KISI-KISI PTS GANJIL IPS TERPADU KLS 8 TA.2017-2018

KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL Th. Ajaran 2017 - 2018
SMP IT ALHUDA SUKABUMI
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 8
Guru Mapel : Yayah Masripah, M,Pd
                       
Standar Kompetensi  Kompetensi Dasar Indikator Materi No soal Bentuk Soal Aspek Tingkat Kesukaran
C1 C2 C3 Md Sd Sk
Memahami pengetahuan (faktual, konsuptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan keadilan tampak mata Kemampuan menjelaskan keunggulan Iklim di Indonesia dan kemampuan menjelaskan akibat dari iklim tersebut terhadap kehidupan  Murid mampu menjelaskan dampak iklim Indonesia terhadap kehidupan masyarakat Indonesia Menjelaskan iklim muson tropis 14 PG   v     v  
Ciri iklim tropis 9              
Akibat dari iklim  tropis terhadap kehidupan 8 PG v     v    
manfaat iklim 10              
Keuntungan Letak Geostrategis Indonesia Letak Geostrategis Indonesia 3              
Keunggulan Geostrategis Indonesia 11 PG     v   v  
Kemampuan menjelaskan keunggulan tanah di Indonesia, keuntungan kondisi tanah Indonesia terhadap aktivitas pertanian dan mampu menunjukkan contoh pemanfaatan tanah yang bias dilakukan oleh masyarakat. Murid mampu menjelaskan keunggulan tanah Indonesia Keunggulan tanah Indonesia 4 PG   v     v  
15 PG v     v    
Kemampuan menjelaskan keunggulan lokasi dapat berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, dan komunikasi  Murid memahami tentang keunggulan lokasi terhadap transportasi Syarat transportasi yang baik 19              
Sarana prasarana transprtasi darat, laut dan udara 18              
Keunggulan tranpsortasi darat, udara dan laut 1              
Murid memahami tentang keunggulan lokasi terhadap komunikasi Keunggulan komunikasi 2              
Cara manusia purba berkomunikasi 16              
Manfaat komunikasi 17              
Kemampuan menjelaskan pengertian produksi dan factor-faktor produksi dan keterkaitan antara produksi, distribusi dan konsumsi  Murid mampu menjelaskan keterkaitan antara produksi, distribusi dan konsumsi Keterkaitan antara produksi, distribusi dan konsumsi 6              
23 PG     v     v
Murid mampu menjelaskan pengertian produksi dan factor produksi Ciri kegiatan produksi 12,21              
Pengertian produksi dan factor produksi 5,25 PG   v     v  
Memahami pengetahuan (faktual, konsuptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan keadilan tampak mata Kemampuan menjelaskan pengertian distribusi dan saliran distribusi  Murid mampu menjelaskan pengertian distribusi Macam-macam kegiatna distribusi 20              
Pengertian distribusi 7              
Tugas saluran distribusi 13,22 PG v     v    
Murid mampu menjelaskan keunggulan lokasi terhadap kegiatan distribusi Keunggulan lokasi terhadap kegiatan distribusi 21 PG   v     v  
Kemampuan menjelaskan pengaruh Keunggulan lokasi terhadap transportasi darat, laut dan udara Murid mampu menjelaskan pengaruh keunggulan lokasi terhadap transportasi darat Pengaruh keunggulan lokasi terhadap transportasi darat, udara dan laut 1 PG     v   v  
Kemampuan menjelaskan proses masuknya, latar belakang dan perjuangan rakyat terhadap kolonialisme barat Murid mampu mengidentifikasi factor pendorong bangsa barat ke Indonesia Faktor tejadinya kolonialisme 42              
Factor pendorong bangsa barat ke Indonesia 26 PG v         v
27 PG v       v  
  Tokoh Portugis 43,44              
Murid mampu menjelaskan proses masuknya kolonialisme barat ke Indonesia  Proses masuknya kolonialisme barat ke Indonesia  28 PG   v       v
29,33 PG v       v  
Murid mampu menjelaskan dampak perlawanan rakyat terhadap kolonialisme barat Dampak perlawanan rakyat terhadap kolonialisme barat 30 PG   v       v
Kemampuan mengidentifikasi lokasi kedatangan bangsa barat dan reaksi masyarakat terhadap kedatangan bangsa barat di Indonesia Murid mampu menjelaskan lokasi kedatangan bangsa barat Lokasi kedatangan bangsa barat 31 PG   v     v  
Perjanjian Saragosa 32              
Tanam Paksa 37,47              
Murid mampu mengidentifikasi reaksi rakyat Indonesia terhadap kedatangan bangsa barat Reaksi rakyat Indonesia terhadap kedatangan bangsa barat 46 PG   v     v  
35 PG   v     v  
politik pecah belah Belanda 38,39              
Tujuan VOC 34,36,48              
Murid mampu mengidentifikasi beberapa perlawanan rakyat yang dilakukan diberbagai daerah, penyebab dan jalannya perlawanan rakyat Perang Demak 40              
Perang Diponegoro 41              
Perang Maluku 45              
Perlawanan rakyat yang dilakukan diberbagai daerah, penyebab dan jalannya perlawanan rakyat 49              
50              
40 PG v     v    
                       

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.