Format 13 KISI-KISI SOAL PTS Ganjil TA. 2017-2018
Sekolah : SMP IT AL-HUDA Kelas : 8Mata pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKn )Kurikulum : 2013 |
Alokasi waktu : 80 MenitJumlah soal : 45 ButirPenulis : Purwoto Herlambang |
No |
Kompetensi Dasar |
Ranah |
Kelas/Sem. |
Materi |
Indikator Soal |
Ranah |
Bentuk tes |
No. Soal |
1 |
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlakmulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat,bangsa, dan Negara2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa3.1 Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa4.1 Menalar nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari4.9Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional. |
|
VIII/1 |
a. Kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa1) Pancasila sebagai dasar negara2) Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa3) Arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.b. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila1) Pancasila sebagai satu kesatuan2) Sila Ketuhanan Yang Maha Esa3) Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab4) Sila Persatuan Indonesia5)Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan6) Sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesiac. Perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di :1) Lingkungan keluarga2) Lingkungan sekolah3) Lingkungan masyarakat( Bab I -e-book -Buku Wajib PPKn Kelas VIII ) |
3.1.1 Mendeskripsikan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara dan pandanganhidup bangsa3.1.2 Mendeskripsikan arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa3.1.3 Mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila4.1.1 Menunjukkan keterampilan mengamati tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa4.1.2 Menunjukkan keterampilan menanya tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa4.1.3 Menyusun laporan hasil telaah tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari4.1.4 Menyusun gagasan tentang upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.4.1.5 Menyajikan laporan hasil telaah dan gagasan tentang Pancasila sebagai sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.4.9.1 Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
|
TulisPilihanGandaOn Line/Daring |
1234567891012
13
14
|
2 |
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlakmulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa,dan negara2.2 Menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional Negara kebangsaan3.1 Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 19454.2 Menyaji hasil telaah fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 19454.9Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional. |
|
VIII/1 |
a. Lembaga negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 19451) Makna kedaulatan rakyat sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 19452) Sistem pemerintahan sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 :a) MPRb) DPRc) DPDd) Presidene) Badan Pemeriksa Keuanganf) Mahkamah Agungg) Mahkamah Konstitusih) Komisi Yudisialb. Hubungan Antarlembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 19451) Sistem saling mengawasi dan menyeimbangkan antarlembaga negara2) Hubungan antarlembaga negara di Indonesiac. Sikap positif terhadap sistem pemerintahan Indonesia1) Sikap positif dalam lingkungan sekolah2) Sikap positif dalam lingkungan masyarakat3) Sikap positif dalam lingkungan bangsa dan negara( Bab II -e-book -Buku Wajib PPKn Kelas VII ) |
3.2.1 Menjelaskan makna kedaulatan rakyat3.2.2 Menjelaskan fungsi lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 19453.2.3 Menjelaskan hubungan antarlembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 19454.2.1 Menunjukkan keterampilan mengamati tentang fungsi lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 19454.2.2. Menunjukkan keterampilan menanya tentang fungsi lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 19454.2.3. Menyusun laporan hasil telaah tentang fungsi lembaga-lembaga Negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 19454.2.4. Menyajikan laporan hasil telaah tentang fungsi lembaga-lembaga Negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 19454.9.2 Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan semangat kebangsaan dan kebernegaraan para pendiri negara dalam menetapkan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia |
|
TulisPilihanGandaOn Line/Daring |
15
15171819 20
21 22232425
2627282930 |
3 |
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlakmulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat,bangsa, dan negara2.2 Menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh parapendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan3.3 Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan nasional4.3 Menyaji hasil telaah tata urutan peraturan perundang-undangan nasional4.9 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional. |
|
VIII/1 |
a. Makna tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia1) Pengertian Peraturan Perundang-undangan2) Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan di Indonesiab. Proses pembuatan peraturan perundang-undangan Indonesia UUD Negara Republik Indonesia Tahun 19451) Ketetapan MPR2) Undang-undang/Perpu3) Peraturan Pemerintah4) Peraturan Presiden5) Perda Provinsi6) Perda Kabupaten/Kotac. Ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan di Indonesia secara kontekstual1) Membiasakan perilaku tertib di lingkungan sekolah2) Membiasakan perilaku tertib lalu lintas( Bab III -e-book -Buku Wajib PPKn Kelas VIII ) |
3.1.1 Mendeskripsikan makna peraturan perundangan nasional3.1.2 Mendeskripsikan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional3.1.3 Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan perundang-undangan Nasional4.3.1 Menunjukkan keterampilan mengamati tentang tata urutan peraturan perundang-undangan nasional4.3.1 Menunjukkan keterampilan menanya tentang tata urutan peraturan perundang-undangan nasional4.3.2 mencoba praktik kewarganegaraan berkaitan dengan mentaati peraturan perundang-undangan nasional4.3.3 menyusun laporan hasil telaah tentang tata urutan peraturan perundangundangan nasional4.3.4 menyajikan laporan hasil telaah tentang tata urutan peraturan perundangundangan nasional4.9.3 Menyaji praktik kewarganegaraan berkaitan dengan mentaati peraturan perundang-undangan nasional |
|
TulisPilihanGandaOn Line/Daring |
3132333435363738394041 42 43 44 45
|
MengetahuiKepala SekolahIr.Wahyoe Wijajanto |
Sukabumi, 5 Desember 2017Guru PPKnPurwoto Herlambang,SH |