Kisi-Kisi PTS Bahasa Indonesia Kelas VII Semester I

KISI-KISI SOAL PTS Kelas VII

Sekolah                :  SMP IT Al-Huda

Mata pelajaran     : Bahasa Indonesia

Kurikulum           : KTSP

Kelas/Semester    : VII/I

Alokasi waktu : 80 menit

Jumlah soal     : 40

Penulis             : Andina Sopandi N, S.Pd.

 

 

No

KI

KD

Indikator Soal

Materi

Ranah

No. Soal

1.

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.

Siswa mampu mengidentifikasi ciri objek, tujuan dan isi teks deskripsi

Pengertian teks deskripsi

C2

1

2.

Latar teks deskripsi (waktu, tempat, suasana)

C 3

8

3.

Ciri objek teks deskripsi

C 3

10

4.

Siswa mampu mengidentifikasi jenis teks deskripsi

Jenis teks deskripsi

C 3

9

5.

4.1 Menentukan  isi teks  deskripsi   objek (tempat wisata,  tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll)  yang didengar dan dibaca.

Siswa mampu menentukan perincian informasi pada teks deskripsi

Makna kata dalam teks deskipsi

C 3

12

6.

3.2  Menelaah struktur  dan kaidah kebahasaan dari  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.

Siswa mampu menelaah struktur teks deskripsi

Struktur teks Deskripsi

C2

2,3,4,

7.

Siswa mampu menelaah kaidah kebahasaan dari teks deskripsi

Kaidah kebahasaan teks deskripsi

(Kata depan dan Imbuhan di-)

C 2

5

8.

Kaidah kebahasaan teks deskripsi

(Kata cerapan indera, seolah melihat, mendengar, dan merasakan)

C 3

14, 15, dan 16

9.

Kaidah kebahasaan teks deskripsi

(Pembentukan kata, imbuhan k,t,s,p yang luluh)

C 3

17 dan 18

10.

Kaidah kebahasaan teks deskripsi

(Sinonim)

C 3

19 dan 20

11.

4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis.

Siswa mampu menulis teks deskripsi

Menyusun teks deskripsi

C 3

11 dan 13

12.

Siswa mampu menyunting hasil menulis teks deskripsi

Kaidah kebahasaan teks deskripsi

(Huruf kapital)

C 4

6 dan 7

13.

3.3  Mengidentifikasi  unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar.

Siswa mampu mengidentifikasi karakteristik unsur pembangun cerita fantasi

Pengertian teks cerita fantasi

C 1

21

14.

 

Ciri dan sifat teks cerita fantasi

C 2

38 dan 39

15.

Siswa mampu mengidentifikasi jenis cerita fantasi

Jenis cerita fantasi berdasarkan waktu dan kesesuaiannya

C3

36 dan 37

16.

4.3   Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca.

Siswa mampu menentukan unsur intrinsik pada cerita fantasi

Karakter tokoh

C 3

40

17.

3.4  Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi)  yang dibaca dan didengar

Menelaah struktur cerita fantasi

Menyebutkan Struktur teks cerita fantasi

C 1

22, 23, 24, 25, dan 35

18.

Menentukan struktur teks cerita fantasi

C 3

26, 27, 28 dan 29

19.

Siswa mampu menelaah kaidah kebahasaan pada teks cerita fantasi

Kaidah kebahasaan teks cerita fantasi

(kata ganti)

C 3

30

20.

Kaidah Kebahasaan teks cerita fantasi

(Makna khusus)

C3

31

21.

Kaidah Kebahasaan teks cerita fantasi

(Makna kias)

C 3

32

22.

Kaidah kebahasaan teks cerita fantasi

(Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung)

C 3

33 dan 34

 

Mengetahui

Kepala SMP IT Al-Huda

 

 

Ir. Wahjoe Widjajanto, M.Pd.

                        Sukabumi, September 2017

                   Guru Bahasa Indonesia,

 

 

                            Andina Sopandi N, S.Pd.

 

 

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.