepsi:
Mengajak peserta didik untuk memperhatikan kegiatan yaang dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan antar wilayah
Menanyakan pada siswa faktor yang menyebabkan terjadinya kelangkaan sehingga mengakibatkan konektivias antarruang
- Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.
2) Kegiatan Inti
Mengamati
- Peserta didik diminta mengamati tentang contoh gambar dalam buku siswa yaitu nomor gambar 3.34 atau gambar yang berkaitan dengan materi pelajaran
- Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik beserta teman satu meja diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui.
- Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui telah sesuai dengan tujuan pembelajaran.
- Guru menuliskan hal-hal yang ingin diketahui peserta didik di depan kelas.
- Apabila hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan yang telah dituangkan, belum semuanya mencakup tujuan pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran.
Menanya
- Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3 - 4 siswa.
- Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. Bagaimana kelangkaan sumber daya dihubungkan dengan pemenuhan kebutuhan manusia ? Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi daerah yang kekurangan sumber daya ? Bagaimana peran transportasi untuk mengatasi kelangkaan sumber daya ? Bagaimana kegiatan distribusi barang yang dilakukan antar daerah ? Bagaimana peran pasar dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat ?
- Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui
Mengumpulkan Informasi
- Dengan berdiskusi peserta didik diminta mengumpulkan informasi/ data untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber, seperti : membaca Buku Siswa, serta referensi lain yang relevan, termasuk internet
Mengasosiasi
- Dalam Kegiatan ini peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan (menyempurnakan jawaban sementara yang telah dirumuskan dalam kelompok).
- Peserta didik juga diminta mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
Mengomunikasikan
- Peserta didik dalam kelompok penyaji diminta mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan
- Kelompok lain sebagai kelompok penyanggah diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan.
- Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.
3) Kegiatan Penutup
- Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
- Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
- Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
- Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
- Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.