RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP IT ALHUDA SUKABUMI
Kelas / Semester : VIII/ 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema 3 : Keunggulan dan Keterbatasan Antar ruang serta Pengaruhnya
Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN
Sub Tema 1 : Redistribusi pendapatan Nasional
Alokasi Waktu : 8 JP
a. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B. Kompetensi Dasar (KD) & INDIKATOR
kompetensi dasar (kd)
3.3 Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi
4.3. Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi
INDIKATOR
- Menganalisis pendistribusian kembali pendapatan nasional
C. MATERI PEMBELAJARAN
- Pendistribusian kembali pendapatan
- Pengertian redistribusi pendapatan
- Program redistribusi untuk pemerataan pendapatan di Indoensia
- Beberapa alternative praktek redistribusi pendapatan di Indonesai
D. PROSES PEMBELAJARAN
SUB BAB B. Redistribusi Pendapatan Nasional (8 JP)
Pertemuan 1 (2JP)
- Pendahuluan
- Peserta didik Bersama guru menyampaikan salam
- Berdaoa Bersama
- Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
- Guru menyapaikan lingkup dan Teknik penilaian yang akand igunakan
- Peserta didik dibagi beberapa kelompok yang berisikan 3-4 orang per kelompok
- Kegiatan Inti
- Guru menunjukkan gambar tentang contoh pendistribusian kembali pendapatan nasional
- Amati gambar berikut :
Menanya
- didik merumuskan hal-hal yang ingin mereka ketahui dari artikel yagn mereka temukan dari gambar diatas
- Berdasarkan hal yang ingin diktahui, peserta didik diminta merumuskan pertanyaan,
- Peserta didik Bersama guru menyeleksi pertanyaan yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran
- Peserta didi diminta mendiskusikan dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan yang telah ditumuskan sesuai dengan apa yang diketahui
PERTEMUAN 2
MENGUMPULKAN INFORMASI
- Peserta didik mengumpulkan informasi / data dari internet untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan tentang pengertian redistribusi pendapatan, program redistribusi pendapatan dan strategi pendistribuisan kembalian pendapatan
MENGASOSIASI / MENALAR
- Peserta didik menganalisa informasi yang telah dikumpulkan dari buku siswa utnuk merumuskan jawaban dari pertanyaan
- Peseerta didik berdiskusi dan mendeskripsikan danmengambil kesimpulan dari jawaban pertanyaan
- Peserta didik menuliskan jawaban dalam buku lks
PERTEMUAN 3 DAN 4
MENGKOMUNIKASIKAN
- Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kesimpulan dari jawaban
- Kelompok lain memberikan tanggapan
- Dan mengambil kesimpulan Bersama-sama dari materi
- E. KEGIATAN PENUTUP
- Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pembelajaran yagn telah dilakukan
- Peserta didik diberi pesan moral
- Guru menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya
- Guru menyampaikan salam penutup
- F. EVALUSI
- Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
- Teknik penilaian jurnal
- Bentuk instrument Lembar Jurnal
- Penilaian kompetensi pengetahuan
- Teknik penilaian tes lisan
- Teknik penilaian Ujian Online Tes Pemahaman Materi di SIAS
- Penilaian kompetensi keterampilan\
- Teknik penilaian
- Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
1) Penilaian produk
2) Penilaian kinerja
- Instrument penilaian
- G. PEMBELAJARAN REMEDIAL
Tidak lanjut untuk peserta didik yang belum mencapai KKm diberikan program remedial yang dilakukan pada kompetensi pengetahuan, keterampilan atau sikap. Langkah yang dilakukan
- Identifikasi permasalahan pembelajaran
- Perencanaan program remedial
- Melaksanakan remedial di sias online sampai mencapai nilai 100
- Penilaian autentik
- H. PENGAYAAN
Program pengayaan dilakukan bagi peserta didik yang nilainya diatas KKM diminta mencari contoh terkait dengan keunggulan dan keteratasan antar ruang akan sumber daya yang dimiliki daerah tempat tinggal masing-masing dan daerah lain yang terkait dengan tempat tinggal yang dpaat menimbulkan permintaan dan penawaran dari kedua daerah tersebut. Hasilnya ditulis dan diperesentasikan di depan kelas.
Mengetahui, Sukabumi, Januari 2021
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
Ir. Wahjoe Widjajanto Yayah Masripah, M.Pd