Format K13 KISI-KISI SOAL PAS Ganjil TA.2017-2018
Sekolah : SMP IT AL-HUDA Kelas : 7 Mata pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKn ) Kurikulum : 2013 |
Alokasi waktu : 60 Menit Jumlah soal : 45 Butir Penulis : Purwoto Herlambang,SH
|
No |
Kompetensi Dasar |
Ranah |
Kelas/Sem. |
Materi |
Indikator Soal |
Ranah |
Bentuk tes
|
No. Soal |
1 |
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila.
2.1 Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga negara Indonesia sepeti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
3.1 Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
|
VII/1 |
1.Perumusan Konsep Pancasila sebagai Dasar Negara
2.Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia dan pada alinea keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tercantum rumusan sila-sila Pancasila sebagai Dasar Negara
( Bab I -e-book - Buku Wajib PPKn Kelas VII ) |
1.1.1 Bersyukur atas perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
1.1.2 Bersyukur memiliki para pendiri Negara yang memiliki komitmen terhadap bangsa dan negara.
2.1.1 Berperilaku peduli sebagai wujud pelaksanaan semangat dan komitmen para pendiri negara.
2.1.2 Berani berperan/mensimulasikan sebagai pendiri negara.
3.1.1 Mendeskripsikan perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam Sidang BPUPKI.
3.1.2 Membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila.
3.1.3 Mendeskripiskan perumusan Dasar Negara dalam Sidang Panitia Sembilan.
3.1.4 Mendeskripsikan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
3.1.5 Menunjukkan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.1 Menyusun laporan hasil telaah perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
4.1.2 Menyajikan hasil telaah penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.3 Mensimulasikan laporan hasil telaah semangat Komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.4 Menyajikan praktik kewarganegaraan untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara.
|
|
Tulis Pilihan Ganda
On Line /Daring |
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
|
|
1.2 Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai Anugerah Tuhan yang Maha Esa.
2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.
3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.
4.2.Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.
|
|
VII/1 |
3. Perilaku Sesuai Norma dalam Kehidupan Sehari-hari
( Bab II -e-book - Buku Wajib PPKn Kelas VII ) |
1.2.1 Bersyukur atas keberadaan norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
1.2.1 Menyadari pentingnya penegakan hukum untuk kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara.
2.2.1 Mendukung proses penegakan hukum.
2.2.2 Terlibat aktif dalam menegakkan tata tertib di sekolah.
3.2.1 Mendeskripsikan pengertian dan macam-macam norma.
3.2.2 Mendesripsikan macam-macam norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3.2.3 Menunjukkan perilaku sesuai norma.
3.2.4 Menunjukkan macam-macam keadilan.
3.2.5 Menganalisis pentingnya norma hukum dalam kehidupan rmasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
4.4.1 Menyajikan hasil telaah pengertian dan macam-macam norma.
4.4.2 Menyajikan hasil telaah arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.4.3 Mempraktikkan perilaku menaati norma dalam lingkungan sekolah.
|
|
Tulis Pilihan Ganda
On Line /Daring |
13
14 15
16 17 18 19
20 21
22
23
24
25
26 27 28
29 30
31 32
|
|
1.3 Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman.
2.3 Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3 Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3 Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
|
VII/1 |
UUD 1945
( Bab III -e-book - Buku Wajib PPKn Kelas VII ) |
1.3.1 Bersyukur atas anugerah Tuhan bangsa Indonesia memiliki UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1.3.2 Bangga memiliki nilai luhur UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.3.1 Menghargai peran pendiri Negara dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.1 Mendeskripsikan perumusan UUD Negara Republik Indonesia dalam Sidang Kedua BPUPKI.
3.3.2 Mendeskripsikan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.3 Mendeskrisikan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia.
3.3.4 Mengidentifikasi nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.1 Memiliki tanggungjawab untuk memahami UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara utuh.
4.3.2 Meyajikan laporan hasil telaah arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia.
4.3.3 Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan semangat para pendiri Negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
|
Tulis Pilihan Ganda
On Line /Daring |
33 34
35
36
37 38
39
40
42 43
44
45
|
Mengetahui Kepala Sekolah
Ir.Wahyoe Wijajanto |
Sukabumi, 10 Desember 2017 Guru PPKn
Purwoto Herlambang,SH |