KISI-KISI PTS GANJIL IPS TERPADU KLS 9 TA. 2017-2018
| KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL Th. Ajaran 2017 - 2018 | 
| SMP IT ALHUDA SUKABUMI | 
| Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 9 | 
| Guru Mapel : Yayah Masripah, M,Pd | 
|  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi | No soal | Bentuk Soal | Aspek | Tingkat Kesukaran | 
| C1 | C2 | C3 | Md | Sd | Sk | 
| Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | Menerapkan aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam mewujudkan kesatuan wilayah Nusantara yang mencakup perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) | Potensi lokasi geografis | Keuntungan letak geostrategis | 1, 24 | PG | v |  |  | v |  |  | 
| Potensi lokasi astronomis | Pengaruh iklim pada potensi SDA | 2 | PG |  | v |  | v |  |  | 
| Potensi iklim terhadap SDA | 3 | PG | v |  |  | v |  |  | 
| Potensi lokasi geologis | Pemanfaatan SDA Tanah | 4 | PG | v |  |  | v |  |  | 
| Macam-macam tanah | 5 | PG | v |  |  |  | v |  | 
| Jalur Pelayaran Internasional | Jepang - Inggris | 11 | PG |  | v |  |  |  | v | 
| Indonesia - Arab Saudi | 12 | PG |  | v |  |  |  | v | 
| Korea Selatan - Iran | 13 | PG |  | v |  |  |  | v | 
| Perdagangan dunia | Perdagangan dunia | 21 | PG |  | v |  |  | v |  | 
| 25 | PG |  |  | v |  |  | v | 
| 28 | PG |  |  | v |  |  |  | 
| Tujuan bangsa eropa melakukan perdagangan ke Indonesia | 22 | PG |  | v |  | v |  |  | 
| Murid menyebutkan sejarah pelayaran pada masa kuno | pelayaran kuno | 6 | PG | v |  |  | v |  |  | 
| latar belakang terjadinya pelayaran kuno | 7 | PG |  | v |  | v |  |  | 
| Penjelajahan samudra | 8 | PG |  |  | v | v |  | v | 
| tokoh pelayaran kuno | 10 | PG |  |  | v |  | v |  | 
| Menunjukkan kepedulian dan sikap kritis terhadap permasalah sosial sederhana dan politik dalam masyarakat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara dalam kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | Upaya Indonesia menjadi negara maju | Ciri negara maju | 14 | PG | v |  |  |  | v |  | 
| 15 | PG |  |  |  |  | v |  | 
| karakteristik negara maju | 16 | PG |  | v |  |  | v |  | 
| 17 | PG | v |  |  |  | v |  | 
| 18 | PG | v |  |  |  | v |  | 
| ciri negara berkembang | 26 | PG |  | v |  |  | v |  | 
| 27 | PG |  | v |  |  | v |  | 
| 29 | PG |  | v |  |  | v |  | 
| sifat negara maju | 23 | PG |  | v |  |  |  | v | 
| 19 | PG |  | v |  |  | v |  | 
| 20 | PG |  | v |  |  | v |  | 
| Negara-negara maju di dunia, Jepang, Inggris, Amerika, Belanda | 30 | PG |  |  | v |  | v |  | 
| 31 | PG |  |  | v |  | v |  | 
| 32 | PG |  |  | v |  | v |  | 
| 33 | PG |  | v |  |  |  | v | 
| 34 | PG |  | v |  |  |  | v | 
| Modal pembangunan | 35 | PG |  |  | v | v |  |  | 
| 37 | PG |  |  | v |  | v |  | 
| Memanfaatkan SDA sebagai upaya Indonesia menjadi negara maju | Pengertian SDA | 41 | PG | v |  |  | v |  |  | 
| SDA hutan, fungsi | 38 | PG |  |  | v |  | v |  | 
| 48 | PG |  |  | v |  | v |  | 
| jenis-jenis hutan | 39 | PG |  | v |  |  | v |  | 
| 40 | PG |  | v |  |  | v |  | 
| 42 | PG |  | v |  |  | v |  | 
| 43 | PG |  | v |  |  | v |  | 
| hutan terluas di dunia | 50 | PG |  |  | v |  | v |  | 
| Minyak bumi, pengertian | 44 | PG | v |  |  |  | v |  | 
| teori pembentukan | 45 | PG |  |  | v |  | v |  | 
| 46 | PG |  |  | v |  | v |  | 
| 47 | PG |  |  | v |  |  | v | 
| komposisi | 49 | PG |  |  | v |  |  | v |