KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL Th. Ajaran 2017 - 2018 |
SMP IT ALHUDA SUKABUMI |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 9 |
Guru Mapel : Yayah Masripah, M,Pd |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
No soal |
Bentuk Soal |
Aspek |
Tingkat Kesukaran |
C1 |
C2 |
C3 |
Md |
Sd |
Sk |
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
Menunjukkan kepedulian dan sikap kritis terhadap permasalah sosial sederhana dan politik dalam masyarakat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara dalam kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
Perkembangan kepandudukan |
Peran penduduk dalam pembangunan |
13 |
PG |
|
V |
|
V |
|
|
laju pertumbuhan penduduk |
Laju pertumbuhan penduduk |
2 |
PG |
V |
|
|
V |
|
|
Sensus Penduduk |
3 |
PG |
V |
|
|
V |
|
|
Dampak pertumbuhan penduduk |
Dampak negatif |
4 |
PG |
|
V |
|
V |
|
|
Dampak positif |
5 |
PG |
|
V |
|
V |
|
|
Mobilisasi penduduk |
Sarana prasarana mobilisasi penduduk |
6 |
PG |
|
V |
|
|
V |
|
Faktor pendorong terjadinya Urbanisasi |
7 |
PG |
|
V |
|
V |
|
|
Pembangunan Nasional |
Hakikat pembangunan nasional |
11 |
PG |
V |
|
|
|
V |
|
Macam-macam Sistem ekonomi di dunia |
Pengertian Sistem ekonomi liberal |
8 |
PG |
|
V |
|
|
V |
|
Penggagas Sistem Ekonomi Liberal |
9 |
PG |
V |
|
|
|
|
V |
Sistem Demokrasi Ekonomi |
Pengertian Sistem Demokrasi Ekonomi |
1 |
PG |
V |
|
|
|
V |
|
Landasan Demokrasi Ekonomi |
10 |
PG |
V |
|
|
|
V |
|
Pembangunan Ekonomi |
Tujuan Pembangunan Ekonomi |
12 |
PG |
V |
|
|
|
V |
|
Perkembangan ekonomi pada masa awal kemerdekaan |
Kasimo Plan |
14 |
PG |
V |
|
|
|
|
V |
Blokade Belanda |
15 |
PG |
|
V |
|
|
|
V |
Ekonomi Pada masa Orla |
Sistem Ali Baba |
17 |
PG |
|
V |
|
|
V |
|
Ekonomi Pada masa Orba |
Pedoman pembangunan Trilogi Pembangunan |
16 |
PG |
|
V |
|
|
V |
|
Revolusi Hijau |
18 |
PG |
|
V |
|
|
V |
|
Ekonomi masa Reformasi |
Penyebab Krisis Eonomi |
19 |
PG |
|
|
V |
|
|
|
pemerintahan BJ Habibie |
20 |
PG |
|
V |
|
|
V |
|
Pendidikan di awal kemerdekaan |
Menteri pertama di awal kemerdekaan |
22 |
PG |
V |
|
|
V |
|
|
Politik di masa Orla |
Sebab PKI dibubarkan |
21 |
PG |
V |
|
|
|
V |
|
Tujuan dibentuk BKR |
23 |
PG |
V |
|
|
|
V |
|
Politik di masa Orba |
Pengertian KKN |
24 |
PG |
V |
|
|
|
V |
|
Dampak kebijakan ekonomi Orba |
25 |
PG |
|
V |
|
|
V |
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
Menerapkan aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam mewujudkan kesatuan wilayah Nusantara yang mencakup perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) |
Potensi lokasi geologis |
Pemanfaatan SDA Tanah |
28 |
PG |
v |
|
|
v |
|
|
Jalur Pelayaran Internasional |
Jepang - Inggris |
32 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
Indonesia - Arab Saudi |
33 |
PG |
|
v |
|
|
|
v |
|
latar belakang terjadinya pelayaran kuno |
29 |
PG |
V |
v |
|
v |
|
|
Penjelajahan samudra |
30 |
PG |
V |
|
v |
v |
V |
|
tokoh pelayaran kuno |
31 |
PG |
V |
|
v |
|
v |
|
|
karakteristik negara maju |
34 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
35 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
36 |
PG |
v |
|
|
|
v |
|
37 |
PG |
|
v |
|
|
v |
|
Negara-negara maju di dunia, Jepang, Inggris, Amerika, Belanda |
39 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
40 |
PG |
|
|
v |
|
v |
|
Modal pembangunan |
38 |
PG |
|
|
v |
v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sukabumi, 21 Nopember 2017 |
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Yayah Masripah, S.Pd |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|