KISI-KISI PAS GANJIL IPS TERPADU KLS 8 TA.2017-2018

KISI-KISI SOAL UAS GANJIL Th. Ajaran 2017-2018
SMP IT ALHUDA SUKABUMI
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 8
Guru Mapel : Yayah Masripah, S,Pd
                       
Standar Kompetensi  Kompetensi Dasar Indikator Materi No soal Bentuk Soal Aspek Tingkat Kesukaran
C1 C2 C3 Md Sd Sk
Memahami pengetahuan (faktual, konsuptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan keadilan tampak mata Kemampuan menjelaskan keunggulan Iklim di Indonesia dan kemampuan menjelaskan akibat dari iklim tersebut terhadap kehidupan  Murid mampu menjelaskan keunggulan letak geografis Indonesia Menjelaskan keunggulan letak goegrafis Indonesia 28 PG v     V    
Murid mampu menjelaskan dampak iklim Indonesia terhadap kehidupan masyarakat Indonesia Akibat dari iklim  tropis terhadap keunggulan tanah di Indonesia 29 PG v     V    
32 PG   v     V  
Kemampuan menjelaskan keunggulan tanah di Indonesia, keuntungan kondisi tanah Indonesia terhadap aktivitas pertanian dan mampu menunjukkan contoh pemanfaatan tanah yang bias dilakukan oleh masyarakat. Murid mampu menjelaskan keunggulan lokasi terhadap komunikasi  keunggulan lokasi terhadap komunikasi 27 PG v     V    
28 PG   v     V  
Murid mampu menjelaskan keunggulan lokasi terhadap transportasi  keunggulan lokasi terhadap transportasi 25 PG v     V    
26 PG   v     V  
Murid mampu menjelaskan keunggulan tanah Indonesia Keunggulan tanah Indonesia 29 PG v       V  
32 PG v     V    
Kemampuan menjelaskan keunggulan lokasi dapat berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, dan komunikasi  Murid mampu menjelaskan keunggulan lokasi terahdap produksi keunggulan lokasi terhadap kegaitan produksi 30 PG   v     V  
33 PG v       V  
Murid mampu menjelaskan keunggulan lokasi terahdap distribusi Keunggulan lokasi terhadap kegiatan distribusi 31 PG v       V  
34 PG v       V  
35 PG   v     V  
Murid mampu menjelaskan keunggulan lokasi terahdap konsumsi Keunggulan lokasi terhadpa kegiatan konsumsi 36 PG v       V  
Memahami pengetahuan (faktual, konsuptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan keadilan tampak mata Kemampuan mengidentifikasi lokasi kedatangan bangsa barat dan reaksi masyarakat terhadap kedatangan bangsa barat di Indonesia Murid mampu menjelaskan proses masuknya kolonialisme barat ke Indonesia  Proses masuknya kolonialisme barat ke Indonesia  39 PG v       V  
Murid mampu menjelaskan lokasi kedatangan bangsa barat Lokasi kedatangan bangsa barat 38 PG v       V  
Murid mampu mengidentifikasi reaksi rakyat Indonesia terhadap kedatangan bangsa barat Reaksi rakyat Indonesia terhadap kedatangan bangsa barat 37 PG v       V  
Murid mampu mengidentifikasi beberapa perlawanan rakyat yang dilakukan diberbagai daerah, penyebab dan jalannya perlawanan rakyat Perlawanan rakyat yang dilakukan diberbagai daerah, penyebab dan jalannya perlawanan rakyat 40 PG v     V    
Memahami pengetahuan (faktual, konsuptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan keadilan tampak mata Kemampuan mengidentifikasi laju pertumbuhan penduduk, menghitung jumlah penduduk Indonesia, dan mengatasi ledakan penduduk Murid mampu menjelaskan tentang pengertian penduduk Pengertian Penduduk 24 PG v     V    
23 PG v     V    
Murid mampu mengidentifikasi laju pertumbuhan penduduk tiap tahun Jumlah pertumbuhan penduduk tiap tahun 1 PG     v     V
2 PG     v     V
3 PG     v     V
4 PG     v   V  
5 PG v       V  
Ledakan penduduk 18 PG v     V    
komposisi penduduk 22 PG v     V    
19 PG v       V  
Kemampuan mengidentifikasi pengertian pertumbuhan penduduk Murid mampu mengidentifikasi pengertian pertumbuhan piramida penduduk piramida penduduk 6 PG v       V  
7 PG v       V  
8 PG   v     V  
Kemampuan mengidentifikasi pengertian komposisi penduduk dan mengidentifikasi komposisi, rasio ketergantungan, migrasi dan penghitungan jumlah penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin Murid mampu mengidentifikasi persebaran penduduk persebaran penduduk 9 PG   v     V  
10 PG   v     V  
Murid mampu menjelaskan pengertian Migrasi Penduduk Migrasi penduduk 16 PG v       V  
17 PG v       V  
Murid mampu menjelaskan pengertian rasio ketergantungan penduduk Rasio Ketergantungan 11 PG   v     V  
12 PG v       V  
13 PG     v     V
Murid mampu menjelaskan tentang kualitas pendudukan kualitas penduduk 14 PG   v     V  
  15 PG   v     V  
Murid mampu mengidentifikasi metode penghitungan penduduk penghitungan jumlah penduduk 20 PG v       V  
21 PG v         V
                       
          Sukabumi,  21 Nopember 2017  
          Guru Mata Pelajaran  
                       
                       
                       
          Yayah Masripah, S.Pd  
                       
                       

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.