kisi PAS Ganjil 2017 Class 7

Format K13                                                                                                             KISI-KISI SOAL PAS Ganjil TA.2017-2018

Sekolah              :  SMP IT AL-HUDA         Kelas : 7

Mata pelajaran :    Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKn )

Kurikulum          :  2013

Alokasi waktu : 60 Menit

Jumlah soal     : 45 Butir

Penulis             : Purwoto Herlambang,SH

 

 

No

Kompetensi Dasar

Ranah

Kelas/Sem.

Materi

Indikator Soal

Ranah

Bentuk tes

 

No. Soal

1

1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan komitmen para pendiri negara 

      dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila.

 

2.1 Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga negara Indonesia

      sepeti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila  sebagai dasar negara.

 

3.1 Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

 

VII/1

1.Perumusan  Konsep Pancasila sebagai Dasar Negara

 

 2.Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia dan pada alinea keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tercantum rumusan sila-sila

     Pancasila sebagai Dasar Negara

 

  1. Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara

 

( Bab I      -e-book -

Buku Wajib PPKn Kelas VII )

1.1.1         Bersyukur atas perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

1.1.2         Bersyukur memiliki para pendiri Negara yang memiliki komitmen terhadap bangsa dan negara.

 

2.1.1 Berperilaku peduli sebagai wujud pelaksanaan semangat dan komitmen para pendiri negara.

 

2.1.2    Berani berperan/mensimulasikan

            sebagai pendiri negara.

 

3.1.1         Mendeskripsikan perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam Sidang BPUPKI.

 

3.1.2         Membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila.

 

3.1.3         Mendeskripiskan perumusan Dasar Negara dalam Sidang Panitia Sembilan.

 

3.1.4         Mendeskripsikan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

 

3.1.5         Menunjukkan semangat komitmen para pendiri negara dalam  merumuskan  dan menetapkan  Pancasila sebagai  Dasar Negara.

 

4.1.1    Menyusun laporan hasil telaah   

            perumusan Pancasila sebagai Dasar

             Negara

 

4.1.2     Menyajikan hasil telaah penetapan   

             Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

4.1.3     Mensimulasikan laporan hasil telaah

semangat Komitmen para pendiri

Negara dalam merumuskan dan

menetapkan Pancasila sebagai Dasar

Negara.

 

4.1.4    Menyajikan praktik kewarganegaraan

            untuk mempertahankan Pancasila

            sebagai dasar Negara.

 

 

Tulis

Pilihan

Ganda

 

On Line

/Daring

 

 

 

 

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

 

7

 

8

 

 

9

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

1.2 Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai  Anugerah Tuhan

      yang Maha Esa.

 

2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan

      keadilan.

 

3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan

      keadilan.

 

4.2.Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk

      mewujudkan keadilan.

 

 

VII/1

  1. Norma dalam kehidupan bermasyarakat

 

  1. Arti Penting Norma dalam Mewujudkan Keadilan

 

3. Perilaku Sesuai Norma dalam Kehidupan Sehari-hari

 

        ( Bab II      -e-book -

Buku Wajib PPKn Kelas VII )

1.2.1 Bersyukur atas keberadaan norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

 

1.2.1 Menyadari pentingnya penegakan hukum untuk kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan        

         bernegara.

 

2.2.1 Mendukung proses penegakan hukum.

 

2.2.2      Terlibat aktif dalam menegakkan tata tertib di sekolah.

 

3.2.1 Mendeskripsikan pengertian dan macam-macam norma.

 

3.2.2 Mendesripsikan macam-macam norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan  bernegara.

 

3.2.3 Menunjukkan perilaku sesuai norma.

 

3.2.4 Menunjukkan macam-macam keadilan.

 

3.2.5 Menganalisis pentingnya norma hukum dalam  kehidupan rmasyarakat,   berbangsa, dan  bernegara.

 

4.4.1 Menyajikan hasil telaah pengertian dan macam-macam norma.

 

4.4.2 Menyajikan hasil telaah arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

 

4.4.3 Mempraktikkan perilaku menaati norma dalam lingkungan sekolah.

 

 

Tulis

Pilihan

Ganda

 

On Line

/Daring

 

13

 

 

14

15

 

 

 

16

17

18

19

 

20

21

 

22

 

 

23

 

 

24

 

25

 

 

26

27

28

 

29

30

 

31

32

 

 

 

 

1.3 Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman.

 

2.3       Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

 

3.3 Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 

4.3 Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 

 

VII/1

  1. Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

  1. Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia

 

  1. Peran Tokoh Perumus

UUD 1945

 

      ( Bab III      -e-book -

        Buku Wajib PPKn Kelas VII )

1.3.1 Bersyukur atas anugerah Tuhan bangsa Indonesia memiliki UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 

1.3.2 Bangga memiliki nilai luhur UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 

2.3.1 Menghargai peran pendiri Negara dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 

3.3.1 Mendeskripsikan perumusan UUD Negara Republik Indonesia dalam Sidang Kedua BPUPKI.

 

3.3.2 Mendeskripsikan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 

3.3.3  Mendeskrisikan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia.

 

3.3.4 Mengidentifikasi nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 

4.3.1 Memiliki tanggungjawab untuk memahami UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara utuh.

 

4.3.2 Meyajikan laporan hasil telaah arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi  Bangsa dan Negara Indonesia.

 

4.3.3 Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan semangat para pendiri Negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 

 

Tulis

Pilihan

Ganda

 

On Line

/Daring

33

34

 

35

 

 

 

36

 

 

 

37

38

 

 

39

 

 

 

40

 

42

43

 

 

 

44

 

 

 

 

45

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

Ir.Wahyoe Wijajanto

Sukabumi, 10 Desember  2017

Guru PPKn

 

 

Purwoto Herlambang,SH

Informasi Sekolah 1

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau,[5] nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.[6]

Informasi Sekolah 2

Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010,[7] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.[8]

Informasi Sekolah 3

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Informasi Sekolah 4

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Informasi Sekolah 5

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Informasi Sekolah 6

Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra.