KISI-KISI SOAL PTS Kelas VII
Sekolah : SMP IT Al-Huda Mata pelajaran : Bahasa Indonesia Kurikulum : KTSP Kelas/Semester : VII/I |
Alokasi waktu : 80 menit Jumlah soal : 40 Penulis : Andina Sopandi N, S.Pd.
|
No |
KI |
KD |
Indikator Soal |
Materi |
Ranah |
No. Soal |
1. |
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca. |
Siswa mampu mengidentifikasi ciri objek, tujuan dan isi teks deskripsi |
Pengertian teks deskripsi |
C2 |
1 |
2. |
Latar teks deskripsi (waktu, tempat, suasana) |
C 3 |
8 |
|||
3. |
Ciri objek teks deskripsi |
C 3 |
10 |
|||
4. |
Siswa mampu mengidentifikasi jenis teks deskripsi |
Jenis teks deskripsi |
C 3 |
9 |
||
5. |
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca. |
Siswa mampu menentukan perincian informasi pada teks deskripsi |
Makna kata dalam teks deskipsi |
C 3 |
12 |
|
6. |
3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca. |
Siswa mampu menelaah struktur teks deskripsi |
Struktur teks Deskripsi |
C2 |
2,3,4, |
|
7. |
Siswa mampu menelaah kaidah kebahasaan dari teks deskripsi |
Kaidah kebahasaan teks deskripsi (Kata depan dan Imbuhan di-) |
C 2 |
5 |
||
8. |
Kaidah kebahasaan teks deskripsi (Kata cerapan indera, seolah melihat, mendengar, dan merasakan) |
C 3 |
14, 15, dan 16 |
|||
9. |
Kaidah kebahasaan teks deskripsi (Pembentukan kata, imbuhan k,t,s,p yang luluh) |
C 3 |
17 dan 18 |
|||
10. |
Kaidah kebahasaan teks deskripsi (Sinonim) |
C 3 |
19 dan 20 |
|||
11. |
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis. |
Siswa mampu menulis teks deskripsi |
Menyusun teks deskripsi |
C 3 |
11 dan 13 |
|
12. |
Siswa mampu menyunting hasil menulis teks deskripsi |
Kaidah kebahasaan teks deskripsi (Huruf kapital) |
C 4 |
6 dan 7 |
||
13. |
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar. |
Siswa mampu mengidentifikasi karakteristik unsur pembangun cerita fantasi |
Pengertian teks cerita fantasi |
C 1 |
21 |
|
14. |
|
Ciri dan sifat teks cerita fantasi |
C 2 |
38 dan 39 |
||
15. |
Siswa mampu mengidentifikasi jenis cerita fantasi |
Jenis cerita fantasi berdasarkan waktu dan kesesuaiannya |
C3 |
36 dan 37 |
||
16. |
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca. |
Siswa mampu menentukan unsur intrinsik pada cerita fantasi |
Karakter tokoh |
C 3 |
40 |
|
17. |
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar |
Menelaah struktur cerita fantasi |
Menyebutkan Struktur teks cerita fantasi |
C 1 |
22, 23, 24, 25, dan 35 |
|
18. |
Menentukan struktur teks cerita fantasi |
C 3 |
26, 27, 28 dan 29 |
|||
19. |
Siswa mampu menelaah kaidah kebahasaan pada teks cerita fantasi |
Kaidah kebahasaan teks cerita fantasi (kata ganti) |
C 3 |
30 |
||
20. |
Kaidah Kebahasaan teks cerita fantasi (Makna khusus) |
C3 |
31 |
|||
21. |
Kaidah Kebahasaan teks cerita fantasi (Makna kias) |
C 3 |
32 |
|||
22. |
Kaidah kebahasaan teks cerita fantasi (Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung) |
C 3 |
33 dan 34 |
Mengetahui Kepala SMP IT Al-Huda
Ir. Wahjoe Widjajanto, M.Pd. |
Sukabumi, September 2017 Guru Bahasa Indonesia,
Andina Sopandi N, S.Pd. |
|
|