RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP IT ALHUDA SUKABUMI
Kelas / Semester : VIII/ 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema 3 : Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan
Tumbuhnya Semangat Kebangsaan
Sub Tema 1 : Sub Bab A. Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
Alokasi Waktu : 8 JP
a. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B. Kompetensi Dasar (KD) & INDIKATOR
kompetensi dasar (kd)
3.4 Menganalisis kronologi perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, Pendidikan, social, budaya dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi
4.3. Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi
INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan latar belakang, proses dan reaksi bangsa Indonesia terhadap kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
C. MATERI PEMBELAJARAN
- Kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia
- Latar belakang kedatangan (4 JP)
- Kedatangan bangsa-bangsa barat (4 JP)
- D. PROSES PEMBELAJARAN
Sub Bab A. Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia (8 JP)
PERTEMUAN 1 dan 2
- Pendahuluan
- Peserta didik Bersama guru menyampaikan salam dan berdoa
- Peserta didik Bersama guru mengkondisi kelas
- Guru memberi motivasi, menampilkan peta negara ASEAN dan negara yang pernah menjajah, serta negara yang tidak mengalami penjajahan bangsa
- Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran
- Peserta didik dibagi menajdi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri atas 3-4 orang
- Kegiatan Inti
- Mengamati
- Guru melakukan tanya jawab tentang kondisi Indonesia sebelum kedatangan bangsa-bangsa barat
- Membuka link youtube https://www.youtube.com/watch?v=eiOQx-UTFdk tentang kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia
- Peserta didik mengamati gambar hasil pertanian bangsa Indonesia yang menajdi daya Tarik bangsa Barat, seperti tampak pada gambar
- Mengamati
- Hasil pengamatan, peserta didik berdiskusi hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan dan membuat pertanyaan berkaitan dengan materi
- Peserta didik menyeleksi hal yang ingin diketahui sesuai dengan materi pembelajaran
- Menanya
Peserta didik mengumpulkan pertanyaan dan kemudian mencari literatur untuk menajwab semua pertanyaan tadi
- Mengumpulkan data / informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi untuk menuliskan semua jawaban yang sesuai dengan materi di buku LKS
- Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan hasil kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang di rumuskan
Dan peserta didik lain menanggapi dan mengambil simpulan dari jawaban pertanyaan
- Kegiatan Penutup
- Guru Bersama-sama mengambil kesimpulan dan
- Guru menanyakan manfaat dari materi hari ini
- Guru mengucapkan salam
PERTEMUAN 3 DAN 4
- Pendahuluan
- Peserta didik Bersama guru menyampaikan salam dan berdoa
- Peserta didik dan guru mengaitkan kompetensi yang sudah dipelajari tentang latar belakang kedatangan bangsa barat dengan proses kedatangan bangsa-bangsa barat
- Guru memberi motivasi dengan manampilkan peta perjalanan portugis dan spanyol yang dapat membuktikan teori bahwa bumi itu bulat
- Membuka link youtube tentang kedatangan bangsa barat https://www.youtube.com/watch?v=FQZcrTxc0Qs
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan tentang proses kedatnagan bangsa barat ke Indonesia
- Peserta didik dikelompokkna dalam beberapa kelompok terdiri dari 3-4 orang per kelompok
- Kegiatan inti (pembelajaran berbasis proyek)
- Persiapan
1) Peserta didik diminta untuk mengamati wilayah jajahan bangsa barat di Negara ASEAN
2) Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok bangsa barat yang pernah dating ke Indonesia
3) Peserta didik menerima tugas untuk membuat poster proses kedatangan bangsa barat ke Indonesia
4) Panduan dari proyek berikut ini
- Mengumpulkan data/ Informasi
1) Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
2) Setiap kelompok mendiskusikan desain proyek poster yang akan di kerjakan
3) Hasil kesimpulan kelompok disusun dalam bentuk poster yang siap tayang
- Mengkomunikasikan
1) Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan yagn dirumuskan
2) Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang melakukan presentasi
3) Guru dan peserta didik sama-sam amenyimpulkan materi
- Evaluasi Produk
Peserta didik dibantu guru melakukan evaluasi proyek yang telah disusun
- Kegiatan Penutup
1) Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi
2) Peserta didik diberikan pesan moral
3) Peserta didik mengumpulkan laporan
4) Guru menyampaikan salam penutup
- e. EVALUSI
- Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
- Teknik penilaian jurnal
- Bentuk instrument Lembar Jurnal
- Penilaian kompetensi pengetahuan
- Teknik penilaian tes lisan
- Teknik penilaian Ujian Online Tes Pemahaman Materi di SIAS
- Penilaian kompetensi keterampilan\
- Teknik penilaian
1) Penilaian produk
2) Penilaian kinerja
- Instrument penilaian
- f. PEMBELAJARAN REMEDIAL
Tidak lanjut untuk peserta didik yang belum mencapai KKm diberikan program remedial yang dilakukan pada kompetensi pengetahuan, keterampilan atau sikap. Langkah yang dilakukan
- Identifikasi permasalahan pembelajaran
- Perencanaan program remedial
- Melaksanakan remedial di sias online sampai mencapai nilai 100
- Penilaian autentik
- g. PENGAYAAN
Program pengayaan dilakukan bagi peserta didik yang nilainya diatas KKM diminta mencari contoh terkait dengan keunggulan dan keteratasan antar ruang akan sumber daya yang dimiliki daerah tempat tinggal masing-masing dan daerah lain yang terkait dengan tempat tinggal yang dpaat menimbulkan permintaan dan penawaran dari kedua daerah tersebut. Hasilnya ditulis dan diperesentasikan di depan kelas.
Mengetahui, Sukabumi, Januari 2021
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
Ir. Wahjoe Widjajanto Yayah Masripah, M.Pd