IPS KELAS 8A & 8B/ TEMA 4/ TM 1 - 2 /MINGGU KE 1 - 2 MEI 2021/ PERGERAKAN MASYARAKAT MELAWAN PENJAJAH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

 

Satuan Pendidikan                  :   SMP IT ALHUDA SUKABUMI

Kelas / Semester                      :   VIII/ 2

Mata Pelajaran                          :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Tema 3                                      :   Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan  

                                                        Tumbuhnya Semangat Kebangsaan

Sub Tema 1                              :     Sub Bab C. Perkembangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia

Alokasi Waktu                          :   26 JP

 

a.      Kompetensi Inti (KI)

KI-1      :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI-2      :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3      :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4      :  Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret (menggunakan,  mengurai,  merangkai,  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

 

B.      Kompetensi Dasar  (KD) & INDIKATOR

 

kompetensi dasar (kd)

3.4     Menganalisis kronologi perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, Pendidikan, social, budaya dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi

4.3.    Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi

INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Menjelaskan perjuangan rakyat Indonesia di berbagai daerah dalam menentang kolonialisme dan imperialism barat
  2. Menganalisa pergerakan kebangsaan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan
  3. Mendeskripsikan perjuangan pergerakan kebangsaan pada masa pendudukan Jepang
  4. Menjelaskan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
  5. Menyajikan hasil Analisa perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan

 

C.   MATERI PEMBELAJARAN

  1. Perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
    1. Latar belakang pergerakan nasional (4 JP)
    2. Organisasi pergerakan nasional (8 JP)
    3. Pergerakan nasional masa pendudukan Jepang (6 JP)
    4. Perubahan masyarakat masa penjajahan (4 JP)

 

  1. D.       PROSES PEMBELAJARAN

Sub Bab C. Perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia (22 JP)

PERTEMUAN KETIGABELAS DAN KEEMPAT BELAS

  1. a.        Pendahuluan
    1. Peserta didik Bersama guru membacakan salam dan doa dan mengkondisikan kelas
    2. Guru menyampaikan kompetensi yang sudah dipelajari pada pertamuan sebelumnya tentang pengaruh kedatangan bangsa barat ke Indonesia
    3. Guru dan peserta didik mengaitkan kompetensi yang sudah dipelajari tentang pengaruh berbagai kebijakan pemerintah colonial terhadap kehidupan bangsa indonesia
    4. Peserta didik menyimak motivasi gambar Benteng Sao Paulo sebagai salah satu bukti eksistensi Portugis di maluku
    5. Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran tentang pengaruh monopoli dalam perdagangan
    6. Peserta didik dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 3-4 orang

 

  1. b.       Kegiatan inti (Project Based Learning)
    1. Mengamati

1)       Peserta didik mengamati tokoh perlawanan terhadap persekutan dagang

 

2)       Guru menambahkan informasi bahwa ketiga tokoh tersebut merupakan pemimpin perjuangan melawan persekutuan dagang bangsa-bangsa barat di Indonesia

3)       Berdasarkan hasil pengamatan gambar tersebut, peserta didik wakil dari kelompok diminta mendiskusikan di dalam kelompok dan menuliskan hal yangingin diketahui dari hasil pengamatan, contoh latar belakang perlawanan, proses perlawanan dan akhir perlawanan

4)       Peserta didik menyeleksi pertanyaan dari anggota sesuai dengan tujuan pembelajaran

  1. Menanya

1)       Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan substantive terkait dengan tujuan pembelajaran

2)       Peserta didik berdiskusi dengan kelompok masing-masing

  1. Mengumpulkan data/informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber

  1. Mengasosiasi

1)       Peserta didik diminta mengolah dan menganalisa informasi yang sudah di kumpulkan untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan

  1. Mengkomunikasikan

Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain

  1. c.        Kegitan Penutup
    1. Guru Bersama-sama mengambil kesimpulan dan
    2. Guru menanyakan manfaat dari materi hari ini
    3. Guru mengucapkan salam

 

PERTEMUAN KELIMA BELAS, ENAM BELAS DAN TUJUH BELAS

  1. a.        Pendahuluan
    1. Peserta didik Bersama guru membacakan salam dan doa dan mengkondisikan kelas
    2. Guru menyampaikan kompetensi yang sudah dipelajari pada pertamuan sebelumnya tentang pengaruh kedatangan bangsa barat ke Indonesia
    3. Guru dan peserta didik mengaitkan kompetensi yang sudah dipelajari tentang perlawanan rakyat diberbagai daerah menentang penjajah
    4. Peserta didik menyimak motivasi gambar mengenai lukisan Raden Saleh tentang perlawanan Diponegoro terhadpa pemerinah Hindia Belanda. Guru menyampaikan secara singkat tentang riwayat lukisan tersebut dan membeirkan penekanan bahwa perlawanan dipoenegoro merupakan salah satu perlawanan terhadap pemerintah hindia belanda.
    5. Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran tentang pengaruh monopoli dalam perdagangan
    6. Peserta didik dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 3-4 orang
    7. b.       Kegiatan inti (inquiry Learning)
      1. Mengamati

 

2)       Peserta didik mengamati tokoh perlawanan rakyat terhadap kolonialisme dan imperislime

3)       Guru menambahkan informasi bahwa ketiga tokoh tersebut merupakan pemimpin perjuangan melawan penjajah

4)       Berdasarkan hasil pengamatan gambar tersebut, peserta didik wakil dari kelompok diminta mendiskusikan di dalam kelompok dan menuliskan hal yangingin diketahui dari hasil pengamatan, contoh latar belakang perlawanan, proses perlawanan dan akhir perlawanan

5)       Peserta didik menyeleksi pertanyaan dari anggota sesuai dengan tujuan pembelajaran

  1. Menanya

3)       Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan substantive terkait dengan tujuan pembelajaran

4)       Peserta didik berdiskusi dengan kelompok masing-masing

  1. Mengumpulkan data/informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber

  1. Mengasosiasi

6)       Peserta didik diminta mengolah dan menganalisa informasi yang sudah di kumpulkan untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan

  1. Mengkomunikasikan

Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain

  1. c.        EVALUSI
    1. Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
      1. Teknik penilaian jurnal
      2. Bentuk instrument Lembar Jurnal
      3. Penilaian kompetensi pengetahuan
        1. Teknik penilaian tes lisan
        2. Teknik penilaian Ujian Online Tes Pemahaman Materi di SIAS
      4. Penilaian kompetensi keterampilan\
        1. Teknik penilaian

1)       Penilaian produk

2)       Penilaian kinerja

  1. Instrument penilaian

 

  1. d.       PEMBELAJARAN REMEDIAL

Tidak lanjut untuk peserta didik yang belum mencapai KKm diberikan program remedial yang dilakukan pada kompetensi pengetahuan, keterampilan atau sikap. Langkah yang dilakukan

  1. Identifikasi permasalahan pembelajaran
  2. Perencanaan program remedial
  3. Melaksanakan remedial di sias online sampai mencapai nilai 100
  4. Penilaian autentik

 

  1. e.        PENGAYAAN

Program pengayaan dilakukan bagi peserta didik yang nilainya diatas KKM diminta mencari contoh terkait dengan keunggulan dan keteratasan antar ruang akan sumber daya yang dimiliki daerah tempat tinggal masing-masing dan daerah lain yang terkait dengan tempat tinggal yang dpaat menimbulkan permintaan dan penawaran dari kedua daerah tersebut. Hasilnya ditulis dan diperesentasikan di depan kelas.

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                                                                            Sukabumi, Januari 2021

Kepala Sekolah                                                                                                                               Guru Mapel IPS

 

 

 

 

 

Ir. Wahjoe Widjajanto                                                                                                               Yayah Masripah, M.Pd

 

               

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.