RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP IT ALHUDA SUKABUMI
Kelas / Semester : VII / 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema 4 : Kehidupan Masyarakat Indonesia Pada Masa Pra-Aksara, Hindu-Buddha dan Islam
Sub Tema 2 : Kehidupan Masyarakat pada Masa Hindu-Buddha
Alokasi Waktu : 8 JP
a. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B. Kompetensi Dasar (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD) |
INDIKATOR |
3.4 Memahami berpikir kronologi, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam. |
3.4.3 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Hindu- Buddha |
4.4. Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam. |
4.4.1 Mempresentasikan hasil Diskusi kelompok tentang Kehidupan Masyarakat pada Masa Hindu-Buddha di depan kelas |
C. TUJUAN Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :
- Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa praaksara
- Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha
D. METODE Pembelajaran
1) Pendekatan : Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
E. Materi Pembelajaran
Masa Hindu-Buddha
1) Masuknya Kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia
2) Pengaruh Hindu–Buddha terhadap Masyarakat di Indonesia
3) Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
4) Peninggalan Sejarah Masa Hindu-Buddha di Indonesia
F. MEDIA, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
- Media
- Gambar-gambar yang berkaitan dengan peninggalan- peninggalan dari masa Hindu-Buddha di Indonesia.
- LCD proyektor dan komputer serta tayangan slide power point (ppt) yang telah disiapkan
- Sumber
- Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Edisi Revisi Kelas VII, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2016.
- Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE - 5
1) Kegiatan Pendahuluan
- Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa
- Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas
- Guru memberi motivasi dan menanyakan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
- Peserta didik menerima informasi dari guru tentang topik pembelajaran yaitu masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia.
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 3 – 4 orang.
2) Kegiatan Inti
Mengamati
- Peserta didik diminta mengamati gambar yang menunjukkan jalur perdagangan laut antara India dan Cina yang melewati wilayah perairan kepulauan Indonesia.
Atlas Dunia Buana Raya - Jalur pelayaran India–Cina
- Peserta didik menyebutkan keuntungan yang diperoleh masyarakat di Indonesia dari perdagangan laut ini?
Menanya
- Peserta didik diminta merumuskan pertanyaan mengenai masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia. Contoh:
(1) Bagaimana masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia?
(2) Apa kaitannya dengan kegiatan perdagangan laut yang melewati wilayah perairan Indonesia?
- Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah pertanyaan yang dirumuskan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Jika belum sesuai, peserta didik diminta memperbaiki rumusan pertanyaannya dengan panduan guru.
Mengumpulkan Informasi
- Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
- Peserta didik dapat mencari informasi/data dengan membaca uraian teori mengenai masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia yang terdapat di dalam Buku Siswa.
- Peserta didik dapat mencari informasi melalui sumber yang lain seperti buku referensi yang relevan atau internet jika tersedia fasilitas internet.
Mengasosiasi
- Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.
- Peserta didik diminta mendiskusikan teori-teori tentang masuknya masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia bersama kelompoknya.
- Peserta didik diminta menulis penjelasan tentang masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia sesuai hasil diskusi kelompok.
Mengomunikasikan
- Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan penjelasan tentang masuknya kebudayaan Hindu-Buddha hasil diskusi kelompoknya.
- Kelompok lain diminta memberi tanggapan dan saran atas hasil diskusi kelompok yang presentasi.
- Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.
3) Kegiatan Penutup
- Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
- Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
- Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan simpulan untuk dikumpulkan kepada guru.
- Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan
PERTEMUAN KE - 6
1) Kegiatan Pendahuluan
- Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
- Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
- Guru memberi motivasi dan menanyakan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
- Peserta didik menerima informasi dari guru tentang topik pembelajaran yaitu pengaruh Hindu–Buddha terhadap masyarakat di Indonesia.
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 3 – 4 orang.
2) Kegiatan Inti
Mengumpulkan Informasi
- Peserta didik diminta mencari informasi mengenai contoh-contoh pengaruh Hindu-Buddha dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di Indonesia, seperti aspek pemerintahan, sosial, ekonomi, agama, dan kebudayaan.
- Peserta didik dapat mencari informasi/data tersebut dengan membaca uraian materi tentang pengaruh Hindu–Buddha terhadap masyarakat di Indonesia yang terdapat di dalam Buku Siswa.
- Peserta didik dapat mencari informasi melalui sumber yang lain seperti buku referensi yang relevan atau internet jika tersedia fasilitas internet.
- Berdasarkan informasi yang diperoleh, peserta didik diminta menuliskan contoh-contoh pengaruh Hindu- Buddha dalam kehidupan masyarakat di Indonesia.
Mengasosiasi
- Peserta didik diminta melakukan pengamatan terhadap masyarakat yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
- Berdasarkan pengamatannya, peserta didik diminta menemukan contoh pengaruh Hindu-Buddha yang ada pada kehidupan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.
- Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data yang diperoleh dari pencarian informasi melalui berbagai sumber dan pengamatan.
- Bersama kelompoknya, peserta didik diminta mendiskusikan pengaruh Hindu-Buddha dalam kehidupan masyarakat di Indonesia (termasuk masyarakat di sekitar tempat tinggalnya).
- Peserta didik diminta menulis penjelasan tentang contoh pengaruh Hindu-Buddha dalam kehidupan masyarakat di Indonesia (termasuk masyarakat di sekitar tempat tinggalnya) sesuai hasil diskusi kelompok.
Mengomunikasikan
- Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusi tentang contoh pengaruh Hindu-Buddha dalam kehidupan masyarakat di Indonesia (termasuk masyarakat di sekitar tempat tinggalnya).
- Kelompok lain diminta memberi tanggapan dan saran atas hasil diskusi kelompok yang presentasi.
- Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.
3) Kegiatan Penutup
- Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
- Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
- Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan simpulan untuk dikumpulkan kepada guru.
- Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan
PERTEMUAN KE - 7
1) Kegiatan Pendahuluan
- Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
- Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
- Guru memberi motivasi dan menanyakan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
- Peserta didik menerima informasi dari guru tentang topik pembelajaran yaitu kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 3 – 4 orang.
2) Kegiatan Inti
Mengumpulkan Informasi
- Peserta didik diminta mencari informasi mengenai kerajaan- kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
- Peserta didik dapat mencari informasi/data tersebut dengan membaca uraian tentang kerajaan-kerajaan Hindu–Buddha yang terdapat di dalam Buku Siswa.
- Peserta didik dapat mencari informasi melalui sumber yang lain seperti buku referensi yang relevan atau internet jika tersedia fasilitas internet.
- Berdasarkan informasi yang diperoleh, peserta didik diminta menjelaskan kehidupan masyarakat pada kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
Mengasosiasi
- Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis informasi/ data mengenai kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha yang diperoleh dari berbagai sumber.
- Bersama kelompoknya, perserta didik diminta menemukan persamaan dan perbedaan kehidupan masyarakat di kerajaan Kutai, kerajaan Tarumanegara, dan kerajaan Sriwijaya.
- Peserta didik diminta menulis penjelasan tentang persamaan dan perbedaan kehidupan masyarakat di kerajaan Kutai, kerajaan Tarumanegara, dan kerajaan Sriwijaya sesuai hasil diskusi kelompok.
Mengomunikasikan
- Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusi tentang tentang persamaan dan perbedaan kehidupan masyarakat di kerajaan Kutai, kerajaan Tarumanegara, dan kerajaan.
- Kelompok lain diminta memberi tanggapan dan saran atas hasil diskusi kelompok yang presentasi.
- Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.
3) Kegiatan Penutup
- Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
- Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
- Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan simpulan untuk dikumpulkan kepada guru.
- Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan
PERTEMUAN KE - 8
1) Kegiatan Pendahuluan
- Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
- Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas.
- Guru memberi motivasi dan menanyakan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
- Peserta didik menerima informasi dari guru tentang topik pembelajaran yaitu peninggalan-peninggalan Masa Hindu- Buddha.
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 3 – 6 orang.
2) Kegiatan Inti
Mengamati
- Peserta didik diminta mengamati gambar contoh peninggalan dari masa Hindu-Buddha di Indonesia yaitu Borobudur dan Candi Prambanan
Candi Borubudur Candi Prambanan
- Setelah mengamati, peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru bahwa masih banyak peninggalan-peninggalan dari masa Hindu-Buddha yang lainnya.
Mengumpulkan Informasi
- Bersama kelompoknya, peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data mengenai peninggalan-peninggalan dari masa Hindu-Buddha di Indonesia.
- Peserta didik dapat mencari informasi/data dengan membaca uraian teori mengenai peninggalan dari masa Hindu-Buddha di Indonesia yang terdapat dalam Buku Siswa.
- Peserta didik dapat mencari informasi melalui sumber yang lain, seperti buku referensi yang relevan atau internet jika tersedia fasilitas internet.
Mengasosiasi
- Bersama kelompoknya, peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.
- Peserta didik diminta menulis tentang 10 buah peninggalan dari masa Hindu-Buddha yang ada di Indonesia yang dilengkapi dengan keterangan dan gambar.
Mengomunikasikan
- Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
- Kelompok lain diminta memberi tanggapan dan saran atas hasil kerja kelompok yang presentasi.
- Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.
3) Kegiatan Penutup
- Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
- Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
- Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan simpulan untuk dikumpulkan kepada guru.
- Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan