IPS KELAS 8A & 8B/ TEMA 3/ MINGGU KE 1 & 2 FEBRUARI 2021/ RPP TM 5-8 PERDAGANGAN ANTAR PULAU

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

 

Satuan Pendidikan                  :   SMP IT ALHUDA SUKABUMI

Kelas / Semester                      :   VIII/ 2

Mata Pelajaran                          :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Tema 3                                      :   Keunggulan dan Keterbatasan Antar ruang serta Pengaruhnya

                                                        Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN

Sub Tema 1                               :   Perdagangan Antar Daerah atau Antar Pulau dan Perdagnagan internasional

Alokasi Waktu                          :   8 JP

 

a.      Kompetensi Inti (KI)

KI-1      :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI-2      :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3      :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4      :  Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret (menggunakan,  mengurai,  merangkai,  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

 

B.      Kompetensi Dasar  (KD) & INDIKATOR

 

kompetensi dasar (kd)

3.3     Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

4.3.    Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

 

INDIKATOR

  1. Mendeskripsikan perdagangan antar pulau
  2. Mendeskripsikan perdagnagan antar negara

 

C.   MATERI PEMBELAJARAN

Perdagangan antar daerah/ pulau dan perdagangan Internasional

  1. Perdagangan antar pulau/daerah

1)    Pengertian perdagangan antar pulau

2)    Tujuan perdagangan antar pulau

3)    Faktor pendorong dan manfaat perdagangan antar pulau

  1. Perdagangan antar negara

1)    Pengertian dan ruang lingkup perdagangan antar negara/internasional

2)    Aktivitas perdagangan antar negara

3)    Kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor

4)    Factor pendorong ekspor

5)    Menfaat perdagangan antar negara

6)    Factor pendorong perdagangan antar negara

7)    Perbedaan perdagangan antar pulau dengan perdagangan antar negara

 

D. PROSES PEMBELAJARAN

SUB BAB B. Perdagnagan Antar Daerah atau Antarpulau dan Perdagangan Internasional (8 JP)

Pertemuan 1 (2JP)

  1. Pendahuluan
    1. Guru memberikan salam dan menanyakan kabar
    2. Berdoa Bersama
    3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan rencana penilaian
    4. Guru memberikan motivasi

 

  1. Kegiatan Inti
    1. Peserta didik di bagi kelompok yang berjumlah 3-4 orang
    2. Setiap kelompok diminta mengamati gambar artikel terkait dengan perdagangan antar pulau/ antar negara
    3. Setelah mengamati gambar maka peserta didik mengisi LKS

 

  1. Peserta didik berdiskusi untuk merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan perdagangan antar pulau. Contoh bagaimana proses terjadinya perdagangan antar pulau
  2. Setiap kelompok menyampaikan pertanyaan yang telah mereka rumuskan
  3. Peserta didik dipandu menyeleksi pertanyaan sesuai dengan materi

 

PERTEMUAN 2 (2 jp)

  1. Setiap peserta didik mengumpulkan data/informasi yagn diperlukan utnuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan dan membuka referensi untuk mencari jawaban tentang perdagangan antar pulau, perdagangan internasional, keunggulan, keterbatrasan sumber daya antar ruang dan penaruhnya terhadap permintaan, penawaran, teknologi dan pelaku ekonomi
  2. Peserta didik mendiskusikan dan menyampaikan informasi yang mereka temukan dalam kelompok masing-masing
  3. Setiap kelompok menganalkisis data yang telah dikumpulkan untuk menjawab pertnyaan yang telah dirumuskan
  4. Setiap kelompok menuangkan hasil kerjanya dalam bentuk power point dengan disertai data yang mereka dapatkan

 

PERTEMUAN 3-4 (4 JP)

  1. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi yang telah dituangkan dalam LKS
  2. Guru dan peserta didik mengoreksi LKS
  3. Peserta didik di kelompok lain memberikan tanggapan
  4. Menyimpulkan hasil diskusi

 

E. PENUTUP

  1. Guru membeirkan dan mengecek kembali penilaian selama proses pembelajaran
  2. Peserta didik diminta menyampaikan manfaat dari pembelajaran
  3. Guru menyampaikan garis besar materi
  4. Guru menyampaikan salam penutup

 

  1. F.       EVALUSI
    1. Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
      1. Teknik penilaian jurnal
      2. Bentuk instrument Lembar Jurnal
    2. Penilaian kompetensi pengetahuan
      1. Teknik penilaian tes lisan
      2. Teknik penilaian Ujian Online Tes Pemahaman Materi di SIAS
    3. Penilaian kompetensi keterampilan\
      1. Teknik penilaian

1)       Penilaian produk

2)       Penilaian kinerja

  1. Instrument penilaian

 

  1. G.      PEMBELAJARAN REMEDIAL

Tidak lanjut untuk peserta didik yang belum mencapai KKm diberikan program remedial yang dilakukan pada kompetensi pengetahuan, keterampilan atau sikap. Langkah yang dilakukan

  1. Identifikasi permasalahan pembelajaran
  2. Perencanaan program remedial
  3. Melaksanakan remedial di sias online sampai mencapai nilai 100
  4. Penilaian autentik

 

  1. H.       PENGAYAAN

Program pengayaan dilakukan bagi peserta didik yang nilainya diatas KKM diminta mencari contoh terkait dengan perdagangan antar pulau dan antar negara. Hasilnya ditulis dan diperesentasikan di depan kelas.

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                                                                            Sukabumi, Januari 2021

Kepala Sekolah                                                                                                                               Guru Mapel IPS

 

 

 

 

 

Ir. Wahjoe Widjajanto                                                                                                               Yayah Masripah, M.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.