KISI-KISI SOAL PTS
Sekolah : SMP IT Al-Huda Mata pelajaran : Bahasa Indonesia Kurikulum : KTSP Kelas/Semester : IX/I |
Alokasi waktu : 80 menit Jumlah soal : 40 Penulis : Andina Sopandi N, S.Pd.
|
No |
KI |
KD |
Indikator Soal |
Materi |
Ranah |
No. Soal |
1. |
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
3.1Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
|
Siswa mampu menjelaskan pengertian teks eksposisi.
|
Pengertian teks eksposisi |
C 1 |
20 |
2. |
4.1 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca |
Siswa mampu menjelaskan makna kata |
Makna kata |
C 1 |
22 |
|
3. |
Siswa mampu menentukan kalimat utama dan gagasan utama dalam teks eksposisi |
Kalimat utama dan gagasan utama |
C 3 |
23, 24, dan 38 |
||
4. |
Siswa mampu menyimpulkan isi teks eksposisi |
Simpulan teks eksposisi |
C 3 |
34 |
||
5. |
3.2Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
|
Siswa mampu menentukan struktur teks eksposisi.
|
Struktur teks eksposisi |
C 1 |
21, 26, 27 |
|
6. |
Siswa mampu menentukan unsur kebahasaan teks eksposisi.
|
Kaidah kebahasaan (fakta dan opini) |
C 3 |
28, 29, 30, 31, 32 |
||
7. |
Kata ganti |
C 3 |
39 |
|||
8. |
4.2 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan. |
Siswa mampu menyunting teks eksposisi. |
Kalimat efektif |
C 4 |
25 |
|
9. |
Kata baku dan tidak baku |
C 4 |
33 |
|||
10. |
Ejaan dan huruf kapital |
C 4 |
35, 36, 37, dan 40 |
|||
11. |
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam teks eksemplum tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
|
Siswa mampu menjelaskan pengertian teks eksemplum
|
Pengertian teks eksemplum |
C 1 |
1 dan 4 |
|
12. |
Siswa mampu menjelaskan makna kata |
Makna kata |
C 1 |
19 |
||
13. |
3.4Menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks eksemplum tentang prilaku tokoh yang didengar dan dibaca
|
Siswa mampu menelaah struktur teks eksemplum yang disajikan.
|
Struktur teks eksemplum |
C 3 |
2, 3, 11, 12 |
|
14. |
4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam teks eksemplum secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan. |
Siswa mampu menentukan unsur kebahasaan teks eksemplum.
|
Kaidah kebahasaan teks eksemplum (Kalimat tunggal, majemuk setara dan bertingkat) |
C 3 |
5, 8, 16, 17, dan 18 |
|
15. |
Kaidah kebahasaan teks eksemplum (Konjungsi koordinatif) |
C 3 |
6 |
|||
16. |
Kaidah kebahasaan teks eksemplum (Kata keterangan) |
C 3 |
7,13 |
|||
17. |
Kaidah kebahasaan teks eksemplum (Konjungsi sebab akibat, perlawanan) |
C 3 |
9,10 |
|||
18. |
Kaidah kebahasaan teks eksemplum (Konjungsi intrakalimat dan antarkalimat) |
C 3 |
14, 15 |
Mengetahui Kepala SMP IT Al-Huda
Ir. Wahjoe Widjajanto, M.Pd. |
Sukabumi, September 2017 Guru Bahasa Indonesia,
Andina Sopandi N, S.Pd. |
|
|