KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL Th. Ajaran 2017 - 2018 |
SMP IT ALHUDA SUKABUMI |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 8 |
Guru Mapel : Yayah Masripah, M,Pd |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
No soal |
Bentuk Soal |
Aspek |
Tingkat Kesukaran |
C1 |
C2 |
C3 |
Md |
Sd |
Sk |
Memahami pengetahuan (faktual, konsuptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan keadilan tampak mata |
Kemampuan menjelaskan keunggulan Iklim di Indonesia dan kemampuan menjelaskan akibat dari iklim tersebut terhadap kehidupan |
Murid mampu menjelaskan dampak iklim Indonesia terhadap kehidupan masyarakat Indonesia |
Menjelaskan iklim muson tropis |
14 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Ciri iklim tropis |
9 |
|
|
|
|
|
|
|
Akibat dari iklim tropis terhadap kehidupan |
8 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
manfaat iklim |
10 |
|
|
|
|
|
|
|
Keuntungan Letak Geostrategis Indonesia |
Letak Geostrategis Indonesia |
3 |
|
|
|
|
|
|
|
Keunggulan Geostrategis Indonesia |
11 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
Kemampuan menjelaskan keunggulan tanah di Indonesia, keuntungan kondisi tanah Indonesia terhadap aktivitas pertanian dan mampu menunjukkan contoh pemanfaatan tanah yang bias dilakukan oleh masyarakat. |
Murid mampu menjelaskan keunggulan tanah Indonesia |
Keunggulan tanah Indonesia |
4 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
15 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Kemampuan menjelaskan keunggulan lokasi dapat berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, dan komunikasi |
Murid memahami tentang keunggulan lokasi terhadap transportasi |
Syarat transportasi yang baik |
19 |
|
|
|
|
|
|
|
Sarana prasarana transprtasi darat, laut dan udara |
18 |
|
|
|
|
|
|
|
Keunggulan tranpsortasi darat, udara dan laut |
1 |
|
|
|
|
|
|
|
Murid memahami tentang keunggulan lokasi terhadap komunikasi |
Keunggulan komunikasi |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Cara manusia purba berkomunikasi |
16 |
|
|
|
|
|
|
|
Manfaat komunikasi |
17 |
|
|
|
|
|
|
|
Kemampuan menjelaskan pengertian produksi dan factor-faktor produksi dan keterkaitan antara produksi, distribusi dan konsumsi |
Murid mampu menjelaskan keterkaitan antara produksi, distribusi dan konsumsi |
Keterkaitan antara produksi, distribusi dan konsumsi |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
23 |
PG |
|
|
v |
|
|
v |
Murid mampu menjelaskan pengertian produksi dan factor produksi |
Ciri kegiatan produksi |
12,21 |
|
|
|
|
|
|
|
Pengertian produksi dan factor produksi |
5,25 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Memahami pengetahuan (faktual, konsuptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan keadilan tampak mata |
Kemampuan menjelaskan pengertian distribusi dan saliran distribusi |
Murid mampu menjelaskan pengertian distribusi |
Macam-macam kegiatna distribusi |
20 |
|
|
|
|
|
|
|
Pengertian distribusi |
7 |
|
|
|
|
|
|
|
Tugas saluran distribusi |
13,22 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Murid mampu menjelaskan keunggulan lokasi terhadap kegiatan distribusi |
Keunggulan lokasi terhadap kegiatan distribusi |
21 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Kemampuan menjelaskan pengaruh Keunggulan lokasi terhadap transportasi darat, laut dan udara |
Murid mampu menjelaskan pengaruh keunggulan lokasi terhadap transportasi darat |
Pengaruh keunggulan lokasi terhadap transportasi darat, udara dan laut |
1 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
Kemampuan menjelaskan proses masuknya, latar belakang dan perjuangan rakyat terhadap kolonialisme barat |
Murid mampu mengidentifikasi factor pendorong bangsa barat ke Indonesia |
Faktor tejadinya kolonialisme |
42 |
|
|
|
|
|
|
|
Factor pendorong bangsa barat ke Indonesia |
26 |
PG |
v |
|
|
|
|
v |
27 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
|
Tokoh Portugis |
43,44 |
|
|
|
|
|
|
|
Murid mampu menjelaskan proses masuknya kolonialisme barat ke Indonesia |
Proses masuknya kolonialisme barat ke Indonesia |
28 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
29,33 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
Murid mampu menjelaskan dampak perlawanan rakyat terhadap kolonialisme barat |
Dampak perlawanan rakyat terhadap kolonialisme barat |
30 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
Kemampuan mengidentifikasi lokasi kedatangan bangsa barat dan reaksi masyarakat terhadap kedatangan bangsa barat di Indonesia |
Murid mampu menjelaskan lokasi kedatangan bangsa barat |
Lokasi kedatangan bangsa barat |
31 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Perjanjian Saragosa |
32 |
|
|
|
|
|
|
|
Tanam Paksa |
37,47 |
|
|
|
|
|
|
|
Murid mampu mengidentifikasi reaksi rakyat Indonesia terhadap kedatangan bangsa barat |
Reaksi rakyat Indonesia terhadap kedatangan bangsa barat |
46 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
35 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
politik pecah belah Belanda |
38,39 |
|
|
|
|
|
|
|
Tujuan VOC |
34,36,48 |
|
|
|
|
|
|
|
Murid mampu mengidentifikasi beberapa perlawanan rakyat yang dilakukan diberbagai daerah, penyebab dan jalannya perlawanan rakyat |
Perang Demak |
40 |
|
|
|
|
|
|
|
Perang Diponegoro |
41 |
|
|
|
|
|
|
|
Perang Maluku |
45 |
|
|
|
|
|
|
|
Perlawanan rakyat yang dilakukan diberbagai daerah, penyebab dan jalannya perlawanan rakyat |
49 |
|
|
|
|
|
|
|
50 |
|
|
|
|
|
|
|
40 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|