IPS KELAS 7A & 7B/ TEMA 4/ RPP TM 1-4/ MINGGU KE 4-5 MARET 2021/ KEHIDUPAN MANUSIA PRASEJARAH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

 

Satuan Pendidikan         :   SMP IT ALHUDA SUKABUMI

Kelas / Semester            :   VII / 2

Mata Pelajaran               :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Tema 4                           :   Kehidupan Masyarakat Indonesia Pada Masa Pra-Aksara, Hindu-Buddha dan Islam

Sub Tema 1                    :   Kehidupan Manusia pada Masa Praaksara

Alokasi Waktu                  : 8 JP

 

 

a.    Kompetensi Inti (KI)

KI-1    :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI-2    :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3    :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4    :  Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret (menggunakan,  mengurai,  merangkai,  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

 

B.    Kompetensi Dasar  (KD) & INDIKATOR

Kompetensi Dasar  (KD)

INDIKATOR

3.4     Memahami berpikir kronologi, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya,  geografis, dan  pendidikan  sejak  masa  praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.

3.4.1     Mengidentifikasi periodesasi masa praaksara di Indonesia

3.4.2     Mendeskripsikan perkembangan   masyarakat Indonesia pada masa praaksara

3.4.3     Menjelaskan asal-usul masyarakat bangsa Indonesia

3.4.4     Menjelaskan perubahan masyarakat Indonesia pada zaman praaksara.

3.4.5     Menjelaskan kegiatan dan bentuk-bentuk interaksi masyarakat Indonesia pada zaman praaksara dari masa ke masa.

4.4.    Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.

4.4.1     Menyajikan pengetahuan peserta didik  mengenai bentuk-bentuk peralatan untuk bekerja, sistem jual beli pada masa itu, dengan tepat secara tertulis dalam bentuk kompilasi.

4.4.2     Mempresentasikan pengetahuan bentuk-bentuk kebudayaan dan pola-pola kehidupan masyarakat pada masa praaksara.

 

C.    TUJUAN Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :

  • Mengidentifikasi periodesasi masa praaksara di Indonesia
  • Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa praaksara
  • Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha
  • Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Islam

 

D.    METODE Pembelajaran

1)     Pendekatan                  :  Saintifik

2)     Model Pembelajaran     :  Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)

 

E.    Materi Pembelajaran

Masa Praaksara

a.  Mengenal Masa Praaksara

b.  Periodisasi Masa Praaksara

c.  Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara di Indonesia

d.  Nenek Moyang Bangsa Indonesia

 

F.    MEDIA, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

  • Media

-       Gambar-gambar yang berkaitan dengan peninggalan-peninggalan dari masa Praaksara di Indonesia.

-       LCD proyektor dan komputer serta tayangan slide power point (ppt) yang telah disiapkan

  • Sumber

-       Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Edisi Revisi Kelas VII, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2016.

-       Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan

 

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE-1

1)     Kegiatan Pendahuluan

  • Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa
  • Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas
  • Guru memberi motivasi dengan menjelaskan pentingnya mengetahui sejarah bangsa Indonesia
  • Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.

 

2)     Kegiatan Inti

Mengumpulkan Informasi

  • Peserta didik diminta mencari informasi mengenai pengertian masa praaksara.
  • Peserta   didik   dapat   mencari   informasi/data   berbagai sumber seperti membaca Buku Siswa, buku referensi lain yang relevan, atau jaringan internet jika tersedia fasilitas internet.

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis informasi/ data yang telah diperoleh dari berbagai sumber.
  • Berdasarkan hasil analisis terhadap informasi/data yang telah diperoleh, peserta didik membuat rumusan pengertian masa praaksara.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik mempresentasikan rumusan pengertian masa praaksara yang dibuatnya kepada peserta didik lain.
  • Peserta didik lain diminta memberi tanggapan atas rumusan tersebut.
  • Masing-masing peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.

 

3)     Kegiatan Penutup

  • Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
  • Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan rumusan pengertian masa praaksara untuk dikumpulkan kepada guru.
  • Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan

 

PERTEMUAN KE -  2

1)     Kegiatan Pendahuluan

  • Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa
  • Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas
  • Guru memberi motivasi dan menanyakan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
  • Peserta  didik  menerima  informasi  dari  guru  tentang  topik pembelajaran yaitu periodesasi masa praaksara.

 

2)     Kegiatan Inti

Mengumpulkan Informasi

  • Guru membagi kelas menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 3–6 orang.
  • Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mencari informasi/data tentang periodesasi masa praaaksara dengan rincian sebagai berikut:

(1)   Kelompok  1  dan  2  mencari  informasi  mengenai periodisasi masa praaksara berdasarkan bukti geologis

(2)   Kelompok  3  dan  4  mencari  informasi  mengenai periodisasi masa praaksara berdasarkan bukti arkeologis

(3)   Kelompok  5  dan  6  mencari  informasi  mengenai periodisasi masa praaksara berdasarkan perkembangan kehidupan.

  • Peserta   didik   dapat   mencari   informasi/data   berbagai sumber seperti membaca Buku Siswa, buku referensi lain yang relevan, atau jaringan internet jika tersedia fasilitas internet.

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik pada masing-masing kelompok diminta mengumpulkan informasi/data tentang periodesasi masa praaksara yang telah diperoleh dari berbagai sumber.
  • Peserta didik diminta untuk menganalisis informasi/data tentang periodesasi masa prakaksara.
  • Bersamakelompoknya,pesertadidikdimintamendiskusikan informasi tersebut untuk mengambil kesimpulan.
  • Peserta didik menulis kesimpulan hasil diskusi kelompok

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan simpulan hasil diskusi kelompoknya.
  • Kelompok lain diminta memberi tanggapan dan saran atas hasil simpulan kelompok yang presentasi.
  • Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.

 

3)     Kegiatan Penutup

  • Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
  • Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan simpulan untuk dikumpulkan kepada guru.
  • Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan

 

PERTEMUAN KE -  3

1)     Kegiatan Pendahuluan

  • Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa
  • Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas
  • Guru memberi motivasi dan menanyakan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
  • Peserta didik menerima informasi dari guru tentang topik pembelajaran yaitu nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia

 

2)     Kegiatan Inti

Mengumpulkan Informasi

  • Peserta didik diminta mencari informasi mengenai nilai- nilai budaya masa praaksara di Indonesia.
  • Peserta didik dapat mencari informasi/data tersebut dari berbagai sumber seperti membaca Buku Siswa, buku referensi lain yang relevan, jaringan internet jika tersedia fasilitas internet.
  • Berdasarkan   informasi   yang   diperoleh,   peserta   didik diminta menuliskan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia.

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik diminta melakukan pengamatan terhadap masyarakat yang   ada   di   lingkungan   sekitar   tempat tinggalnya.
  • Berdasarkan  pengamatannya,  peserta  didik  diminta menemukan kesamaan antara nilai-nilai budaya masyarakat masa praaksara dengan nilai-nilai budaya yang ada pada masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.
  • Setelah itu, peserta didik diminta menulis kesamaan nilai- nilai budaya masyarakat praaksara dengan nilai-nilai budaya masyarakat di sekitar tempat tinggalnya. Misalnya, budaya gotong-royong, budaya musyawarah, dan lainnya.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru
  • Peserta didik mendengarkan tanggapan guru terhadap hasil kerjanya.
  • Masing-masing peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.

 

3)     Kegiatan Penutup

  • Peserta  didik  diberi  kesempatan  untuk  menanyakan  hal-hal yang belum dipahami.
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
  • Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan hasil kerjanya. d)  Peserta  didik  diminta  melakukan  refleksi  terhadap  proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.

 

PERTEMUAN KE -  4

1)     Kegiatan Pendahuluan

  • Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa
  • Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas
  • Guru memberi motivasi dan menanyakan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
  • Peserta  didik  menerima  informasi  dari  guru  tentang  topik pembelajaran yaitu nenek moyang bangsa Indonesia

 

2)     Kegiatan Inti

Mengamati

  • Peserta didik diminta mengamati keragaman ciri-ciri fisik masyarakat Indonesia seperti warna kulit, roman muka, dan bentuk rambut.
  • Selain perbedaan ciri-ciri fisik, peserta didik juga diminta mengamati keragaman   dalam nilai budaya, tradisi, dan bahasa?
  • Berdasarkan hasil pengamatan, peserta didik menyebutkan contoh keragaman ciri fisik, budaya, tradisi, dan bahasa yang ada pada masyarakat Indonesia

 

Menanya

  • Peserta didik diminta untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari keragaman yang ada pada masyarakat Indonesia. Contoh;

(1)   Mengapa ada keragaman dalam nilai budaya, tradisi, dan bahasa?

(2)   Dari mana munculnya keragaman tersebut?

(3)   Apa kaitan antara keragaman tersebut dengan nenek moyang bangsa Indonesia?

(4)   Bagaimana  caranya  agar keragaman  etnis  yang  ada dapat menjadi kekuatan untuk membangun bangsa dan negara kita?

  • Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah pertanyaan yang dirumuskan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Jika belum sesuai, peserta didik diminta memperbaiki rumusan pertanyaannya dengan panduan guru.

 

Mengumpulkan Informasi

  • Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
  • Peserta didik dapat mencari informasi/data dari berbagai sumber  seperti  membaca  Buku  Siswa,  buku  referensi lain yang relevan, jaringan internet jika tersedia fasilitas internet.

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan
  • Peserta  didik  diminta  menuliskan  penjelasan  tentang nenek moyang bangsa Indonesia dan hubungannya dengan keragaman yang ada.
  • Peserta didik diminta menulis penjelasan mengenai cara- cara yang dapat dilakukan agar keragaman etnis yang ada dapat menjadi kekuatan untuk membangun bangsa.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru
  • Peserta didik mendengarkan tanggapan guru terhadap hasil kerjanya.
  • Masing-masing peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.

 

3)     Kegiatan Penutup

  • Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
  • Peserta   didik   diingatkan   untuk   menyempurnakan   hasil kerjanya.
  • Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.