KISI-KISI PTS GANJIL IPS TERPADU KLS 9 TA. 2017-2018
KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL Th. Ajaran 2017 - 2018 |
SMP IT ALHUDA SUKABUMI |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 9 |
Guru Mapel : Yayah Masripah, M,Pd |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
No soal |
Bentuk Soal |
Aspek |
Tingkat Kesukaran |
C1 |
C2 |
C3 |
Md |
Sd |
Sk |
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
Menerapkan aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam mewujudkan kesatuan wilayah Nusantara yang mencakup perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) |
Potensi lokasi geografis |
Keuntungan letak geostrategis |
1, 24 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Potensi lokasi astronomis |
Pengaruh iklim pada potensi SDA |
2 |
PG |
|
v |
|
v |
|
|
Potensi iklim terhadap SDA |
3 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Potensi lokasi geologis |
Pemanfaatan SDA Tanah |
4 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Macam-macam tanah |
5 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
Jalur Pelayaran Internasional |
Jepang - Inggris |
11 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
Indonesia - Arab Saudi |
12 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
Korea Selatan - Iran |
13 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
Perdagangan dunia |
Perdagangan dunia |
21 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
25 |
PG |
|
|
v |
|
|
v |
28 |
PG |
|
|
v |
|
|
|
Tujuan bangsa eropa melakukan perdagangan ke Indonesia |
22 |
PG |
|
v |
|
v |
|
|
Murid menyebutkan sejarah pelayaran pada masa kuno |
pelayaran kuno |
6 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
latar belakang terjadinya pelayaran kuno |
7 |
PG |
|
v |
|
v |
|
|
Penjelajahan samudra |
8 |
PG |
|
|
v |
v |
|
v |
tokoh pelayaran kuno |
10 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
Menunjukkan kepedulian dan sikap kritis terhadap permasalah sosial sederhana dan politik dalam masyarakat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara dalam kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
Upaya Indonesia menjadi negara maju |
Ciri negara maju |
14 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
15 |
PG |
|
|
|
|
v |
|
karakteristik negara maju |
16 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
17 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
18 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
ciri negara berkembang |
26 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
27 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
29 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
sifat negara maju |
23 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
19 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
20 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Negara-negara maju di dunia, Jepang, Inggris, Amerika, Belanda |
30 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
31 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
32 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
33 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
34 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
Modal pembangunan |
35 |
PG |
|
|
v |
v |
|
|
37 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
Memanfaatkan SDA sebagai upaya Indonesia menjadi negara maju |
Pengertian SDA |
41 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
SDA hutan, fungsi |
38 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
48 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
jenis-jenis hutan |
39 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
40 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
42 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
43 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
hutan terluas di dunia |
50 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
Minyak bumi, pengertian |
44 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
teori pembentukan |
45 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
46 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
47 |
PG |
|
|
v |
|
|
v |
komposisi |
49 |
PG |
|
|
v |
|
|
v |