SMP IT ALHUDA SUKABUMI |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL |
Guru Mapel : Yayah Masripah, M,Pd |
KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL KELAS 7 TAHUN AJARAN 2017-2018 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
No soal |
Bentuk Soal |
Aspek |
Tingkat Kesukaran |
C1 |
C2 |
C3 |
Md |
Sd |
Sk |
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
Kemampuan menjelaskan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia |
Murid menemukan pengertian tentang letak astronomis suatu wilayah |
Pengertian letak astronomis |
1,9 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Murid menemukan letak astronomis Indonesia |
Letak astronomis Indonesia |
2,7 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Murid menemukan alas an Indonesia beriklim tropis |
Ciri-ciri Negara Tropis |
4 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
Murid mampu menjelaskan keuntungan letak astronomis |
Keuntungan letak astronomis |
8 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Murid menemukan pengertian letak geografis |
Pengertian letak geografis |
6 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Murid menemukan letak geografis Indonesia |
Letak geografis Indonesia |
3,10 |
PG |
|
v |
|
v |
|
|
Murid menyebutkan batas-batas Negara Indonesia |
Batas-batas Negara Indonesia |
5 |
PG |
|
|
v |
v |
|
|
Murid menemukan dampak positif dan dampak negative letak geografis Indonesia |
dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia |
11 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
Murid mampu menyebutkan pengertian tentang iklim dan pembagian iklim di Indonesia |
iklim dan pembagian iklim di Indonesia |
12,13 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Murid mampu menjelaskan tentang Angin Muson Barat |
Angin Muson Barat |
14,15 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Murid mampu menjelaskan tentang Angin Muson Timur |
Angin Muson Timur |
16 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Murid menyebutkan pengertian tenaga eksogen dan macam-macam tenaga eksogen |
Pengertian tenaga Eksogen |
17 |
PG |
v |
|
|
|
|
v |
Murid menyebutkan pengertian tenaga eksogen dan macam-macam tenaga eksogen |
Macam-macam tenaga eksogen |
18,19 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
Kemampuan menjelaskan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia |
Murid menyebutkan pengertian tenaga endogen |
Pengertian Tenaga Endogen |
20 |
PG |
v |
|
|
|
|
v |
Murid menyebutkan pengertian tenaga endogen dan macam-macam tenaga endogen |
Macam-macam tenaga endogen |
29 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
Murid mampu menyebutkan macam-macam bentuk muka bumi |
Pantai |
21 |
PG |
|
v |
|
v |
|
|
Dataran Rendah |
22,23 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Dataran Tinggi |
27 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Aktivitas penduduk |
Dataran Rendah |
25,26 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
Gunung |
24 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
Potensi Bencana alam |
Dataran Rendah |
28 |
PG |
|
|
v |
v |
|
|
Dataran Tinggi |
30 |
PG |
|
|
v |
v |
|
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik. |
Pengertian Manusia Praaksara |
Pengertian Manusia Praaksara |
37 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Ciri-ciri manusia praaksara |
39,43 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Kehidupan Masyarakat Praaksara dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan politik |
Kehidupan sosial dan ekonomi manusia praaksara |
46 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
peninggalan manusia praaksara |
38 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
Jenis-jenis manusia praaksara |
41 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
Pembagian zaman pembentukan bumi menurut ilmu geologi |
Pengertian Arkaikum |
31 |
PG |
v |
|
|
|
|
v |
Pengertian Paleozoikum |
32,45 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
Pengertian Mesozoikum |
33,42 |
PG |
|
|
|
|
v |
|
Pengertian Neoozoikum |
34,44 |
PG |
|
v |
|
v |
|
|
Pembagian zaman batu |
Zaman Paleolithikum |
35,40 |
PG |
|
|
|
v |
|
|
Zaman Mesolitikum |
47 |
PG |
|
|
|
|
v |
|
Zaman Neolithikum |
48 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Zaman Megalitikum |
49,50 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
Ciri kehidupan manusia prasejarah |
36 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sukabumi, 21 September 2017 |
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Yayah Masripah, M.Pd |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|