Kisi Kisi Kelas 8 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan PAS Ganjil TA.2017-2018

Format 13                                                                                                             KISI-KISI SOAL PTS Ganjil  TA. 2017-2018
Sekolah              :  SMP IT AL-HUDA         Kelas     : 8
Mata pelajaran :    Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKn )
Kurikulum          :  2013
Alokasi waktu : 80 Menit
Jumlah soal     : 45 Butir
Penulis             : Purwoto Herlambang
 
 
No
Kompetensi Dasar
Ranah
Kelas/Sem.
Materi
Indikator Soal
Ranah
Bentuk tes
 
No. Soal
1
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
      mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat,bangsa, dan Negara
 
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
 
3.1 Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
 
4.1 Menalar nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
 
4.9Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan     nasional.
 
 
 
VIII/1
a. Kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
1) Pancasila sebagai dasar negara
2) Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
3) Arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
 
b. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
1) Pancasila sebagai satu kesatuan
2) Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
3) Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab
4) Sila Persatuan Indonesia
5)Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/
    perwakilan
6) Sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
 
c. Perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di :
1) Lingkungan keluarga
2) Lingkungan sekolah
3) Lingkungan masyarakat
 
(  Bab I      -e-book -
   Buku Wajib PPKn Kelas VIII  )
 
3.1.1 Mendeskripsikan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
         hidup bangsa
 
3.1.2 Mendeskripsikan arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
 
3.1.3 Mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
 
4.1.1 Menunjukkan keterampilan mengamati tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan        hidup bangsa
 
4.1.2 Menunjukkan keterampilan menanya tentang Pancasila sebagai dasar negara dan  pandangan       hidup bangsa
 
4.1.3 Menyusun laporan hasil telaah tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa    dalam kehidupan sehari-hari
 
4.1.4 Menyusun gagasan tentang upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
 
4.1.5 Menyajikan laporan hasil telaah dan gagasan tentang Pancasila sebagai sebagai dasar  negara dan            pandangan   hidup bangsa.
 
4.9.1 Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan    sehari-hari
 
 
Tulis
Pilihan
Ganda
 
On Line
/Daring
 
 1
  
2
  
3
  4
 
 5
 
6
 
 
7
  
8
 
  9
 10

12

 

13

 

 

14

 

2
1.1  Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak  
      mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa,dan negara
 
2.2 Menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional Negara kebangsaan
 
3.1 Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik
      Indonesia Tahun 1945
 
4.2  Menyaji hasil telaah fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara 
       Republik Indonesia Tahun 1945
 
4.9Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan         nasional.
 
 
VIII/1
a. Lembaga negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1) Makna kedaulatan rakyat sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2) Sistem pemerintahan sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 :
a) MPR
b) DPR
c) DPD
d) Presiden
e) Badan Pemeriksa Keuangan
f) Mahkamah Agung
g) Mahkamah Konstitusi
h) Komisi Yudisial
 
b. Hubungan Antarlembaga Negara     sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
1) Sistem saling mengawasi dan menyeimbangkan antarlembaga negara
2) Hubungan antarlembaga negara di Indonesia
 c. Sikap positif terhadap sistem pemerintahan Indonesia  
1) Sikap positif dalam      lingkungan sekolah
2) Sikap positif dalam      lingkungan masyarakat
3) Sikap positif dalam      lingkungan bangsa dan  negara
         ( Bab II      -e-book -
Buku Wajib PPKn Kelas VII )
 
3.2.1 Menjelaskan makna kedaulatan rakyat
 
3.2.2 Menjelaskan fungsi lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
 
3.2.3 Menjelaskan hubungan antarlembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
 
4.2.1 Menunjukkan keterampilan mengamati tentang fungsi lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
 
4.2.2. Menunjukkan keterampilan menanya tentang fungsi lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
 
4.2.3. Menyusun laporan hasil telaah tentang fungsi lembaga-lembaga Negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
 
4.2.4. Menyajikan laporan hasil telaah tentang fungsi lembaga-lembaga Negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
 
4.9.2 Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan semangat kebangsaan dan kebernegaraan para pendiri negara dalam menetapkan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia
 
 
Tulis
Pilihan
Ganda
 
On Line
/Daring
 15
  
15
17
 18

19

20

 

21

 
22
23
24

25

 

26
27
 
28
29
30
 
3
1.1  Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
      mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat,bangsa, dan negara
 
2.2 Menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para
      pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan
 
3.3 Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
 
4.3 Menyaji hasil telaah tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
 
4.9 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan      nasional.
 
 
VIII/1
a. Makna tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia
1) Pengertian Peraturan Perundang-undangan
2) Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan di Indonesia
 b. Proses pembuatan peraturan perundang-undangan Indonesia UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1) Ketetapan MPR
2) Undang-undang/Perpu
3) Peraturan Pemerintah
4) Peraturan Presiden
5) Perda Provinsi
6) Perda Kabupaten/Kota
 c. Ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan di Indonesia secara kontekstual
1) Membiasakan perilaku tertib di lingkungan sekolah
2) Membiasakan perilaku tertib lalu lintas
 
      ( Bab III      -e-book -
        Buku Wajib PPKn Kelas VIII )
3.1.1 Mendeskripsikan makna peraturan perundangan nasional
 
3.1.2 Mendeskripsikan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
 3.1.3 Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan perundang-undangan Nasional
 4.3.1 Menunjukkan keterampilan mengamati tentang tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
 4.3.1 Menunjukkan keterampilan menanya tentang tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
 4.3.2 mencoba praktik kewarganegaraan berkaitan dengan mentaati peraturan perundang-undangan nasional
 4.3.3 menyusun laporan hasil telaah tentang tata urutan peraturan perundangundangan nasional
 
4.3.4 menyajikan laporan hasil telaah tentang tata urutan peraturan perundangundangan nasional
 
4.9.3 Menyaji praktik kewarganegaraan berkaitan dengan mentaati peraturan perundang-undangan nasional
 
 
Tulis
Pilihan
Ganda
 
On Line
/Daring
31
 
 32
 
33
 34
 
 35
 36
 37
 38
 39
 
40

41

42

43

44

45

 

 
Mengetahui
Kepala Sekolah
 
 
Ir.Wahyoe Wijajanto
Sukabumi, 5  Desember 2017
Guru PPKn
 
 
Purwoto Herlambang,SH
 
 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.