Kisi-Kisi PTS Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester I

KISI-KISI SOAL PTS Kelas VIII

Sekolah                :  SMP IT Al-Huda

Mata pelajaran     : Bahasa Indonesia

Kurikulum           : KTSP

Kelas/Semester    : VIII/I

Alokasi waktu : 80 menit

Jumlah soal     : 40

Penulis             : Andina Sopandi N, S.Pd.

 

 

No

KI

KD

Indikator Soal

Materi

Ranah

No. Soal

1.

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks  berita  (membanggakan dan memotivasi)  yang  didengar dan dibaca

Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri teks berita baik yang didengar dan dibaca

Pengertian teks berita

C1

1

2.

Ciri-ciri teks berita

C1

2

3.

Siswa mampu menyebutkan unsur-unsur teks berita baik yang didengar dan dibaca

Unsur-unsur teks berita

C 3

4 dan 5

4.

4.1 Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

Siswa mampu menyimpulkan isi berita baik yang didengar dan dibaca

Menentukan isi teks berita

C 3

3

5.

Siswa mampu membandingkan persamaan dan perbedaan teks berita

Persamaan dan perbedaan dua teks berita

C 3

6, 8, 9

6.

Mengklasifikasikan isi teks berita (ekonomi, pendidikan, sosial)

C 3

11 dan 12

7.

3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi)  yang didengar dan dibaca

Siswa dapat membaca berbagai sumber untuk memahami struktur teks berita

Struktur teks berita

C 3

13 dan 14

8.

Siswa dapat menentukan kaidah kebahasaan dari teks berita yang dibaca

Kaidah kebahasaan teks berita (Fakta dan opini)

C 3

7

9.

Kaidah kebahasaan teks berita (Kata bahwa)

C 3

15

10.

Kaidah kebahasaan teks berita (Kata kerja mental)

C 3

16

11.

Kaidah kebahasaan teks berita (Kata keterangan waktu)

C 3

17

12.

Kaidah kebahasaan teks berita (Kata baku dan tidak baku)

C 3

18

13.

Kaidah kebahasaan teks berita(Kata kerja temporal)

C 3

19

14.

4.2  Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,  atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik)

Siswa mampu menuliskan langkah-langkah menulis teks berita

Menyusun langkah-langkah menulis teks berita

C 3

20

15.

Siswa dapat menyunting teks berita

Penulisan huruf kapital

C3

10

16.

3.3Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

Siswa mampu menjelaskan pengertian iklan, slogan, dan poster

Pengertian Iklan, Slogan, dan Poster

C1

21, 25, dan 28

17.

Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri iklan, slogan, dan poster

Ciri-ciri slogan, poster

C 1

25, 29

18.

Siswa mampu menyebutkan tujuan iklan, slogan, dan poster

Tujuan slogan

C 1

26

19.

Siswa mampu menunjukan jenis-jenis slogan / poster

Jenis-jenis poster

C1

30

20.

Siswa mampu menulis slogan/poster sesuai dengan konteks

Menulis slogan yang baik

C 4

23, 33

21.

4.3    Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber

Siswa mampu menyimpulkan isi slogan atau poster

Menyimpulkan dan menjelaskan isi iklan

C 2

24, 38

22.

Memaknai isi poster

C 2

31

23.

Memaknai isi slogan

C 2

32

24.

Siswa mampu menyunting slogan/poster sesuai dengan konteks

Menyunting/ mengedit slogan dan poster yang disajikan

C 4

22, 34

25.

3.4    Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

Siswa mampu mengamati bermacam-macam poster

Menentukan jenis-jenis poster

C 3

36 dan 37

26.

4.4    Menyajikan gagasan, pesan dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster  secara lisan dan tulis

Siswa dapat menyajikan gagasan, pesan dan ajakan dalam bentuk iklan

Menyajikan poster dalam bentuk kata-kata

C 6

35

27.

Menulis slogan

C 6

40

28.

Langkah-langkah menulis iklan

C 2

39

 

Mengetahui

Kepala SMP IT Al-Huda

 

 

Ir. Wahjoe Widjajanto, M.Pd.

                        Sukabumi, September 2017

                   Guru Bahasa Indonesia,

 

 

                            Andina Sopandi N, S.Pd.

 

 

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.