IPS KELAS 7A & 7B/ TEMA 4/ RPP TM 9-13/ MINGGU KE-1 & 2 MEI 2021/ KEHIDUPAN MASYARAKAT PADA MASA ISLAM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

 

Satuan Pendidikan         :   SMP IT ALHUDA SUKABUMI

Kelas / Semester            :   VII / 2

Mata Pelajaran               :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Tema 4                           :   Kehidupan Masyarakat Indonesia Pada Masa Pra-Aksara, Hindu-Buddha dan Islam

Sub Tema 3                    :   Kehidupan Masyarakat pada Masa Islam

Alokasi Waktu                 :  10 JP

 

 

a.    Kompetensi Inti (KI)

KI-1    :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI-2    :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3    :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4    :  Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret (menggunakan,  mengurai,  merangkai,  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

 

B.    Kompetensi Dasar  (KD) & INDIKATOR

Kompetensi Dasar  (KD)

INDIKATOR

3.4     Memahami berpikir kronologi, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya,  geografis, dan  pendidikan  sejak  masa  praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.

3.4.4     Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Islam

3.4.5     Pengertian kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Islam

3.4.6     Proses masuknya agama Islam ke Indonesia

3.4.7     Pengaruh-pengaruh kebudayaan Islam pada masyarakat Indonesia dalam berbagai bidang

3.4.8     Macam-macam hasil budaya dan peninggalan sejarah pada masa Islam

 

4.4.    Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.

4.4.1  Mempresentasikan hasil Diskusi kelompok tentang Kehidupan Masyarakat pada Masa Islam di depan kelas

 

C.    TUJUAN Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :

  • Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Islam

 

D.    METODE Pembelajaran

1)     Pendekatan                  :  Saintifik

2)     Model Pembelajaran     :  Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)

 

E.    Materi Pembelajaran

Masa Islam

1)  Masuknya Islam ke Indonesia

2)  Persebaran Islam di Indonesia

3)  Pengaruh Islam terhadap Masyarakat di Indonesia

4)  Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

5)  Peninggalan Sejarah  Masa Islam  di Indonesia

 

F.    MEDIA, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

  • Media

-       Gambar-gambar    yang    berkaitan    dengan    peninggalan- peninggalan dari masa Islam di Indonesia

-       LCD proyektor dan komputer serta tayangan slide power point (ppt) yang telah disiapkan

  • Sumber

-       Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Edisi Revisi Kelas VII, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2016.

-       Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan

 

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE -  9

1)     Kegiatan Pendahuluan

  • Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
  • Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
  • Guru  memberi  motivasi  dan  menanyakan  materi  yang  telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
  • Peserta  didik  menerima  informasi  dari  guru  tentang  topik pembelajaran yaitu masuknya Islam ke Indonesia.
  • Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 3–4 orang.

 

2)     Kegiatan Inti

Mengamati

  • Peserta didik diminta mengamati gambar yang menunjukkan jalur perdagangan laut para pedagang dari Arab, Persia, dan Gujarat ke Indonesia.

 

Jalur perdagangan laut para pedagang dari Arab, Persia, dan Gujarat ke Indonesia

  • Berdasarkan hasil pengamatan, peserta didik menyebutkan keuntungan yang diperoleh masyarakat di Indonesia dari perdagangan laut ini?

 

Menanya

  • Peserta didik diminta merumuskan pertanyaan mengenai masuknya Islam ke Indonesia. Contoh:

(1) Bagaimana   masuknya   kebudayaan   Hindu-Buddha   ke Indonesia?

2) Apa  kaitannya  dengan  kedatangan  para  pedagang  dari Arab, Persia, dan Gujarat dengan masuknya Islam ke Indonesia?

  • Peserta didik diajak menyeleksi apakah pertanyaan yang dirumuskan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Jika belum sesuai, peserta didik diminta memperbaiki rumusan pertanyaan dengan panduan guru.

 

Mengumpulkan Informasi

  • Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
  • Peserta didik dapat mencari informasi/data dengan membaca uraian teori mengenai masuknya Islam ke Indonesia yang terdapat di dalam Buku Siswa.
  • Peserta didik dapat mencari informasi melalui sumber yang lain seperti buku referensi yang relevan atau internet jika tersedia fasilitas internet.

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.
  • Peserta didik diminta mendiskusikan teori-teori tentang masuknya Islam ke Indonesia bersama kelompoknya.
  • Berdasarkan hasil diskusi kelompok, peserta didik diminta menulis penjelasan tentang teori yang dianggap paling benar mengenai masuknya Islam ke Indonesia.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
  • Kelompok lain diminta memberi tanggapan dan saran atas hasil diskusi kelompok yang presentasi.
  • Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.

 

3)     Kegiatan Penutup

  • Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
  • Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan simpulan untuk dikumpulkan kepada guru.
  • Peserta  didik  diminta  melakukan  refleksi terhadap  proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.

 

PERTEMUAN KE -  10

1)     Kegiatan Pendahuluan

  • Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
  • Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
  • Guru memberi motivasi dan menanyakan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
  • Peserta   didik   menerima   informasi   dari   guru   tentang   topik pembelajaran yaitu persebaran Islam di Indonesia.

 

2)     Kegiatan Inti

Mengamati

  • Peserta didik diminta mengamati gambar peta persebaran Isam di Indonesia.
  • Setelah  mengamati,  peserta  didik  diminta  mendeskripsikan persebaran Islam di Indonesia.

 

Mengumpulkan Informasi

  • Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data mengenai jalur dan cara persebaran Islam di Indonesia.
  • Peserta didik dapat mencari informasi/data dengan membaca uraian materi tentang persebaran Islam di Indonesia yang terdapat dalam Buku Siswa.
  • Peserta didik dapat mencari informasi melalui sumber yang lain, seperti buku referensi yang relevan atau internet jika tersedia fasilitas internet.

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.
  • Peserta didik menulis penjelasan tentang jalur dan cara persebaran Islam di Indonesia.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru
  • Peserta didik mendengarkan tanggapan guru terhadap hasil kerjanya.
  • Masing-masing peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.

 

3)     Kegiatan Penutup

  • Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
  • Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan hasil kerjanya.
  • Peserta  didik  diminta  melakukan  refleksi  terhadap  proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.

 

c.   Kegiatan Penutup

  • Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
  • Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan simpulan untuk dikumpulkan kepada guru.
  • Peserta  didik  diminta  melakukan  refleksi  terhadap  proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan

 

PERTEMUAN KE -  11

1)     Kegiatan Pendahuluan

  • Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
  • Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas.
  • Guru memberi motivasi dan menanyakan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
  • Peserta didik menerima informasi dari guru tentang topik pembelajaran yaitu pengaruh Islam terhadap masyarakat di Indonesia
  • Peserta  didik  dibagi  menjadi  beberapa  kelompok,  tiap  kelompok terdiri atas 3–6 orang.

 

2)     Kegiatan Inti

Mengumpulkan Informasi

  • Peserta  didik  diminta  mencari  informasi  mengenai  pengaruh Islam terhadap masyarakat di Indonesia.
  • Peserta didik dapat mencari informasi/data dengan membaca uraian materi tentang pengaruh Islam di Indonesia yang terdapat dalam Buku Siswa.
  • Peserta didik dapat mencari informasi melalui sumber yang lain, seperti buku referensi yang relevan atau internet jika tersedia fasilitas internet.

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.
  • Peserta didik diminta menemukan contoh kesinambungan sejarah antara masa Hindu-Buddha dengan masa Islam. Misalnya dalam bentuk bangunan atau kesenian.
  • Peserta didik menulis uraian mengenai kesinambungan sejarah antara masa Hindu-Buddha dengan masa Islam hasil berdasarkan hasil analisis.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru
  • Peserta  didik  mendengarkan  tanggapan  guru  terhadap  hasil kerjanya.
  • Masing-masing  peserta  didik  membuat  kesimpulan  dengan bimbingan guru.

 

3)     Kegiatan Penutup

  • Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
  • Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan hasil kerjanya.
  • Peserta  didik  diminta  melakukan  refleksi terhadap  proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.

 

PERTEMUAN KE -  12

1)     Kegiatan Pendahuluan

  • Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
  • Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
  • Guru  memberi  motivasi  dan  menanyakan  materi  yang  telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
  • Peserta   didik   menerima   informasi   dari   guru   tentang   topik pembelajaran yaitu kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
  • Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 3–6 orang.

 

2)     Kegiatan Inti

Mengumpulkan Informasi

  • Peserta didik diminta mencari informasi mengenai kerajaan- kerajaan Islam di Indonesia.
  • Peserta didik dapat mencari informasi/data tersebut dengan membaca uraian tentang kerajaan-kerajaan Islam yang terdapat di dalam Buku Siswa.
  • Peserta didik dapat mencari informasi melalui sumber yang lain seperti buku referensi yang relevan atau internet jika tersedia fasilitas internet.
  • Berdasarkan informasi yang diperoleh, peserta didik diminta menjelaskan kehidupan masyarakat pada kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

 

Mengasosiasi

  • Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis informasi/ data mengenai kerajaan-kerajaan Islam yang diperoleh dari berbagai sumber.
  • Bersama kelompoknya, perserta didik diminta menemukan persamaan dan perbedaan kehidupan masyarakat di kesultanan Samudra Pasai, Aceh Darussalam, Demak dan Banten.
  • Peserta didik diminta menulis penjelasan tentang persamaan dan perbedaan kehidupan masyarakat di kesultanan Samudra Pasai, Aceh Darussalam, Demak dan Banten.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusi tentang tentang persamaan dan perbedaan kehidupan masyarakat kesultanan Samudra Pasai, Aceh Darussalam, Demak dan Banten.
  • Kelompok lain diminta memberi tanggapan dan saran atas hasil diskusi kelompok yang presentasi.
  • Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.

 

3)     Kegiatan Penutup

  • Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
  • Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan simpulan untuk dikumpulkan kepada guru.
  • Peserta  didik  diminta  melakukan  refleksi terhadap  proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.

 

PERTEMUAN KE -  13

1)     Kegiatan Pendahuluan

  • Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
  • Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas.
  • Guru memberi motivasi dan menanyakan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
  • Peserta didik menerima informasi dari guru tentang topik pembelajaran yaitu peninggalan sejarah masa Islam di Indonesia
  • Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 3–6 orang.

 

2)     Kegiatan Inti

Mengamati

  • Peserta didik diminta mengamati gambar contoh peninggalan dari masa Islam di Indonesia yaitu Masjid Baiturrahman di Aceh.

 

Masjid Baiturrahman

  • Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru bahwa masih banyak peninggalan-peninggalan dari masa Islam yang lainnya.

 

Mengumpulkan Informasi

  • Bersama kelompoknya, peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data mengenai peninggalan- peninggalan dari masa Islam di Indonesia.
  • Peserta didik dapat mencari informasi/data dengan membaca uraian materi mengenai peninggalan dari masa Islam di Indonesia yang terdapat dalam Buku Siswa.
  • Peserta didik dapat mencari informasi melalui sumber yang lain, seperti buku referensi yang relevan atau internet jika tersedia fasilitas internet.

 

Mengasosiasi

  • Bersama kelompoknya, peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.
  • Peserta didik diminta menulis tentang 10 buah peninggalan dari masa Islam yang ada di Indonesia yang dilengkapi dengan gambar dan keterangan.

 

Mengomunikasikan

  • Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
  • Kelompok lain diminta memberi tanggapan dan saran atas hasil kerja kelompok yang presentasi.
  • Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.

 

3)     Kegiatan Penutup

  • Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
  • Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
  • Peserta didik diingatkan untuk menyempurnakan simpulan untuk dikumpulkan kepada guru.
  • Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.