SMP IT ALHUDA SOEKABUMI |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 7 |
Guru Mapel : Yayah Masripah, S,Pd |
TA. 2017 - 2018 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
No soal |
Bentuk Soal |
Aspek |
Tingkat Kesukaran |
C1 |
C2 |
C3 |
Md |
Sd |
Sk |
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) |
Murid menemukan pengertian tentang letak astronomis suatu wilayah |
Letak geografis dan astronomis Indonesia |
35 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
34 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
Murid menemukan alas an Indonesia beriklim tropis |
Siklus Hidrologi |
36 |
PG |
|
v |
|
v |
|
v |
Murid menyebutkan kembali tentang ciri-ciri Negara tropis |
Pembagian Iklim Dunia |
38 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
Murid menemukan letak geografis Indonesia |
Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur |
37 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
|
Kemampuan menjelaskan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia |
Mengidentifikasi Kehidupan Masyarakat Praaksa dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan politik |
Pembagian masa dalam kehidupa manusia praaksara yaitu masa berburu, bercocok tanam, dan masa perundagian |
39 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
|
Kehidupan Masyarakat Praaksa dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan politik |
40 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
Mendeskripsikan kehidupan masyarakat pada zaman Hindu dan Budha |
Teori masuknya Agama Hindu Budha ke Indonesia |
31 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Mengidentifikasi corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu Budha dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan |
Corak kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu Budha dari sisi sosial, budaya, ekonomi, agama dan pendidikan |
32 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
Kerajaan- Kerajaan yang bercorak Islam di Indonesia |
33 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
|
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi |
Menyebutkan asal usul nene moyang penduduk Indonesia |
Asal usul nene moyang penduduk Indonesia |
5 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
Ciri-ciri Proto melayu |
1 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Peninggalan proto melayu |
4 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
alasan kedatangan proto melayu |
2 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
jalur kedatangan proto melayu |
3 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Menyebutkan pengertian kepadatan penduduk, persebaran penduduk, komposisi penduduk, rumus kepadatan penduduk, dampak negatif dan positif dari kepadatan penduduk |
Pengertian kepadatan penduduk |
15 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
persebaran penduduk |
14 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
kepadatan penduduk |
13 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Cara penghitungan pertumbuhan penduduk alami |
8 |
PG |
v |
|
|
|
|
v |
Cara penghitungan pertumbuhan penduduk total |
9 |
PG |
v |
|
|
|
|
v |
komposisi penduduk |
11 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
12 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Sensus penduduk |
6 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
survey penduduk |
7 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Mortalitas |
10 |
PG |
|
v |
|
v |
|
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi |
Mendeskripsikan tentang Mobilisasi Penduduk |
Pengertian tentang Urbanisasi, Transmigrasi, Migrasi |
17 |
PG |
|
v |
|
v |
|
|
16 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
18 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
3.3 Memehami jenis-jenis lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat |
Mendefinisikan tentang kelembagaan sosial |
pengertian tentang lembaga sosial |
25 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
19 |
PG |
|
v |
|
v |
|
|
27 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Mengidentifikasi kelembagaan sosial keluarga, agama, pendidikan, sosial dll |
Lembaga Keluarga |
22 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
24 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
Lembaga Politik |
26 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
21 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Lembaga Pendidikan |
20 |
PG |
|
v |
|
v |
|
|
23 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Lembaga Ekonomi |
30 |
PG |
|
|
v |
|
|
v |
29 |
PG |
|
|
v |
|
|
v |
28 |
PG |
|
|
v |
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sukabumi, 21 Nopember 2017 |
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Yayah Masripah, S.Pd |
|