UJI PEMAHAMAN MATERI PASAR

  1. Ciri-ciri pasar konkrit adalah....

a. Transaksi penjualan melalui telepon

b. Pelaku ekonomi adalah masyarakat umum

c. Barang-barangyang diperdagangan adalah barang khusus

d. Barang-barang yang diperdagangkan tidak tersedia di pasar

 

 

  1. Pasar tradisional dan pasar modern adalah jenis pasar berdasarkan....

a. Manajemen pelayanan

b. Manajemen pengelolaan

c. Jumlah barang yang dijual

d. Kegiatan distribusinya

 

 

  1. Contoh pasar tradisional adalah....

a. Indomaret

b. Alfamart

c. Hipertmart

d. Pasar kliwon (kudus)

 

 

  1. Harga pasar terbentuk setelah melalui proses....

a. Jual dan beli

b. Tawar menawar

c. Penurunan harga

d. Pembentukan pasar

 

 

  1. Pasar bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan sudut pandang. Pasar berdasarkan bentuk bisa dikelompokkan menjadi.

a. Modern dan tradisional 

b. Produktif dan non-produktif 

c. Barang dan jasa 

d. Input dan output

 

 

  1. Salah satu pasar dimana teradapat banyak produsen yang memproduksi atau menghasilkan barang serupa tetapi memilki perbedaan dalam berbagai aspek. Pengertian tersebut adalah pengertian pasar ….?

a. Pasar persaingan sempurna

b. Pasar oligopoli

c. Pasar monopoli

d. Pasar monopolistic

 

 

  1. 5. Promosi penjualan harus aktiv merupakan…. Pasar monopolistik.

a. Ciri-ciri

b. Sifat

c. Faktor

d. Kelebihan

 

 

  1. Pasar yang terdapat banyak penjual yang menghasilkan banyak macam barang adalah....

a. Pasar bersaing

b. Pasar monopoli

c. Pasar oligopoli

d. Pasar persaingan monopolistis

 

 

  1. Pasar adalah sebagai proses interaksi antara pembeli dan penjual demi mencapai kesepakatan harga untuk sejumlah dan jenis barang tertentu. Dengan demikian bisa dikatakan pasar memiliki fungsi. Yang bukan merupakan fungsi pasar adalah.

a. Distribusi 

b. Pembentukan harga 

c. Organisasi produksi 

d. Menyediakan jasa dan barang untuk keperluan saat ini.

 

 

  1. Pasar yang jangkauan distribusi barang yang i perdagangkan melampaui batas suatu negara adalah pasar....

a. Lokal

b. Daerah

c. Nasional

d. Internasional

 

 

  1. Seorang pembeli akan mempertimbangkan pembelian barang dan jasa sesuai dengan kemampuan yang dia miliki. Sementara, si penjual akan menjual barang dengan mempertimbangkan biaya produksi, keuntungan.Ini sebagai bentuk fungsi pasar sebagai.

a. Distribusi 

b. Pembentukan harga 

c. Promosi 

d. Organisasi produksi

 

 

  1. Apabila penyelenggaraan pasar dilakukan setiap hari disebut pasar ....

a. Harian

b. Mingguan

c. Bulanan

d. Tahunan

Jawaban:a

 

13. Pekan Raya Jakarta ditinjau dari waktu pelaksanaannya termasuk pasar

a. Nasional

b. Tahunan

c. Konkrit

d. Persaingan sempurna

 

 

  1. Untuk membedakan pasar input dan pasar output. Yangbukan ciri ciri pasar input adalah.

a. Wujud lebih berbentuk kegiatan, bukan berupa fisik.

b. Jumlah penawaran dan permintaan dalam kapasitas yang besar

c. Jenis permintaan dan penawaran disesuaikan dengan jumlah produksi.

d. Jika pembeli bekerjasama bisa mengarah pada terbentuknya pasar monopsoni

 

 

  1. Pasar yang terdapat satu penjual untuk satu jenis barang sehingga penjual bebas menentukan harga disebut....

a. Pasar monopoli

b. Pasar oligopoli

c. Pasar persaingan sempurna

d. Pasar persaingan tidak sempurna

 

 

  1. Salah satu contoh pasar faktor produksi adalah pasar tenaga kerja. Fungsi pasar tenaga kerja adalah.

a. Jalan bagi para pemberi kerja untuk mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan.

b. Menjaga keseimbangan antara tenaga kerja dan pemberikerja

c. Memudahkan pembagian tingkat upah.

d. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi dari tenaga kerja berkualitas.

 

 

  1. Ciri-ciri pasar :

1) Terdapat banyak penjual

2) Penjual mudah menawarkan barangnya di pasar

3) Hanya terdapat sedikit penjual

4) Produk-produknya berstandar

Ciri pasar persaingan persaingan monopolistis di tunjukan nomor....

a. 1 dan 2

b. 2 dan 4

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

 

 

  1. Pasar berfungsi memperlancar proses penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Fungsi pasar tersebut adalah ....

a. Sebagai sarana promosi

b. Sebagai sarana distribusi

c. Sebagai sarana informasi

d. Sebagai sarana pembentuk harga

 

 

  1. Peranan pasar dalam perekonomian lndonesia bagi produsen adalah....

a. Tempat promosi dan menjual hasil produksi

b. Mempermudah mendapatkan barang

c. Sumber pendapatan negara untuk membiayai pembangunan

d. Membantu mengurangi pengangguran

 

 

  1. Salah satu ciri pasar persaingan tidak sempurna adalah....

a. Penjual dan pembeli banyak

b. Semua faktor produksi bebas keluar masuk

c. Barang yang di perdagangkan homogen

d. Penjual dapat menentukan harga

 

 

  1. Pasar ini umumnya mudah dijumpai oleh konsumen sebab sebagian besar kebutuhan sehari hari tersedia di pasar ini. Dalam hal ini yang lebih diuntungkan adalah ….?

a. Sales

b. Pekerja pasar

c. Kelurahan

d. Produsen

 

 

  1. Suatu tempat dapat disebut pasar jika ...

a. Tempatnya ramai

b. Antarpenjual saling bersaing

c. Terdapat transaksi jual beli

d. Barang yang dijual banyak macamnya

 

 

  1. Pasar beras mendekati bentuk pasar...

a. Persaingan monopolistik

b. Persaingan sempurna

c. Monopoli

d. Monopsoni

 

 

  1. Syarat-syarat pasar:

1) Adanya penjual dan pembeli

2) Tersedianya barang yang diperjualbelikan

3) Ada tempat yang permanent untuk melakukan transaksi

4) Terdapat transaksi jual beli

Dari data diatas, syarat-syarat terjadinya pasar adalah....

a. 1,2

b. 1,2,3

c. 1,2,4

d. 1,2,3,4

 

 

  1. Pasar yang berfungsi memperlancar pendistribusian adalah....

a. Fungsi distribusi

b. Fungsi promosi

c. Pembentukan harga

d. Produksi

 

 

  1. Berikut ini yang bukan merupakan contoh pasar abstrak adalah ....

a. Pasar buah

b. Pasar uang

c. Pasar modal

d. Pasar tenaga kerja

 

 

  1. Pasar  yang  terdapat  banyak penjual  yang menghasilkan banyak  macam  barang adalah....
    a. pasar bersaing
    b. pasar monopoli
    c. pasar  oligopoli
    d. pasar persaingan  monopolistis

 

 

28Pasar  yang  jangkauan  distribusi barang  yang di perdagangkan  melampaui  batas suatu negara adalah  pasar....
a. lokal
b. daerah
c. nasional
d. internasional
 

  1. Apabila penyelenggaraan  pasar  dilakukan setiap hari  disebut  pasar ....
    a. harian
    b. mingguan
    c. bulanan
    d. tahunan
  2. Pekan  Raya Jakarta  di tinjau  dari  waktu penyelenggaraannya  termasuk  pasar ...
    a. nasional
    b. tahunan
    c. konkrit
    d. persaingan  sempurna

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.