RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP IT ALHUDA SUKABUMI
Kelas / Semester : VIII/ 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema 3 : Keunggulan dan Keterbatasan Antar ruang serta Pengaruhnya
Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN
Sub Tema 1 : Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur
Alokasi Waktu : 8 JP
a. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B. Kompetensi Dasar (KD) & INDIKATOR
kompetensi dasar (kd)
3.3 Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi
4.3. Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi
INDIKATOR
- Menjelaskan model penguatan ekonomi maritime
- Menjelaskan model penguatan ekonomi agrikultur
- Menganalisis pendistribusian kembali pendapatan nasional
C. MATERI PEMBELAJARAN
- Penguatan ekonomi maritime dan agrikultur
- Penguatan ekonomi maritime
- Penguatan ekonomi agrikultur
D. PROSES PEMBELAJARAN
SUB BAB B. Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia (8 JP)
Pertemuan 1 (2JP)
- Pendahuluan
- Peserta didik Bersama guru menyampaikan salam
- Berdaoa Bersama
- Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
- Guru menyapaikan lingkup dan Teknik penilaian yang akand igunakan
- Peserta didik dibagi beberapa kelompok yang berisikan 3-4 orang per kelompok
- Kegiatan Inti
- Peserta didik diminta mencari tulisan yang terkait dengan pengembangan ekonomi maritime dan agrikultur di media massa
- Berdsarkan tulisan tentang pengembangan ekonomi maritime dan agrikultur maka peserta didik merumuskan hal-hal yang ingin mereka ketahui dari artikel yagn mereka temukan
- Berdasarkan hal yang ingin diktahui, peserta didik diminta merumuskan pertanyaan,
- Peserta didik Bersama guru menyeleksi pertanyaan yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran
- Peserta didi diminta mendiskusikan dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan yang telah ditumuskan sesuai dengan apa yang diketahui
PERTEMUAN 2
- Peserta didik mengumpulkan informasi sebanyak-banaknya yang relevel dengan materi untuk menjawab pertanyaan dan membuktikan benar tidaknya jawaban sementara. Siswa mengumpulkan berbagai informasi yang relevan tentang pengertian ekonomi maritime dan agrikultur dengan membaca buku ataupun mecari di internet
- Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat untuk emmbuktikan benar atau tidaknya jawaban sementara
PERTEMUAN 3 DAN 4
- Setiap kelompok memperesentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan
- Guru memberikan penilaian kepada siswa yang melakukan presentasi
- Menarik kesimpulan Bersama-sama dari Bahasan materi
- Kegiatan Penutup
- Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait denan penguasaan materi dan pembelajarn yang telah dilakukan
- Peserta didik diberikan pesan moral
- Guru menyampaikan tugas untuk pertemuan selanjutnya
- Guru menyampaikan salam penutup
- E. EVALUSI
- Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
- Teknik penilaian jurnal
- Bentuk instrument Lembar Jurnal
- Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
- Penilaian kompetensi pengetahuan
- Teknik penilaian tes lisan
- Teknik penilaian Ujian Online Tes Pemahaman Materi di SIAS
- Penilaian kompetensi keterampilan\
- Teknik penilaian
1) Penilaian produk
2) Penilaian kinerja
- Instrument penilaian
- F. PEMBELAJARAN REMEDIAL
Tidak lanjut untuk peserta didik yang belum mencapai KKm diberikan program remedial yang dilakukan pada kompetensi pengetahuan, keterampilan atau sikap. Langkah yang dilakukan
- Identifikasi permasalahan pembelajaran
- Perencanaan program remedial
- Melaksanakan remedial di sias online sampai mencapai nilai 100
- Penilaian autentik
- G. PENGAYAAN
Program pengayaan dilakukan bagi peserta didik yang nilainya diatas KKM diminta mencari contoh terkait dengan keunggulan dan keteratasan antar ruang akan sumber daya yang dimiliki daerah tempat tinggal masing-masing dan daerah lain yang terkait dengan PENGUATAN EKONOMI MARITIM DAN AGRIKULTUR. Hasilnya ditulis dan diperesentasikan di depan kelas.
Mengetahui, Sukabumi, Januari 2021
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
Ir. Wahjoe Widjajanto Yayah Masripah, M.Pd