RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP IT ALHUDA SUKABUMI
Kelas / Semester : VIII/ 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema 3 : Keunggulan dan Keterbatasan Antar ruang serta Pengaruhnya
Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN
Sub Tema 1 : Perdagangan Antar Daerah atau Antar Pulau dan Perdagnagan internasional
Alokasi Waktu : 8 JP
a. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B. Kompetensi Dasar (KD) & INDIKATOR
kompetensi dasar (kd)
3.3 Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi
4.3. Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi
INDIKATOR
- Mendeskripsikan perdagangan antar pulau
- Mendeskripsikan perdagnagan antar negara
C. MATERI PEMBELAJARAN
Perdagangan antar daerah/ pulau dan perdagangan Internasional
- Perdagangan antar pulau/daerah
1) Pengertian perdagangan antar pulau
2) Tujuan perdagangan antar pulau
3) Faktor pendorong dan manfaat perdagangan antar pulau
- Perdagangan antar negara
1) Pengertian dan ruang lingkup perdagangan antar negara/internasional
2) Aktivitas perdagangan antar negara
3) Kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor
4) Factor pendorong ekspor
5) Menfaat perdagangan antar negara
6) Factor pendorong perdagangan antar negara
7) Perbedaan perdagangan antar pulau dengan perdagangan antar negara
D. PROSES PEMBELAJARAN
SUB BAB B. Perdagnagan Antar Daerah atau Antarpulau dan Perdagangan Internasional (8 JP)
Pertemuan 1 (2JP)
- Pendahuluan
- Guru memberikan salam dan menanyakan kabar
- Berdoa Bersama
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan rencana penilaian
- Guru memberikan motivasi
- Kegiatan Inti
- Peserta didik di bagi kelompok yang berjumlah 3-4 orang
- Setiap kelompok diminta mengamati gambar artikel terkait dengan perdagangan antar pulau/ antar negara
- Setelah mengamati gambar maka peserta didik mengisi LKS
- Peserta didik berdiskusi untuk merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan perdagangan antar pulau. Contoh bagaimana proses terjadinya perdagangan antar pulau
- Setiap kelompok menyampaikan pertanyaan yang telah mereka rumuskan
- Peserta didik dipandu menyeleksi pertanyaan sesuai dengan materi
PERTEMUAN 2 (2 jp)
- Setiap peserta didik mengumpulkan data/informasi yagn diperlukan utnuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan dan membuka referensi untuk mencari jawaban tentang perdagangan antar pulau, perdagangan internasional, keunggulan, keterbatrasan sumber daya antar ruang dan penaruhnya terhadap permintaan, penawaran, teknologi dan pelaku ekonomi
- Peserta didik mendiskusikan dan menyampaikan informasi yang mereka temukan dalam kelompok masing-masing
- Setiap kelompok menganalkisis data yang telah dikumpulkan untuk menjawab pertnyaan yang telah dirumuskan
- Setiap kelompok menuangkan hasil kerjanya dalam bentuk power point dengan disertai data yang mereka dapatkan
PERTEMUAN 3-4 (4 JP)
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi yang telah dituangkan dalam LKS
- Guru dan peserta didik mengoreksi LKS
- Peserta didik di kelompok lain memberikan tanggapan
- Menyimpulkan hasil diskusi
E. PENUTUP
- Guru membeirkan dan mengecek kembali penilaian selama proses pembelajaran
- Peserta didik diminta menyampaikan manfaat dari pembelajaran
- Guru menyampaikan garis besar materi
- Guru menyampaikan salam penutup
- F. EVALUSI
- Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
- Teknik penilaian jurnal
- Bentuk instrument Lembar Jurnal
- Penilaian kompetensi pengetahuan
- Teknik penilaian tes lisan
- Teknik penilaian Ujian Online Tes Pemahaman Materi di SIAS
- Penilaian kompetensi keterampilan\
- Teknik penilaian
- Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
1) Penilaian produk
2) Penilaian kinerja
- Instrument penilaian
- G. PEMBELAJARAN REMEDIAL
Tidak lanjut untuk peserta didik yang belum mencapai KKm diberikan program remedial yang dilakukan pada kompetensi pengetahuan, keterampilan atau sikap. Langkah yang dilakukan
- Identifikasi permasalahan pembelajaran
- Perencanaan program remedial
- Melaksanakan remedial di sias online sampai mencapai nilai 100
- Penilaian autentik
- H. PENGAYAAN
Program pengayaan dilakukan bagi peserta didik yang nilainya diatas KKM diminta mencari contoh terkait dengan perdagangan antar pulau dan antar negara. Hasilnya ditulis dan diperesentasikan di depan kelas.
Mengetahui, Sukabumi, Januari 2021
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
Ir. Wahjoe Widjajanto Yayah Masripah, M.Pd