IPS KELAS 8A & 8B/ TEMA 3/ TM 13 - 16/ MINGGU KE 1 & 2 MARET 2021/ REDISTRIBUSI PENDAPATAN NASIONAL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

 

Satuan Pendidikan                  :   SMP IT ALHUDA SUKABUMI

Kelas / Semester                      :   VIII/ 2

Mata Pelajaran                          :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Tema 3                                      :   Keunggulan dan Keterbatasan Antar ruang serta Pengaruhnya

                                                        Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN

Sub Tema 1                               :   Redistribusi pendapatan Nasional

Alokasi Waktu                          :   8 JP

 

a.      Kompetensi Inti (KI)

KI-1      :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI-2      :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3      :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4      :  Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret (menggunakan,  mengurai,  merangkai,  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

 

B.      Kompetensi Dasar  (KD) & INDIKATOR

 

kompetensi dasar (kd)

3.3     Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

4.3.    Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

 

INDIKATOR

  1. Menganalisis pendistribusian kembali pendapatan nasional

 

C.   MATERI PEMBELAJARAN

  1. Pendistribusian kembali pendapatan
    1. Pengertian redistribusi pendapatan
    2. Program redistribusi untuk pemerataan pendapatan di Indoensia
    3. Beberapa alternative praktek redistribusi pendapatan di Indonesai

 

D. PROSES PEMBELAJARAN

SUB BAB B. Redistribusi Pendapatan Nasional (8 JP)

Pertemuan 1 (2JP)

  1. Pendahuluan
    1. Peserta didik Bersama guru menyampaikan salam
    2. Berdaoa Bersama
    3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
    4. Guru menyapaikan lingkup dan Teknik penilaian yang akand igunakan
    5. Peserta didik dibagi beberapa kelompok yang berisikan 3-4 orang per kelompok
    6. Kegiatan Inti
      1. Guru menunjukkan gambar tentang contoh pendistribusian kembali pendapatan nasional
      2. Amati gambar berikut :

 

                Menanya

  1. didik merumuskan hal-hal yang ingin mereka ketahui dari artikel yagn mereka temukan dari gambar diatas
  2. Berdasarkan hal yang ingin diktahui, peserta didik diminta merumuskan pertanyaan,
  3. Peserta didik Bersama guru menyeleksi pertanyaan yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran
  4. Peserta didi diminta mendiskusikan dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan yang telah ditumuskan sesuai dengan apa yang diketahui

PERTEMUAN 2

MENGUMPULKAN INFORMASI

  1. Peserta didik mengumpulkan informasi / data dari internet untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan tentang pengertian redistribusi pendapatan, program redistribusi pendapatan dan strategi pendistribuisan kembalian pendapatan

MENGASOSIASI / MENALAR

  1. Peserta didik menganalisa informasi yang telah dikumpulkan dari buku siswa utnuk merumuskan jawaban dari pertanyaan
  2. Peseerta didik berdiskusi dan mendeskripsikan danmengambil kesimpulan dari jawaban pertanyaan
  3. Peserta didik menuliskan jawaban dalam buku lks

PERTEMUAN 3 DAN 4

MENGKOMUNIKASIKAN

  1. Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kesimpulan dari jawaban
  2. Kelompok lain memberikan tanggapan
  3. Dan mengambil kesimpulan Bersama-sama dari materi
  4. E.       KEGIATAN PENUTUP
    1. Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pembelajaran yagn telah dilakukan
    2. Peserta didik diberi pesan moral
    3. Guru menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya
    4. Guru menyampaikan salam penutup

 

  1. F.       EVALUSI
    1. Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
      1. Teknik penilaian jurnal
      2. Bentuk instrument Lembar Jurnal
    2. Penilaian kompetensi pengetahuan
      1. Teknik penilaian tes lisan
      2. Teknik penilaian Ujian Online Tes Pemahaman Materi di SIAS
    3. Penilaian kompetensi keterampilan\
      1. Teknik penilaian

1)       Penilaian produk

2)       Penilaian kinerja

  1. Instrument penilaian

 

  1. G.      PEMBELAJARAN REMEDIAL

Tidak lanjut untuk peserta didik yang belum mencapai KKm diberikan program remedial yang dilakukan pada kompetensi pengetahuan, keterampilan atau sikap. Langkah yang dilakukan

  1. Identifikasi permasalahan pembelajaran
  2. Perencanaan program remedial
  3. Melaksanakan remedial di sias online sampai mencapai nilai 100
  4. Penilaian autentik

 

  1. H.       PENGAYAAN

Program pengayaan dilakukan bagi peserta didik yang nilainya diatas KKM diminta mencari contoh terkait dengan keunggulan dan keteratasan antar ruang akan sumber daya yang dimiliki daerah tempat tinggal masing-masing dan daerah lain yang terkait dengan tempat tinggal yang dpaat menimbulkan permintaan dan penawaran dari kedua daerah tersebut. Hasilnya ditulis dan diperesentasikan di depan kelas.

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                                                                            Sukabumi, Januari 2021

Kepala Sekolah                                                                                                                               Guru Mapel IPS

 

 

 

 

 

Ir. Wahjoe Widjajanto                                                                                                               Yayah Masripah, M.Pd

 

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.