KISI-KISI SOAL PTS Kelas VIII
Sekolah : SMP IT Al-Huda Mata pelajaran : Bahasa Indonesia Kurikulum : KTSP Kelas/Semester : VIII/I |
Alokasi waktu : 80 menit Jumlah soal : 40 Penulis : Andina Sopandi N, S.Pd.
|
No |
KI |
KD |
Indikator Soal |
Materi |
Ranah |
No. Soal |
1. |
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca |
Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri teks berita baik yang didengar dan dibaca |
Pengertian teks berita |
C1 |
1 |
2. |
Ciri-ciri teks berita |
C1 |
2 |
|||
3. |
Siswa mampu menyebutkan unsur-unsur teks berita baik yang didengar dan dibaca |
Unsur-unsur teks berita |
C 3 |
4 dan 5 |
||
4. |
4.1 Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar |
Siswa mampu menyimpulkan isi berita baik yang didengar dan dibaca |
Menentukan isi teks berita |
C 3 |
3 |
|
5. |
Siswa mampu membandingkan persamaan dan perbedaan teks berita |
Persamaan dan perbedaan dua teks berita |
C 3 |
6, 8, 9 |
||
6. |
Mengklasifikasikan isi teks berita (ekonomi, pendidikan, sosial) |
C 3 |
11 dan 12 |
|||
7. |
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca |
Siswa dapat membaca berbagai sumber untuk memahami struktur teks berita |
Struktur teks berita |
C 3 |
13 dan 14 |
|
8. |
Siswa dapat menentukan kaidah kebahasaan dari teks berita yang dibaca |
Kaidah kebahasaan teks berita (Fakta dan opini) |
C 3 |
7 |
||
9. |
Kaidah kebahasaan teks berita (Kata bahwa) |
C 3 |
15 |
|||
10. |
Kaidah kebahasaan teks berita (Kata kerja mental) |
C 3 |
16 |
|||
11. |
Kaidah kebahasaan teks berita (Kata keterangan waktu) |
C 3 |
17 |
|||
12. |
Kaidah kebahasaan teks berita (Kata baku dan tidak baku) |
C 3 |
18 |
|||
13. |
Kaidah kebahasaan teks berita(Kata kerja temporal) |
C 3 |
19 |
|||
14. |
4.2 Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik) |
Siswa mampu menuliskan langkah-langkah menulis teks berita |
Menyusun langkah-langkah menulis teks berita |
C 3 |
20 |
|
15. |
Siswa dapat menyunting teks berita |
Penulisan huruf kapital |
C3 |
10 |
||
16. |
3.3Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar |
Siswa mampu menjelaskan pengertian iklan, slogan, dan poster |
Pengertian Iklan, Slogan, dan Poster |
C1 |
21, 25, dan 28 |
|
17. |
Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri iklan, slogan, dan poster |
Ciri-ciri slogan, poster |
C 1 |
25, 29 |
||
18. |
Siswa mampu menyebutkan tujuan iklan, slogan, dan poster |
Tujuan slogan |
C 1 |
26 |
||
19. |
Siswa mampu menunjukan jenis-jenis slogan / poster |
Jenis-jenis poster |
C1 |
30 |
||
20. |
Siswa mampu menulis slogan/poster sesuai dengan konteks |
Menulis slogan yang baik |
C 4 |
23, 33 |
||
21. |
4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber |
Siswa mampu menyimpulkan isi slogan atau poster |
Menyimpulkan dan menjelaskan isi iklan |
C 2 |
24, 38 |
|
22. |
Memaknai isi poster |
C 2 |
31 |
|||
23. |
Memaknai isi slogan |
C 2 |
32 |
|||
24. |
Siswa mampu menyunting slogan/poster sesuai dengan konteks |
Menyunting/ mengedit slogan dan poster yang disajikan |
C 4 |
22, 34 |
||
25. |
3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar |
Siswa mampu mengamati bermacam-macam poster |
Menentukan jenis-jenis poster |
C 3 |
36 dan 37 |
|
26. |
4.4 Menyajikan gagasan, pesan dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis |
Siswa dapat menyajikan gagasan, pesan dan ajakan dalam bentuk iklan |
Menyajikan poster dalam bentuk kata-kata |
C 6 |
35 |
|
27. |
Menulis slogan |
C 6 |
40 |
|||
28. |
Langkah-langkah menulis iklan |
C 2 |
39 |
Mengetahui Kepala SMP IT Al-Huda
Ir. Wahjoe Widjajanto, M.Pd. |
Sukabumi, September 2017 Guru Bahasa Indonesia,
Andina Sopandi N, S.Pd. |
|
|