IPS KELAS 8A & 8B/ TEMA 3/ RPP 1-2/ MINGGU KE 3 JANUARI 2021/ Keunggulan dan Keterbatasan Antar Ruang dan Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian dan pelaku ekonomi (4JP)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama                               : Yayah Masripah, M,Pd

Bidang Studi                       : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas / Semester               : VIII / Genap

Materi Pokok                      : Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran pelaku Ekonomi

Alokasi Waktu                    : 2 x 40 Menit (dua kali pertemuan)

 A.     Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran ini siswa mampu :

  • Menjelaskan keterbatasan Antarruang dalam permintaan, penawaran, dan teknologi
  • Menyebutkan keunggulan Antarruang dalam permintaan, penawaran, dan teknologi
  • Menjelaskan pengertian pelaku ekonomi
  • Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi dalam perekonomian

 

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal

  • Ø Salam dan apersepsi dengan BRAIN GAME senam otak aktivasi otak kanan dan otak kiri
  • Ø Guru mempersiapkan dan mengola Grup Whatshaap sebagai kelas Online
  • Ø Guru menyiapkan materi pembelajaran dalam bentuk dokumen di group Whatshaap
  • Ø Guru mempersiapkan Zoom Premium Kelas untuk melaksanakan kelas ONLINE

2. Kegiatan Inti

  • Ø Guru membuka pembelajaran di zoom premium kelas 8
  • Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Guru memberikan internalisasi ayat alquran berkenaan materi yang dipelajari
  • Ø Guru memberikan share  PPT dan link youtube terkait materi pembelajaran
  • Ø Guru dan Siswa bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami melalui zoom premium online
  • Ø Guru mengirimkan modul untuk di rangkum oleh siswa melalui Whatshap (WA)
  • Ø Guru meminta siswa mengerjakan LKS tentang keunggulan Antarruang serta peran pelaku ekonomi
  • Ø Guru membuat kesepakatan dengan siswa kapan waktu penyelesaian dan dan penyerahan tugas

3. Kegiatan Penutup

  • Ø Guru memberikan waktu kepada siswa selama sehari untuk mengerjakan tugas
  • Ø Tugas difoto dan dikirim melalui Whatshaap pribadi guru atau email
  • Ø Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam

 

C.     Penilaian

  • Sikap                  : Lembar pengamatan
  • Pengetahuan       : Tingkat pemahaman peserta didik
  • Keterampilan      : Kinerja dan observasi

Mengetahui,                                                                                                                         Sukabumi, Januari 2021

Kepala Sekolah                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Ir. Wahjoe Widjajanto                                                                                                                       Yayah Masripah, M.Pd

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.