RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP IT ALHUDA SUKABUMI
Kelas / Semester : VIII/ 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema 3 : Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan
Tumbuhnya Semangat Kebangsaan
Sub Tema 1 : Sub Bab B. Kondisi Masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
Alokasi Waktu : 26 JP
a. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B. Kompetensi Dasar (KD) & INDIKATOR
kompetensi dasar (kd)
3.4 Menganalisis kronologi perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, Pendidikan, social, budaya dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi
4.3. Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi
INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
- Mendeskripsikan kondisi bangsa Indonesia akibat monopoli dan adu domba penjajah
- Mendeskripsikan pengaruh kebijakan kerja paksa, system sewa tanah, dan system tanam paksa pada masa penjajahan
- Menjelaskan perjuangan rakyat Indonesia di berbagai daerah dalam menentang kolonialisme dan imperialism barat
C. MATERI PEMBELAJARAN
- Kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
- Pengaruh monopoli perdagangan ( 4JP)
- Pengaruh kebijakan kerja paksa (4 JP)
- Pengaruh system sewa tanah (4 JP)
- Pengaruh system tanam paksa ( 4JP)
- Perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialism (10 JP)
- D. PROSES PEMBELAJARAN
Sub Bab A. Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan (26 JP)
PERTEMUAN 5 dan 6
- a. Pendahuluan
- Peserta didik Bersama guru membacakan salam dan doa dan mengkondisikan kelas
- Guru menyampaikan kompetensi yang sudah dipelajari pada pertamuan sebelumnya tentang pengaruh kedatangan bangsa barat ke Indonesia
- Guru memberi motivasi menampilkan logo organisasi dagang VOC dan hubungannya dengan perkembangan kolonialisme di Indonesia
- Guru memberikan link yuotube https://www.youtube.com/watch?v=124ivGoFuQg
- Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran tentang pengaruh monopoli dalam perdagangan
- Peserta didik dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 3-4 orang
- b. Kegiatan inti
- Mengamati
1) Peserta didik diminta untuk membaca hak yang dimiliki VOC di Indonesia ( hak octrooi)
2) Berdasarkan bacaan tersebut peserta didik diminta mendiskusikan dan menuliskan hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan video youtube dan gambar
3) Peserta didik diajak menyeleksi yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran
- Menanya
1) Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan substantive terkait dengan tujuan pembelajaran
2) Peserta didik berdiskusi dengan kelompok masing-masing
- Mengumpulkan data/informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
- Mengasosiasi
1) Peserta didik diminta mengolah dan menganalisa informasi yang sudah di kumpulkan untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan
- Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain
- c. Kegitan Penutup
- Guru Bersama-sama mengambil kesimpulan dan
- Guru menanyakan manfaat dari materi hari ini
- Guru mengucapkan salam
PERTEMUAN KETUJUH DAN KEDELAPAN
- a. Pendahuluan
- Peserta didik Bersama guru membacakan salam dan doa dan mengkondisikan kelas
- Guru menyampaikan kompetensi yang sudah dipelajari pada pertamuan sebelumnya tentang pengaruh kedatangan bangsa barat ke Indonesia
- Guru memberi motivasi dengan menampilkan peta jalan raya pos atau jalan Anyer Pamanukan untuk memberikan informasi salah satu kebijakan pemerintah colonial yang buktinya masih dirasakan hingga sekarang
- Guru memberikan link yuotube https://www.youtube.com/watch?v=rJyWDTc_DKA
- Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran tentang pengaruh kerja paksa bagi masyarakat Indonesia
- Peserta didik dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 3-4 orang
- b. Kegiatan inti
- a. Mengamati
1) Peserta didik mengamati video youtube tentang kerja paksa yagn dialami oleh bangsa Indonesia pada jaman penjajahan Belanda.
2) Berdasarkan hasil pengamatan video tersebut. Kelompok akan mendiskusikan dan menuliskan pertanyaan yang ingin diketahui dari hasil pengamatan
- b. Menanya
1) Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok dan menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis
- c. Mengumpulkan informasi
Peserta didik diminta mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
- d. Mengasosiasi
1) Peserta didik diminta mengolah dan menganalisa data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang di rumuskan
2) Peserta didik diminta untuk mendiskusikan di dalam kelompok dan mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan
- Kegiatan Penutup
- Guru Bersama-sama mengambil kesimpulan dan
- Guru menanyakan manfaat dari materi hari ini
- Guru mengucapkan salam
PERTEMUAN KESEMBILAN DAN KESEPULUH
- a. Pendahuluan
- Peserta didik Bersama guru membacakan salam dan doa dan mengkondisikan kelas
- Guru menyampaikan kompetensi yang sudah dipelajari pada pertamuan sebelumnya tentang pengaruh kedatangan bangsa barat ke Indonesia
- Guru memberi motivasi dan memberikan pengaruh sewa tanah pada masa penjajahan belanda
- Guru memberikan link yuotube https://www.youtube.com/watch?v=rJyWDTc_DKA
- Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran tentang pengaruh kerja paksa bagi masyarakat Indonesia
- Peserta didik dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 3-4 orang
- b. Kegiatan Inti (discovery learning)
- Menentukan tujuan pencarian
1) Peserta didik dminta untuk mengamati gambar kebuh raya bogor
2) Guru menambahkan informasi bahwa kebuh raya Bogor merupakan salah satu peninggalan pemerintah Inggris yang memerintah di Indonesia pada tahun 1811 – 1816
3) Peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui dari materi
- Mengidentifikasi / mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
- Memverifikasi
1) Peserta didik memilih dan memilah informasi sesuai tujuan pembelajaran
2) Hasil verifikasi menjadi bahan untuk menarik kesimpulan
- Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan hasil jawaban pertanyaan yang berkaitan dengan materi
- c. Kegiatan Penutup
1) Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi
2) Peserta didik diberikan pesan moral
3) Peserta didik mengumpulkan laporan
4) Guru menyampaikan salam penutup
PERTEMUAN KESEBELAS DAN KEDUABELAS
- a. Pendahuluan
- Peserta didik Bersama guru membacakan salam dan doa dan mengkondisikan kelas
- Guru menyampaikan kompetensi yang sudah dipelajari pada pertamuan sebelumnya tentang pengaruh kedatangan bangsa barat ke Indonesia
- Guru memberi motivasi dan memberikan pengaruh sewa tanah pada system tanam paksa masa penjajahan belanda
- Guru memberikan link yuotube https://www.youtube.com/watch?v=rJyWDTc_DKA
- Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran tentang pengaruh tanam paksa bagi masyarakat Indonesia
- Peserta didik dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 3-4 orang
- b. Kegiatan Inti
Mengamati
- Peserta didik mengamati gambar tentang tanaman komoditas yang dipakai tanam paksa
- Guru menambahkan informasi bahwa system tanam paksa tersebut memberikankeuntungan besar bagi pemerintah colonial
- Berdasarkan hasil pengamatan maka peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan pertanyaan untuk materi yang ingin diketahui
Menanya
1) Peserta didik diminta mendiskusikan untuk merumuskan pertanyaan berdsarkan dari hasil pengamatan dan berbagai sumber informasi
Mengumpulkan informasi
Peserta didik diminta mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
Mengasosiasi
1) Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah di rumuskan
Mengkomunikasikan
Hasil diskusi di presentasikan di hadapan kelas
- d. EVALUSI
- Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
- Teknik penilaian jurnal
- Bentuk instrument Lembar Jurnal
- Penilaian kompetensi pengetahuan
- Teknik penilaian tes lisan
- Teknik penilaian Ujian Online Tes Pemahaman Materi di SIAS
- Penilaian kompetensi keterampilan\
- Teknik penilaian
1) Penilaian produk
2) Penilaian kinerja
- Instrument penilaian
- e. PEMBELAJARAN REMEDIAL
Tidak lanjut untuk peserta didik yang belum mencapai KKm diberikan program remedial yang dilakukan pada kompetensi pengetahuan, keterampilan atau sikap. Langkah yang dilakukan
- Identifikasi permasalahan pembelajaran
- Perencanaan program remedial
- Melaksanakan remedial di sias online sampai mencapai nilai 100
- Penilaian autentik
- f. PENGAYAAN
Program pengayaan dilakukan bagi peserta didik yang nilainya diatas KKM diminta mencari contoh terkait dengan keunggulan dan keteratasan antar ruang akan sumber daya yang dimiliki daerah tempat tinggal masing-masing dan daerah lain yang terkait dengan tempat tinggal yang dpaat menimbulkan permintaan dan penawaran dari kedua daerah tersebut. Hasilnya ditulis dan diperesentasikan di depan kelas.
Mengetahui, Sukabumi, Januari 2021
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
Ir. Wahjoe Widjajanto Yayah Masripah, M.Pd