KISI-KISI SOAL UAS GANJIL Th. Ajaran 2017-2018 |
SMP IT ALHUDA SUKABUMI |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 8 |
Guru Mapel : Yayah Masripah, S,Pd |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
No soal |
Bentuk Soal |
Aspek |
Tingkat Kesukaran |
C1 |
C2 |
C3 |
Md |
Sd |
Sk |
Memahami pengetahuan (faktual, konsuptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan keadilan tampak mata |
Kemampuan menjelaskan keunggulan Iklim di Indonesia dan kemampuan menjelaskan akibat dari iklim tersebut terhadap kehidupan |
Murid mampu menjelaskan keunggulan letak geografis Indonesia |
Menjelaskan keunggulan letak goegrafis Indonesia |
28 |
PG |
v |
|
|
V |
|
|
Murid mampu menjelaskan dampak iklim Indonesia terhadap kehidupan masyarakat Indonesia |
Akibat dari iklim tropis terhadap keunggulan tanah di Indonesia |
29 |
PG |
v |
|
|
V |
|
|
32 |
PG |
|
v |
|
|
V |
|
Kemampuan menjelaskan keunggulan tanah di Indonesia, keuntungan kondisi tanah Indonesia terhadap aktivitas pertanian dan mampu menunjukkan contoh pemanfaatan tanah yang bias dilakukan oleh masyarakat. |
Murid mampu menjelaskan keunggulan lokasi terhadap komunikasi |
keunggulan lokasi terhadap komunikasi |
27 |
PG |
v |
|
|
V |
|
|
28 |
PG |
|
v |
|
|
V |
|
Murid mampu menjelaskan keunggulan lokasi terhadap transportasi |
keunggulan lokasi terhadap transportasi |
25 |
PG |
v |
|
|
V |
|
|
26 |
PG |
|
v |
|
|
V |
|
Murid mampu menjelaskan keunggulan tanah Indonesia |
Keunggulan tanah Indonesia |
29 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
32 |
PG |
v |
|
|
V |
|
|
Kemampuan menjelaskan keunggulan lokasi dapat berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, dan komunikasi |
Murid mampu menjelaskan keunggulan lokasi terahdap produksi |
keunggulan lokasi terhadap kegaitan produksi |
30 |
PG |
|
v |
|
|
V |
|
33 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
Murid mampu menjelaskan keunggulan lokasi terahdap distribusi |
Keunggulan lokasi terhadap kegiatan distribusi |
31 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
34 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
35 |
PG |
|
v |
|
|
V |
|
Murid mampu menjelaskan keunggulan lokasi terahdap konsumsi |
Keunggulan lokasi terhadpa kegiatan konsumsi |
36 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
Memahami pengetahuan (faktual, konsuptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan keadilan tampak mata |
Kemampuan mengidentifikasi lokasi kedatangan bangsa barat dan reaksi masyarakat terhadap kedatangan bangsa barat di Indonesia |
Murid mampu menjelaskan proses masuknya kolonialisme barat ke Indonesia |
Proses masuknya kolonialisme barat ke Indonesia |
39 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
Murid mampu menjelaskan lokasi kedatangan bangsa barat |
Lokasi kedatangan bangsa barat |
38 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
Murid mampu mengidentifikasi reaksi rakyat Indonesia terhadap kedatangan bangsa barat |
Reaksi rakyat Indonesia terhadap kedatangan bangsa barat |
37 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
Murid mampu mengidentifikasi beberapa perlawanan rakyat yang dilakukan diberbagai daerah, penyebab dan jalannya perlawanan rakyat |
Perlawanan rakyat yang dilakukan diberbagai daerah, penyebab dan jalannya perlawanan rakyat |
40 |
PG |
v |
|
|
V |
|
|
Memahami pengetahuan (faktual, konsuptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan keadilan tampak mata |
Kemampuan mengidentifikasi laju pertumbuhan penduduk, menghitung jumlah penduduk Indonesia, dan mengatasi ledakan penduduk |
Murid mampu menjelaskan tentang pengertian penduduk |
Pengertian Penduduk |
24 |
PG |
v |
|
|
V |
|
|
23 |
PG |
v |
|
|
V |
|
|
Murid mampu mengidentifikasi laju pertumbuhan penduduk tiap tahun |
Jumlah pertumbuhan penduduk tiap tahun |
1 |
PG |
|
|
v |
|
|
V |
2 |
PG |
|
|
v |
|
|
V |
3 |
PG |
|
|
v |
|
|
V |
4 |
PG |
|
|
v |
|
V |
|
5 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
Ledakan penduduk |
18 |
PG |
v |
|
|
V |
|
|
komposisi penduduk |
22 |
PG |
v |
|
|
V |
|
|
19 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
Kemampuan mengidentifikasi pengertian pertumbuhan penduduk |
Murid mampu mengidentifikasi pengertian pertumbuhan piramida penduduk |
piramida penduduk |
6 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
7 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
8 |
PG |
|
v |
|
|
V |
|
Kemampuan mengidentifikasi pengertian komposisi penduduk dan mengidentifikasi komposisi, rasio ketergantungan, migrasi dan penghitungan jumlah penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin |
Murid mampu mengidentifikasi persebaran penduduk |
persebaran penduduk |
9 |
PG |
|
v |
|
|
V |
|
10 |
PG |
|
v |
|
|
V |
|
Murid mampu menjelaskan pengertian Migrasi Penduduk |
Migrasi penduduk |
16 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
17 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
Murid mampu menjelaskan pengertian rasio ketergantungan penduduk |
Rasio Ketergantungan |
11 |
PG |
|
v |
|
|
V |
|
12 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
13 |
PG |
|
|
v |
|
|
V |
Murid mampu menjelaskan tentang kualitas pendudukan |
kualitas penduduk |
14 |
PG |
|
v |
|
|
V |
|
|
15 |
PG |
|
v |
|
|
V |
|
Murid mampu mengidentifikasi metode penghitungan penduduk |
penghitungan jumlah penduduk |
20 |
PG |
v |
|
|
|
V |
|
21 |
PG |
v |
|
|
|
|
V |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sukabumi, 21 Nopember 2017 |
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Yayah Masripah, S.Pd |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|