Kisi-Kisi Kelas 9 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan PAS Ganjil TA 2017-2018

Format 13                                                                                                             KISI-KISI SOAL PTS Ganjil  TA. 2017-2018

Sekolah              :  SMP IT AL-HUDA         Kelas     : 9

Mata pelajaran :    Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKn )

Kurikulum          :  2013

Alokasi waktu : 60 Menit

Jumlah soal     : 45 Butir

Penulis             : Purwoto Herlambang

 

 

No

Kompetensi Dasar

Ranah

Kelas/Sem.

Materi

Indikator Soal

Ranah

Bentuk tes

 

No. Soal

1

1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa

2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman

3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan zaman

4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional

 

 

IX/1

Materi pembelajaran pada Bab I  e-book Buku PPKn  :

 

1. Penerapan Pancasila dari masa ke masa

a. Masa Orde Lama

1) Periode 1945 – 1950

2) Periode 1950 – 1959

3) Periode 1959 – 1965

b.  Masa Orde Baru

c. Masa Reformasi

 

2. Nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman

a. hakekat ideologi terbuka

b. kedudukan Pancasila

    sebagai ideologi terbuka

 

3. Perwujudan nilai-nilai     

    Pancasila dalam berbagai

    kehidupan

 

1.1.1    Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

1.1.2    Menunjukkan sikap bersyukur dalam pembelajaran perwujudan nilai- nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

2.1.1    Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

2.1.2    Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

2.1.3    Menunjukkan sikap percaya diri dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

3.1.1    Mendeskripsikan perkembangan penerapan Pancasila sebagai dasar Negara dari masa ke masa

3.1.2    Menjelaskan  dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman.

3.1.3    Menampilkan perilaku perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan sehari-hari

4.1.1    Menyusun laporan  hasil telaah   tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

4.1.2    Menyajikan hasil telaah  tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

4.8.1    Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

 

 

Tulis

Pilihan

Ganda

 

On Line

/Daring

1

 

2

 

3

 

4

5

7

 8

 9

 

 10

 

11

12

13

 

 

14

 

15

 

16

17

 

 

 

2

1.1       Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa

2.3       Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian

3.2       Memahami pokok-pokok pikiran terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.2       Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.8       Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional

 

 

IX/1

Materi pembelajaran pada Bab II sebagai berikut :

1. Hakekat pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 :

     a. Pokok pikiran pertama

     b. Pokok pikiran kedua

     c. Pokok pikiran ketiga

     d. Pokok pikiran keempat

 

 2. Arti penting pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

3. Sikap Posistif terhadap pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

1.1.1    Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945

2.3.1    Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945

2.3.2    Menunjukkan sikap disiplin dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945

2.3.3    Menunjukkan sikap gotong royong dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945

2.3.4    Menunjukkan sikap santun dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945

3.2.1    Mendeskripsikan pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 3.2.2 Mendeskripsikan arti penting pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945.

3.2.3    Mengidentifikasi perwujudan perilaku sesuai pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 di berbagai lingkungan.

4.2.1    Menyusun laporan hasil telaah tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945.

4.2.2    Menyajikan hasil telaah tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945.

4.2.3    Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945.  

 

 

Tulis

Pilihan

Ganda

 

On Line

/Daring

18

19

 

20

 

21

 

22

 

23

24

 

25

 

26

27

 

28

29

 

30

 

31

32

 

33

 

 

3

1.1       Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa

2.3       Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian

3.3       Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

4.3       Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

4.8       Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional

 

 

IX/1

Materi pembelajaran pada Bab III sebagai berikut :

1.    Hakikat Hukum

a)    Pengertian Hukum

b)    Penggolongan Hukum

c)    Tujuan Hukum

 

2.    Arti Penting Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara

 

3.    Kepatuhan Terhadap Hukum yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara

a)    Perilaku yang Sesuai dengan Hukum

b)    Perilaku yang Bertentangan dengan Hukum Beserta Sanksinya

 

1.1.1    Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum;

1.1.2    Menunjukkan sikap bersyukur dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum;

1.1.1    Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum

1.1.2    Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum

1.1.3    Menunjukkan sikap percaya diri dalam pembelajaran kepatuhan terhadap hukum

3.3.1    Mendeskripsikan hakikat hukum

3.3.2    Mendeskripsikan Indonesia sebagai negara hukum

3.3.3    Mendeskripsikan arti penting hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

3.3.4    Mengidentifikasi perilaku menaati hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

4.3.1    Menyusun laporan hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

4.3.2    Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

4.8.3    Menyajikan praktik kewarganegaraan dalam mewujudkan peraturan hukum

 

 

Tulis

Pilihan

Ganda

 

On Line

/Daring

 

34

35

 

36

 

 

37 

 

38

 

39

 

 

 

40

 

41

 

42

 

43

44

 

 

45

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

Ir.Wahyoe Wijajanto

Sukabumi, 5 Desember 2017

Guru PPKn

 

 

Purwoto Herlambang,SH

 

                       

 

 

 

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.