Format 13 KISI-KISI SOAL PTS Ganjil TA. 2017-2018
Sekolah : SMP IT AL-HUDA Kelas : 9 Mata pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKn ) Kurikulum : 2013 |
Alokasi waktu : 60 Menit Jumlah soal : 45 Butir Penulis : Purwoto Herlambang
|
No |
Kompetensi Dasar |
Ranah |
Kelas/Sem. |
Materi |
Indikator Soal |
Ranah |
Bentuk tes
|
No. Soal |
|||
1 |
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa 2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman 3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa 4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan zaman 4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
|
|
IX/1 |
Materi pembelajaran pada Bab I e-book Buku PPKn :
1. Penerapan Pancasila dari masa ke masa a. Masa Orde Lama 1) Periode 1945 – 1950 2) Periode 1950 – 1959 3) Periode 1959 – 1965 b. Masa Orde Baru c. Masa Reformasi
2. Nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman a. hakekat ideologi terbuka b. kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka
3. Perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan
|
1.1.1 Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan 1.1.2 Menunjukkan sikap bersyukur dalam pembelajaran perwujudan nilai- nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan 2.1.1 Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan 2.1.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan 2.1.3 Menunjukkan sikap percaya diri dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan 3.1.1 Mendeskripsikan perkembangan penerapan Pancasila sebagai dasar Negara dari masa ke masa 3.1.2 Menjelaskan dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman. 3.1.3 Menampilkan perilaku perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan sehari-hari 4.1.1 Menyusun laporan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa 4.1.2 Menyajikan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa 4.8.1 Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
|
|
Tulis Pilihan Ganda
On Line /Daring |
1
2
3
4 5 6 7 8 9
10
11 12 13
14
15
16 17
|
|||
2 |
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa 2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian 3.2 Memahami pokok-pokok pikiran terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
|
|
IX/1 |
Materi pembelajaran pada Bab II sebagai berikut : 1. Hakekat pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 : a. Pokok pikiran pertama b. Pokok pikiran kedua c. Pokok pikiran ketiga d. Pokok pikiran keempat
2. Arti penting pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3. Sikap Posistif terhadap pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
1.1.1 Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 2.3.1 Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 2.3.2 Menunjukkan sikap disiplin dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 2.3.3 Menunjukkan sikap gotong royong dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 2.3.4 Menunjukkan sikap santun dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 3.2.1 Mendeskripsikan pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 3.2.2 Mendeskripsikan arti penting pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945. 3.2.3 Mengidentifikasi perwujudan perilaku sesuai pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 di berbagai lingkungan. 4.2.1 Menyusun laporan hasil telaah tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945. 4.2.2 Menyajikan hasil telaah tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945. 4.2.3 Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945.
|
|
Tulis Pilihan Ganda
On Line /Daring |
18 19
20
21
22
23 24
25
26 27
28 29
30
31 32
33
|
|||
3 |
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa 2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian 3.3 Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 4.3 Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
|
|
IX/1 |
Materi pembelajaran pada Bab III sebagai berikut : 1. Hakikat Hukum a) Pengertian Hukum b) Penggolongan Hukum c) Tujuan Hukum
2. Arti Penting Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara
3. Kepatuhan Terhadap Hukum yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara a) Perilaku yang Sesuai dengan Hukum b) Perilaku yang Bertentangan dengan Hukum Beserta Sanksinya
|
1.1.1 Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum; 1.1.2 Menunjukkan sikap bersyukur dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum; 1.1.1 Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum 1.1.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum 1.1.3 Menunjukkan sikap percaya diri dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum 3.3.1 Mendeskripsikan hakikat hukum 3.3.2 Mendeskripsikan Indonesia sebagai negara hukum 3.3.3 Mendeskripsikan arti penting hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 3.3.4 Mengidentifikasi perilaku menaati hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 4.3.1 Menyusun laporan hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 4.3.2 Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 4.8.3 Menyajikan praktik kewarganegaraan dalam mewujudkan peraturan hukum
|
|
Tulis Pilihan Ganda
On Line /Daring |
34 35
36
37
38
39
40
41
42
43 44
45 |
|||
|
Mengetahui Kepala Sekolah
Ir.Wahyoe Wijajanto |
Sukabumi, 5 Desember 2017 Guru PPKn
Purwoto Herlambang,SH |
|
||||||||